Saturday, February 17, 2018

5 Game Spider-Man Terbaik Versi Saya

Sumber gambar: thegamerstop.com
Halo Sahabat Gamer, saya Gamer Jalanan, kali ini akan menulis tentang lima video game bertema Spider-Man terbaik. Sebelumnya saya ingin bercerita bahwa Spider-Man merupakan salah satu superhero favorit saya, setelah Batman tentunya. Dari kecil saya suka mengikuti serial manusia laba-laba ini mulai komik, kartun, hingga video game. Saya ingat di kamar saya dulu pernah saya pasang poster Spider-Man yang saya beli di alun-alun.

Sebagai superhero favorit, tentu saja ada keinginan dalam diri saya , khususnya ketika masih kanak-kanak dulu, untuk bisa menjadi Spider-Man. Tentu hal ini tidak mungkin diwujudkan di dunia nyata dan semuanya tahu itu. Apalagi saya baca penelitian ilmiah terbaru menyatakan serat menempel ke dinding atau langit-langit ala Peter Parker tak mungkin bisa menahan berat badan manusia.

Namun begitu, ada cara bagi saya untuk bisa setidaknya merasakan bagaimana serunya menjadi seorang Spider-Man. Yup, apalagi kalau bukan dengan memainkan video game Spider-Man. Game Spider-Man pertama yang saya mainkan di PlayStation (PS1), memberikan pengalaman menyenangkan betapa serunya menjadi seorang Spider-Man.

Sejak itu saya beberapa kali memainkan game-game Spider-Man, mulai dari versi PS1, PS2, arcade alias dingdong, PC, NES, SNES, Mega Drive, GBC, GBA, hingga NDS. Dan sejauh ini dari game-game tersebut, semuanya terbilang bisa mewakili bagaimana serunya menjadi seorang manusia laba-laba. Walaupun tentu saja masing-masing memiliki kelemahannya dalam hal gameplay.

Nah, di antara game-game Spider-Man tersebut, ada lima game yang menurut saya paling mewakili serunya menjadi Spider-Man. Tanpa banyak bicara lagi, ini dia hitungan mundur lima video game bertema Spider-Man terbaik versi saya, Gamer Jalanan....

5.
Spider-Man: The Video Game
(arcade)

Sumber gambar: arcade-museum.com
Saya ingat tidak sengaja menemukan kabinet dingdong ini di Cibubur Junction ketika diajak jalan-jalan oleh tante saya. Dan betapa kenangan memainkan game ini sampai sekarang masih terus teringat. Dibuat oleh Sega, Spider-Man: The Video Game merupakan game beat-em up ala Double Dragon yang memiliki fitur multiplayer hingga empat pemain. Selain Spider-Man, dalam game ini kita bisa bermain sebagai tiga karakter lainnya yaitu Black Cat, Hawkeye, dan Submariner.


4.
Spider-Man 2: The Sinister Six
(GBC)

Dok pribadi
Siapa sangka Game Boy Color bisa menyajikan petualangan Spider-Man yang bukan hanya berwarna, melainkan seru untuk dimainkan. Spider-Man 2: The Sinister Six menyempurnakan game pendahulunya di GBC dengan sangat apik. Setiap animasi pertarungan dalam game ini menjadi lebih realistis dan penggambaran karakternya lebih solid. Sehingga sensasi menjadi Spider-Man begitu terasa. Membuat saya selalu betah memainkannya berkali-kali. Tak heran bila The Sinister Six menjadi salah satu game GBC terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan.


3.
Spider-Man: Web of Shadows
(NDS)

Sumber gambar: neogaf.com
Saya tidak pernah menyangka bila Spider-Man bakal tampil dalam genre metroidvania, sebuah variasi genre 2D platformer yang begitu mengasyikkan dan menjadi salah satu genre favorit saya. Nyatanya Web of Shadows versi NDS sama sekali tidak mengecewakan. Elemen metroidvania begitu kental dan pas berpadu dengan elemen aksi ala Spider-Man. Sebagai penggemar genre ini sekaligus penggemar Spider-Man, tentu saja Web of Shadows versi NDS bakal menjadi yang terbaik dalam daftar versi saya, Gamer Jalanan.


