Sunday, August 4, 2019

10 Game GBC Terbaik Versi Saya

(sumber foto: retrosix.co.uk)
Halo sahabat gamer, jumpa lagi bersama saya Retro Lukman Gamer Jalanan dalam daftar game terbaik! Kali ini saya akan menampilkan 10 game terbaik yang ada di Game Boy Color (GBC), handheld portabel generasi kedua dari Nintendo setelah Game Boy. Setelah sebelumnya saya pernah menulis daftar 10 game terbaik di Game Boy, yang bisa kalian baca di sini (klik).

Secara kasat mata, GBC ini sebenarnya cuma upgrade dari Game Boy, dengan menambahkan warna komplet pada layarnya yang sebelumnya monokrom hitam putih. Namun begitu, konsol portabel yang dirilis tahun 1998 ini memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri berkat game-gamenya yang menarik dan asyik dimainkan. Bahkan beberapa di antaranya merupakan versi port game-game populer dari konsol rumahan.

Bagi saya Retro Lukman Gamer Jalanan pribadi, GBC adalah konsol portabel dari Nintendo yang pertama kali saya mainkan. Sekaligus menjadi awal perkenalan saya dengan serial game Pokemon berkat game Pokemon Gold, game GBC pertama yang saya mainkan. Makanya, konsol ini punya kesan tersendiri dalam riwayat perjalanan saya sebagai seorang gamer.

Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja kita mulai hitungan mundur dari 10 game GBC terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Selamat membaca!


***


10.
Spider-Man 2: The Sinister Six

Membuka daftar ini yaitu petualangan manusia laba-laba, Spider-Man dalam menyelamatkan Bibi May yang diculik oleh kelompok penjahat super, siapa lagi kalau bukan Sinister Six. Hadir dengan genre 2D action platformer seperti kebanyakan game di GBC, Spider-Man 2 merupakan contoh tepat dalam memaksimalkan kemampuan warna yang dimiliki konsol ini. Lihat saja betapa cerahnya warna dalam visualisasi permainan ini, yang menurut saya begitu mirip dengan komik Spider-Man itu sendiri. Apalagi setiap serangan yang ada dalam game ini diberikan efek-efek tulisan suara yang menjadi ciri khas komik Spider-Man. Tak heran bila game ini masuk dalam daftar 5 Game Spider-Man Terbaik Versi Saya.


9.
Top Gear Pocket 2

Bila Spider-Man 2: The Sinister Six menunjukkan bagaimana kemampuan warna GBC, maka Top Gear Pocket 2 menunjukkan seberapa jauh yang bisa dicapai penerus GameBoy ini dalam hal visual. Merupakan versi portabel dari serial game balap populer Top Gear, Top Gear Pocket 2 menawarkan sensasi balapan 'on the go' yang menurut saya tak berlebihan bila dibandingan dengan game sejenis di konsol rumahan. Pergerakan animasi yang begitu halus dan cepat, memberikan kesan kecepatan yang seru, seakan saya tidak memainkannya di GBC.


8. 
Pokemon Pinball

Seperti judulnya, Pokemon Pinball adalah game pinball bertemakan Pokemon. Maka jangan heran bila melihat Pokeball menjadi bola utama yang digerakkan di sepanjang permainan. Merupakan perpaduan elemen pinball dan Pokemon, Pokemon Pinball memungkinkan pemainnya menangkap makhluk-makhluk lucu dan unik Pokemon dalam cara baru yang menyenangkan. Game ini akan sangat super efektif bagi penggemar Pokemon yang juga penggemar pinball seperti saya, Retro Lukman Gamer Jalanan.

7.
Survival Kids

Meski berukuran kecil dan punya banyak keterbatasan, jangan remehkan apa yang bisa dilakukan oleh GBC melalui game-gamenya. Buktinya, jauh sebelum genre open-world ala Grand Theft Auto populer, GBC sudah lebih dahulu memiliki genre ini lewat game buatan Konami, Survival Kids. Ya memang sih tak bisa sepenuhnya disebut sebagai game open-world, tapi setidaknya Survival Kids sukses dalam memberikan pengalaman menjelajahi pulau misterius sembari bertahan hidup dari kerasnya kehidupan alam liar.

6. 
Street Fighter Alpha 3: Warriors' Dreams

Street Fighter Alpha di konsol GBC? Apakah Capcom bercanda? Well, mungkin itu anggapan para gamer di penghujung era 90-an lantaran game fighting ini merupakan game yang mengandalkan kecepatan dan fluiditas animasi. Sehingga wajar bila ada yang mengkhawatirkan port game ini di GBC bakal berakhir buruk. Nyatanya, seperti yang sahabat gamer baca, Street Fighter Alpha masuk dalam daftar 10 game terbaik di GBC. Sepertinya Capcom tahu benar bagaimana mereprensentasikan waralaba populer mereka dalam format portabel yang sangat terbatas. Sehingga hasilnya adalah pengalaman bermain Street Fighter Alpha di GBC terasa 11-12 dengan versi dingdong ataupun konsol rumahannya.


