Thursday, October 18, 2018

10 Game SNES Terbaik Versi Saya

(Sumber foto: redbull.com)

Halo Sahabat Gamer! Saya Gamer Jalanan, kembali lagi di daftar game terbaik! Di edisi kali ini, saya akan menampilkan 10 game terbaik yang ada di konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES). Bagi yang belum tahu, SNES merupakan konsol penerus Nintendo Entertainment System (NES), dengan kualitas yang digandakan menjadi 16-bit.

Selain menjadi penerus kesuksesan NES, SNES yang juga dikenal dengan sebutan Super Nintendo atau SNES merupakan jawaban Nintendo akan kehadiran Sega Mega Drive/Genesis. Sama-sama memiliki kemampuan prosesor 16-bit, kemunculan SNES sekaligus memulai salah satu “perang konsol” yang paling diingat dalam sejarah video game modern, Sega Vs Nintendo.

Sebagaimana NES, SNES memiliki kesan dan kenangan tersendiri bagi saya, Gamer Jalanan. Walaupun secara fisik saya belum pernah memainkan game-gamenya melalui konsol aslinya, namun SNES telah mewarnai hari-hari gaming retro saya yang memainkannya lewat emulasi. Dari sekian ratus game yang sudah saya coba, saya menemukan ada banyak game bagus dan berkualitas di mesin ini. Bahkan saya tak mampu memasukkan game-game itu ke dalam daftar 100 game terbaik, lantaran ada 100 lebih game yang sangat layak dijajal di konsol ini.

Karenanya, saya sangat kesulitan dalam menyusun daftar 10 game SNES terbaik untuk edisi kali ini. Namun setelah melalui beragam penelitian dan permainan ulang, saya sangat yakin untuk menyebut 10 game SNES berikut ini sebagai yang terbaik di antara ratusan lainnya. Setidaknya menurut selera saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Baiklah, tanpa banyak bicara lagi, inilah dia hitungan mundur daftar 10 game SNES terbaik versi saya selengkapnya!


***


10.
Super Mario All-Stars

Mungkin kurang fair bila memasukkan game-game NES ke dalam daftar game terbaik SNES. Tapi dengan kualitas remake grafis dan suaranya, Super Mario All-Stars menurut saya sangat layak menjadi salah satu game terbaik di SNES. Apalagi permainan platformer yang ada di Super Mario Bros. sudah terbukti timeless alias abadi. Game ini semakin memiliki nilai jual lantaran menghadirkan trilogy Super Mario Bros. ke dalam satu cartridge. Kalau trilogy itu belum cukup, The Lost Level jadi pengalaman baru yang begitu menantang.


9.
Harvest Moon

Saya mengenal Harvest Moon pertama kali lewat seri Back to Nature di PlayStation 1 (PS1). Makanya saya sempat heran ketika mengetahui ada game Harvest Moon di konsol SNES yang kemampuannya di bawah PS1. Tapi justru Harvest Moon di SNES inilah yang membuat saya jatuh hati pada serial RPG simulasi pertanian yang bukan hanya menarik, namun juga sangat meninggalkan kesan. Perlu diketahui, ini merupakan game pertama dalam serial Harvest Moon, yang hadir jauh sebelum Back to Nature.


8. 
International Super Star Deluxe

Saya sebenarnya cukup bimbang memasukkan game ini ke dalam daftar. Mengingat sebagai game sepak bola, game yang populer disingkat ISS Deluxe ini terbilang generik dalam hal gameplay. Tapi setelah mengulang beberapa kali memainkan game ini, saya sangat yakin memasukkannya sebagi salah satu yang terbaik di daftar ini. Lantaran, mau berapa kali pun dimainkan, ISS Deluxe selalu sukses memberikan sensasi dan keseruan pertarungan lapangan hijau yang selalu saya kagumi. Bukan hanya menjadi game olahraga terbaik di SNES, ISS Deluxe juga menjadi game sepak bola terbaik versi saya, Gamer Jalanan. (Baca juga: 5 Game Sepak Bola Terbaik Versi Saya)


7.
Wild Guns

Sebagai Gamer Jalanan, saya adalah gamer yang simpel. Artinya, saya bermain game untuk kesenangan, dan kembali bermain game untuk kesenangan. Wild Guns menjadi salah satu game yang sangat mewakili karakteristik saya tersebut. Memainkan game ini berasa memainkan mesin arcade di mesin rumahan. Dengan tema dunia koboi steampunk yang keren, berpadu kemasan aksi yang begitu seru, Wild Guns jelas menjadi game terbaik yang tak membosankan dimainkan kapan saja, dan dengan siapa saja. 


6. 
Super Bomberman 3

Bomberman di era retro adalah pengalaman terbaik bagi siapa saja. Mekanik game yang simpel namun menantang, membuat siapa saja bisa memainkan game ini tanpa kesulitan berarti dalam hal kendali. Dan puncak dari pengalaman Bomberman tersebut menurut saya Gamer Jalanan, ada di Super Bomberman 3. Super Bomberman 3 menyempurnakan game-game Bomberman pendahulunya. Dengan fitur tunggangan, beragam tema level, hingga permainan multiplayer yang komplet baik secara koperatif maupun kompetitif, Super Bomberman 3 adalah yang terbaik yang bisa saya dapatkan dari serial ini. Sayangnya, seri ketiga Super Bomberman ini tidak rilis di Amerika Utara sehingga kurang dikenal secara universal.


