Thursday, November 3, 2016

10 Game Mega Drive/Genesis Terbaik Versi Saya

(sumber gambar: dailystar.co.uk)
Sahabat gamer yang besar di tahun 90-an pasti sudah akrab dengan nama Sega. Ya, nama perusahaan ini memang menjadi personifikasi video game kala itu di samping Nintendo. Adapun yang menjadikan nama mereka dikenal adalah konsol 16-bit buatan mereka yang bernama Sega Mega Drive atau Sega Genesis. Dirilis tahun 1988, konsol yang meneruskan Sega Master System ini memulai era baru persaingan konsol video game berkat strategi yang terbilang berani.

Sebagaimana Nintendo untuk NES, para gamer Indonesia kala itu secara sederhana menyebut konsol ini dengan nama 'Sega' saja. Sementara di Eropa dan Amerika, konsol ini memiliki nama yang berbeda, Ya, perbedaan nama ini memang cukup merepotkan, di mana para gamer Eropa dan Jepang menyebut konsol ini dengan nama Mega Drive sementara gamer Amerika menyebutnya dengan nama Genesis. Agar lebih singkat dan tidak bingung, dalam artikel ini saya akan menyebutnya Mega Drive, karena nama itulah yang saya kenal saat saya masih kecil dulu, sekalipun nama Genesis yang lebih populer. Tapi untuk tag artikel ini, saya menggunakan kata 'genesis'.

Mega Drive merupakan salah satu konsol game yang menemani masa kecil saya. Memang saya tidak memiliki konsol ini kala saya masih kecil dulu, tapi saya pernah memainkannya di rumah saudara atau tetangga yang memilikinya.

Itulah yang membuat Mega Drive ini terasa berkesan buat saya. Dulu saya begitu terpesona saat melihatnya dipajang di salah satu toko elektronik terkemuka di kota saya, dengan game ‘Sonic the Hedgehog’ dimainkan di sana. Kualitas gambarnya yang tajam dan kecepatan animasinya yang tenar dengan istilah ‘blast processing’ membuat saya terpana dan berharap ibu saya bisa membelikannya untuk saya. Kenyataannya, saya hanya bisa melihat konsol ini dimainkan di rumah tetangga saya.

Konsol 16-bit yang menantang Nintendo. (sumber gambar: youtube)
Kini puluhan tahun telah berlalu dan berkat emulator, saya bisa kembali merasakan nostalgia konsol game yang membawa Sega ke dalam persaingan industri video game dengan Nintendo ini. Sudah banyak game Mega Drive yang pernah saya mainkan, sebagian di antaranya merupakan game-game keren dan berkesan buat saya. Nah, dalam daftar terbaik saya kali ini saya menyajikan daftar 10 game Mega Drive terbaik yang pernah saya mainkan. Daftar ini meliputi game-game yang rilis di Jepang dan Eropa dalam konsol Mega Drive serta game-game yang rilis di Amerika dalam konsol Genesis. Baiklah, langsung saja ini dia hitungan mundur 10 game Mega Drive/Genesis terbaik versi saya, Gamer Jalanan!


--------


10.
Striker

Mengawali daftar ini adalah game sepak bola yang menurut saya paling komplet di era 16-bit, Striker. Dalam game ini, saya Gamer Jalanan bisa memilih dan memainkan semua negara sepak bola di dunia, termasuk Indonesia. Bisa jadi ini adalah game sepak bola pertama yang memungkinkan kita bermain sebagai tim merah putih. Pun begitu, dalam game ini kita bisa mengedit nama klub dan juga para pemainnya, membuat saya bisa berkreasi membuat liga saya sendiri.


9.
OutRun

OutRun di Mega Drive menurut saya Gamer Jalanan, sukses dalam memindahkan keseruan game aslinya di arcade ke dalam konsol game rumahan. Kemampuan blast processing Mega Drive tampaknya berhasil memaksimalkan kecepatan yang diperlukan untuk menyajikan pengalaman balapan yang sama. Walaupun sejatinya game ini terbilang singkat, namun setiap tantangan dan juga rute bercabang membuat sensasinya bertahan lama.


8.
Teenage Mutant Ninja Turtles: The Hyperstone Heist

The Hyperstone Heist memang tak seimpresif Turtles in Time di SNES, namun begitu game ini cukup membuat saya terpukau dan tenggelam cukup lama memainkannya. Kombinasi kura-kura ninja dan beat’em up yang efektif lagi-lagi membuat saya tak bisa menahan diri untuk tidak memasukkan game ini ke dalam daftar game Mega Drive terbaik versi saya, Gamer Jalanan. Yeah, ketika Konami masih bagus-bagusnya dulu.


7.
Castlevania: Bloodlines

Satu lagi karya emas Konami di masa-masa terbaik mereka. Meski berstatus spin-off, nyatanya Bloodlines mampu menyajikan keseruan yang sama dalam petualangan mencegah kebangkitan pangeran kegelapan, Drakula. Tak seperti game-game Castlevania sebelumnya, Bloodlines yang dikenal juga dengan judul “The New Generation” ini membawa para pemainnya ke berbagai negara dalam ragam level yang begitu variatif serta menantang.


6.
Bonanza Bros.

Jauh sebelum Grand Theft Auto memungkinkan kita bermain sebagai penjahat, Bonanza Bros. di Mega Drive sudah terlebih dulu melakukannya. Dalam game ini saya Gamer Jalanan bermain sebagai salah satu dari duo perampok Bonanza Bros. yang mesti mengambil berbagai barang di dalam gedung-gedung dengan penjagaan ekstra ketat. Lebih seru lagi, game ini bisa dimainkan secara multiplayer koperatif dengan split screen!


5.
Road Rash II

Game balap motor di sirkuit itu sudah biasa. Kalau game balap liar di jalanan, sambil saling memukul lawan, itu baru luar biasa. Road Rash II adalah game balapan itu di Mega Drive. Jadi selain memikirkan untuk menjadi yang terdepan, game ini juga membuat kita mesti berpikir bagaimana caranya menjatuhkan lawan dengan berbagai perkakas yang bisa digunakan, mulai dari tongkat baseball hingga rantai. 


4.
Golden Axe III

Mega Drive terbilang kaya dengan genre beat’em ups. Selain Street of Rage, Golden Axe merupakan waralaba Sega terkuat lainnya di genre ini. Saya lebih memilih memasukkan Golden Axe ketimbang Street of Rage ke dalam daftar ini, mengingat Street of Rage terasa monoton walaupun memiliki grafis dan sound yang lebih baik. Dan di antara tiga seri Golden Axe, saya memilih Golden Axe III karena di seri terakhirnya yang cuma rilis di jepang ini, saya bisa menjadi Black Panther!


3.
Contra: Hard Corps/Probotector

Contra selalu menarik perhatian saya, Gamer Jalanan. Tak terkecuali Contra di Mega Drive, Hard Corps atau dikenal juga dengan judul “Probotector”. Ini merupakan game Contra pertama yang memiliki level bercabang, sehingga memiliki replay value yang lebih tinggi ketimbang game-game Contra pendahulunya. Pun begitu Konami bisa begitu memaksimalkan kemampuan Mega Drive untuk menghidupkan pertempuran besar para anggota Hard Corps demi menghentikan ambisi jahat kolonel Bahamut. Kalian bisa membaca ulasan saya tentang game ini di sini (klik).


2.
Gunstar Heroes

Tak seperti Contra yang hadir dalam beberapa judul, Gunstar Heroes hanya butuh satu game untuk bisa menjadi salah satu game run and gun terbaik sepanjang masa. Dengan rangkaian level penuh aksi dan ledakan, bos-bos besar nan epik, serta kombinasi senjata yang keren, bisa dibilang Gunstar Heroes adalah pengalaman run and gun terbaik di Mega Drive. Pertarungan melawan Seven Force Green menurut saya merupakan salah satu boss battle terbaik dalam perjalanan video game saya.


1.
Sonic The Hedgehog 3

Seperti Super Mario Bros. 3 menyempurnakan pendahulunya, Sonic the Hedgehog 3 sukses melengkapi petualangan si landak biru berkecepatan tinggi di era 16-bit. Apalagi ditambah adanya fitur save yang menurut saya sangat membantu dalam progres permainan. Masing-masing zone dalam game ini jauh lebih kompleks dibandingkan dua game sebelumnya, dengan tingkat kesulitan yang menurut saya begitu maksimal. Pun begitu, rilisan ketiga ini juga menghadirkan lebih banyak variasi permainan, seperti misalnya Sonic berseluncur di salju. Itu keren banget!

***

Itulah tadi daftar 10 game Mega Drive/Genesis terbaik versi saya, Gamer Jalanan. Sebenarnya masih banyak game keren lainnya di Mega Drive, tapi 10 game di atas adalah yang terbaik, setidaknya menurut saya. Buat kalian yang besar di era 90-an, apa kalian kenal dengan judul-judul di atas? Tentunya kalian pasti punya kenangan tersendiri tentang konsol game yang pertama kali dirilis tahun 1988 ini. Nah, kira-kira apa saja game Mega Drive terbaik menurut kalian? Jangan malu-malu untuk membagikannya di kotak komentar ya.  (gj)

Oh iya, bagi kalian yang penasaran dengan game-game di atas, cuplikan-cuplikan game dalam daftar ini bisa dilihat di akun YouTube saya di channel Retro Lukman.

*NB: Gambar-gambar screenshot merupakan dokumentasi pribadi.

2 comments:

  1. Streets of Rage 1, 2, 3.... never die!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di antara ketiga serinya, saya suka Street of Rage 2, paling balance menurut saya. :D

      Delete