5.
Shantae

Rilis di penghujung era GBC merupakan ketidakberuntungan bagi Shantae, sebuah game 2D platformer dengan elemen Metroidvania buatan Wayforward. Bagaimana tidak, Shantae rilis di tahun 2002, ketika posisi GBC sudah tergeser penuh dengan kehadiran penerusnya, Game Boy Advance (GBA). Alhasil tak banyak yang mengenal game ini pada masa tersebut. Padahal Shantae bukan game 2D platformer GBC biasanya. Game ini yang dibintangi gadis setengah jin dan setengah manusia, memiliki kedalaman gameplay berikut tantangan yang menjadikannya dikenang sebagai salah satu mahakarya yang pernah ada di GBC. Game ini pula yang memulai petualangan Shantae dalam industri video game, yang di masa-masa mendatang muncul dalam berbagai judul sekuel.


4.
Pokemon Crystal Version

Pokemon Gold mungkin menjadi awal perkenalan saya dengan GBC dan serial RPG ini. Namun begitu saya lebih memilih Pokemon Crystal untuk masuk dalam daftar 10 game GBC terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Alasannya simpel, Crystal menyempurnakan Pokemon Gold dan Pokemon Silver dalam semua aspek lewat fitur-fitur barunya. Mulai dari adanya opsi karakter perempuan, animasi sprite Pokemon, hingga Battle Tower yang menjadikannya memiliki fitur replay value lebih tinggi dibandingkan sepasang game pendahulunya. Dan jangan lupakan plot khusus dan ekslusif yang melibatkan salah satu Legendary Beasts, Suicine yang menarik untuk diikuti.


3.
The Legend of Zelda: Oracle of Seasons

Buat saya, game The Legend of Zelda di mesin GBC yang sering disebut Oracle Series adalah sebuah terobosan yang inovatif. Bagaimana tidak, Nintendo merilisnya dalam format dua game berpasangan ala Pokemon. Bedanya, masing-masing game ini memiliki gameplay dan plot cerita yang benar-benar berbeda, namun saling bersambung satu sama lain. Uniknya, bila dua game ini dihubungkan dengan kata kunci khusus setelah menamatkan salah satunya, bakal memunculkan true ending dari serial ini dengan Ganon menjadi boss terakhir yang mesti dikalahkan bila ingin benar-benar menamatkannya. Adapun di antara kedua game ini, saya lebih memilih Oracle of Seasons karena memiliki gameplay perubahan musim yang menurut saya sangat keren. Sampai-sampai masuk dalam daftar lima game The Legend of Zelda terbaik versi saya. 


2.
Metal Gear Solid

Metal Gear Solid di GBC, yang juga dikenal dengan judul Ghost Babel ini merupakan bukti bahwa Konami dahulunya pernah begitu keren. Bayangkan saja, mereka membuat versi 2D dari game populer mereka di PS1 untuk GBC, dengan kualitas permainan stealth-action yang sama bagusnya! Walaupun hanya berstatus konsol portabel, nyatanya Ghost Babel bisa tampil dengan begitu solid di GBC. Mulai dari plot ceritanya, kualitas audio visualnya, hingga tentu saja elemen stealth-nya, menjadikan Ghost Babel sebagai game AAA di konsol portabel yang tak malu bersaing dengan versi konsol rumahannya. Dan jujur saja, bila Pokemon Gold memperkenalkan saya pada serial Pokemon, maka Ghost Babel adalah gerbang saya menggemari serial besutan Hideo Kojima berikut genre stealth-action yang dibawakannya.

1.
Mario Tennis

Kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana mungkin game Mario Tennis bisa berada di posisi puncak bila dibandingkan dengan game-game keren lainnya yang ada dalam daftar ini. Nyatanya, menurut saya Mario Tennis pertama yang hadir di konsol portabel ini memang sangat layak menempati posisi tertinggi sebagai game GBC terbaik. Game ini memiliki semua syarat yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah game klasik yang akan tetap menyenangkan dimainkan sampai kapan pun. Dengan gambarnya yang begitu simpel namun memiliki pergerakan animasi yang begitu halus dan warna-warna cerah, AI solid yang memberikan tantangan dengan sensasi persaingan ketat, elemen RPG yang sukses membawa pemainnya ke dalam semesta Mario Tennis yang menarik, dan juga gameplay sederhana yang bisa dimainkan siapa saja. Itulah mengapa Mario Tennis menjadi alasan utama saya untuk memiliki GBC di era video game kekinian.


***


Ya itulah tadi daftar 10 game terbaik di GBC menurut saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Selain 10 game di atas, sebenarnya masih banyak lagi game-game GBC yang bagus dan berkualitas. Namun di antara game-game tersebut, 10 game di atas yang menurut saya paling pas disematkan label game GBC terbaik. Lantaran memiliki elemen-elemen permainan yang begitu memaksimalkan potensi GBC serta menjadikannya masih relevan untuk dimainkan di era sekarang. Bagi kalian yang penasaran dengan gameplay masing-masing game tersebut, bisa menyaksikannya di channel YouTube saya, klik di sini.

Kalian bisa saja tidak setuju dengan daftar ini, karena memang daftar ini disusun sesuai subjektivitas alias selera saya pribadi, Retro Lukman Gamer Jalanan. Menurut sahabat gamer sendiri, game-game apa saja yang layak disebut terbaik di GBC? Apakah favorit kalian ada dalam daftar di atas? Jangan segan untuk menuliskannya di kotak komentar ya. Saya Retro Lukman Gamer Jalanan pamit, sampai jumpa lagi di daftarr terbaik berikutnya dan... Salam Gamer! (gj)


BACA JUGA


*NB: Cuplikan-cuplikan gambar diambil menggunakan emulator BGB.

No comments:

Post a Comment