5.
Chrono Trigger

Saya Gamer Jalanan, sejatinya enggan memasukkan game RPG yang bersifat linier dengan cerita berbasis tokoh. Namun Chrono Trigger merupakan pengecualian. Lantaran, hampir semua elemen dalam game ini begitu memukau dan memesonakan. Mulai dari ceritanya, grafis dan suaranya, mekanik permainannya, hingga fitur perjalanan waktu yang memberikan saya begitu banyak akhir kisah yang mungkin terjadi. Alhasil, walaupun bersifat linier, Chrono Trigger jelas memiliki replay value tinggi dibandingkan game-game RPG sejenis di masanya. Tak heran bila game ini kerap disebut game RPG terbaik sepanjang zaman. Saya pernah menulis ulasan tentang game ini yang bisa kalian baca di sini (klik).


4.
Donkey Kong Country 2: Diddy’s Kong Quest

Di luar serial Super Mario, saya jarang tertarik dengan game bergenre 2D platformer. Ya kalaupun tertarik, tak sampai juga memasukkannya ke dalam 10 besar terbaik. Akan tetapi ketika memainkan serial Donkey Kong Country, saya menyadari benar bahwa rival Mario di genre ini bukan hanya Sonic si landak. Melainkan juga Donkey Kong, yang di era 16-bit bertransformasi sangat baik dari genre arcade menjadi 2D platformer. Bukan sekadar mengekor, Donkey Kong Country hadir dengan ciri khasnya sendiri, lewat tampilan CGI semi 3D yang terbilang fantastis di eranya. Dan di antara ketiga serinya, Diddy’s Kong Quest merupakan yang terbaik. Saya benar-benar dibuat jatuh hati pada pasangan kekasih Diddy dan Dixie, duo jagoan dalam game ini.


3.
Super Street Fighter II: The New Challengers

Saat pertama kali muncul, kehadiran Street Fighter II dianggap sebagai sebuah fenomena. Saya termasuk yang terkesima dibuatnya. Sebagai pionir game-game bergenre fighting satu lawan satu, Street Fighter II hadir dengan sempurna. Melalui penggambaran para petarungnya, serta musik latar yang begitu ikonik untuk masing-masing karakternya. Seri terakhir yang rilis di SNES, Super Street Fighter II: The New Challengers menurut saya adalah yang terbaik, karena memiliki penambahan empat karakter menjadi total 16 karakter untuk dipilih. Apalagi salah satu karakter baru itu adalah favorit saya, Cammy White.


2.
Teenage Mutant Ninja Turtles IV: Turtles in Time

Kesuksesan game Teenage Mutant Ninja Turtles (TMNT) alias kura-kura ninja di konsol arcade dan NES membuat Konami tak menyia-nyiakan kesempatan untuk kembali meraup kesuksesan di era 16-bit. Turtles in Time, sebagaimana game-game pendahulunya, seakan menjadi penyempurna petualangan Leonardo dan saudara-saudaranya di jagad beat’em ups dua dimensi. Grafis dan suara yang menyamai versi arcade, music yang begitu mengesankan, hingga gameplay super heboh yang memungkinkan saya melemparkan foot ninja keluar layar TV! Jelaslah Turtles in Time sukses memuaskan saya, Gamer Jalanan yang juga merupakan penggemar berat kura-kura ninja. (Baca juga: 5 Game TMNT Terbaik Versi Saya)


1.
Super Mario World 2: Yoshi’s Island

Ya, pasti kalian sudah menebak-nebak kalau peringkat pertama bisa jadi diduduki game si tukang pipa, Super Mario. Tapi pertanyaannya, game yang mana? Buat saya, game itu adalah Super Mario World 2: Yoshi’s Island. Meski hanya memililki opsi permainan tunggal, namun sekuel Super Mario World ini sukses besar menyajikan petualangan yang begitu panjang, seru, menantang, namun sangat memuaskan. Siapa sangka perjuangan Yoshi mengantarkan Baby Mario menyelamatkan Baby Luigi bisa sekompleks dan semenyenangkan ini. Ditambah lagi dukungan grafis ala coretan krayon serta alunan musik indahnya dari intro hingga penghujung permainan, membuat pengalaman memainkan game ini takkan pernah hilang sampai kapanpun. Maka jangan heran bila game yang secara kronologis merupakan prekuel alias pendahulu dari semua game Mario ini buat saya sangat layak menjadi game SNES terbaik yang pernah ada.


***


Itulah tadi daftar 10 game SNES terbaik menurut saya, Gamer Jalanan. Seperti yang sudah saya bilang di awal tulisan ini, bahwa ada begitu banyak game bagus yang berkualitas di konsol penguasa era 16-bit ini. Sehingga jangankan memasukkannya ke dalam daftar 10 game terbaik, untuk membuat daftar 100 game terbaik saja sudah sangat menyusahkan. 

Maka dari itu, sahabat gamer jangan heran bila masih banyak game SNES terbaik lainnya yang sayangnya, tak masuk daftar 10 terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Ya karena saking ketatnya persaingan saja sih. 

Patut diingat bahwa penyusunan daftar ini murni berdasarkan selera game saya. Jadi sahabat gamer tak perlu protes bila game favorit kalian tidak masuk dalam daftar ini. Kalian bisa membuat daftar game SNES terbaik versi kalian sendiri, atau bisa menyebutkannya di kolom komentar artikel ini. Atau mungkin game favorit kalian juga ada dalam daftar ini? Kalau ada, apa saja nih?

Buat sahabat gamer yang penasaran dengan bagaimana gameplay dari 10 game SNES yang saya sebutkan dalam daftar ini, kalian bisa melihat versi video dari daftar ini di channel YouTube saya, Retro Lukman. Klik di sini untuk mengaksesnya.

Demikian daftar 10 game SNES terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan, sampai jumpa di artikel daftar terbaik berikutnya. Saya Gamer Jalanan… Salam Gamer! (gj)

NB: Screenshot game merupakan dokumentasi pribadi.


BACA JUGA:

No comments:

Post a Comment