2.
Ultimate Spider-Man
(GBA)

Sumber gambar: getjar.com
Banyak yang menyebut Ultimate Spider-Man versi GBA sebagai versi yang inferior bila dibandingkan versi 3D-nya di PS2 atau versi 2,5D-nya di NDS. Namun buat saya, versi GBA justru menjadi yang terbaik. Kontrol yang begitu mudah dan mengasyikkan, pergerakan animasi yang begitu halus, warna-warna yang begitu cerah, dan tentu saja, elemen aksi yang begitu intens, membuat saya sulit untuk berpaling dari game ini. Ultimate Spider-Man versi GBA merupakan pengalaman terbaik saya berayun sebagai Spider-Man dan mengunyah sebagai Venom.


1.
Spider-Man
(PS1/N64)

Sumber gambar: emuparadise.com
Masih ingat bagaimana wajah bahagia saya ketika pertama kalinya bisa memainkan game Spider-Man. Melalui game Spider-Man buatan Neversoft ini, untuk kali perdana saya bisa merasakan betapa serunya berayun ala Spider-Man dari satu gedung ke gedung lainnya. Spider-Man di PS1 menurut saya merupakan paket game yang lengkap, dengan tensi aksi yang begitu tinggi dari satu level ke level lainnya. Salah satunya ketika Spider-Man dikejar oleh helikopter polisi dan mesti melarikan diri dari roket yang ditembakkan ke arahnya.


*****

Itulah tadi lima video game bertema Spider-Man terbaik versi saya, Gamer Jalanan. Tidak masalah bila sahabat gamer kurang setuju dengan daftar ini, saya yakin kalian pasti punya game Spider-Man favorit tersendiri. Ya namanya juga selera masing-masing berbeda, ya kan? Bisa saja kalian memfavoritkan game-game Spider-Man yang banyak mendapat pujian seperti Spider-Man 2 The Game di PS2 atau Maximum Carnage yang begitu berkesan di kalangan retro gamer.

Oh iya, bagi kalian yang penasaran dengan gameplay masing-masing game di atas, bisa melihat cuplikan videonya di channel YouTube Retro Lukman, klik disini untuk mengaksesnya.

Jadi, apa video game bertema Spider-Man terbaik menurut kalian? Jangan segan untuk menuliskannya di kotak komentar ya! Saya Gamer Jalanan, sampai jumpa di daftar berikutnya dan...... salam gamer! (gj)

9 comments:

  1. Ane main ultimate spiderman versi nds, gamenya seru kyk metrovania

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, Ultimate Spider-Man versi NDS juga bergaya Metroidvania ya? Bukannya linier? Setahu saya game Spider-Man bergaya Metroidvania di NDS itu yang Web of Shadows dan Shattered Dimension.

      Delete
  2. Sebenarnye ane vlom vaham genre metroidvania tu kek ape :v

    ReplyDelete
  3. Sebenarnye ane vlom vaham genre metroidvania tu kek ape :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Metroidvania itu genre platformer 2D bersifat penjelajahan, di mana suatu lokasi di game baru bisa diakses setelah persyaratannya/progresnya terpenuhi. Disebut Metroidvania karena subgenre ini dipopulerkan oleh game-game Metroid dan Castlevania. Kalau mau paham lebih jelas, bisa memainkan game-game Metroid seperti Super Metroid di SNES, Metroid: Zero Mission di GBA. Atau bisa mainkan game-game Castlevania seperti Castlevania: Symphony of the Night di PS1 atau Castlevania: Aria of Sorrow di GBA. Untuk game Metroidvania di era kekinian di antaranya Shadow Complex atau Cave Story.

      Delete
  4. Klo beda game isometrik ama top down apa min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isometrik itu sudut pandangnya 3/4 dari atas (terlihat seperti 3D), ya kira-kira seperti Age of Empires, Final Fantasy Tactic atau Harvest Moon Back to Nature. Kalau top down itu langsung dari atas seperti game-game Zelda 2D dan Pokemon 2D, Gauntlet, atau Hotline Miami.

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete