Friday, August 2, 2019

'Contra 4', Nostalgia Run & Gun Klasik di Layar Ganda

Official Art Contra 4.
Halo sahabat gamer, jumpa lagi bersama saya, Retro Lukman Gamer Jalanan! Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang game run & gun di konsol Nintendo DS (NDS), yaitu Contra 4. Yup, benar sekali seperti judulnya, game ini adalah sekuel keempat dari game run & gun legendaris Contra yang rilis di era Nintendo Entertainment System (NES).

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya mengulas game Contra di blog Cerita Gamer Jalanan ini. Sebelumnya saya pernah mengulas game Contra: Hard Corps yang rilis di Sega Mega Drive/Genesis (kalian bisa membacanya di sini). Nah, kali ini saya kembali mengulas salah satu game Contra, lantaran menyambut game terbaru Contra setelah sekian lama hiatus, yaitu Contra: Rogue Corps yang akan dirilis September 2019 mendatang. Semoga saja saya berkesempatan menjajal game Contra terbaru itu ya. Aamiin.

Baiklah kembali ke ulasan Contra 4. Game ini dirilis tahun 2007 yang dikembangkan oleh WayForward Technologies dan diterbitkan oleh Konami. Merupakan game Contra pertama untuk mesin portabel setelah Operation C pada 1991 untuk Game Boy, Contra 4 dibuat sebagai sekuel langsung dari game Contra di NES dan di Super NES. Atau tepatnya, Contra 4 merupakan sekuel dari Contra III: The Alien Wars yang rilis di Super NES (SNES).

Sekuel langsung dari Contra III: The Alien Wars.
Bukan sekadar sekuel, Contra 4 juga mengadopsi desain retro sarat piksel sebagaimana yang dikenal dari game-game Contra di era 8-bit dan 16-bit. Tidak seperti sekuel Contra di era 3D macam Contra: Legacy of War, C: Contra Adventure, Contra: Shattered Soldier, atau Neo Contra yang menggunakan tampilan modern dengan kualitas visual atau gambar yang keren dan lebih baik. Tapi justru di situlah kekuatan dari Contra 4, yang sukses membawa pemainnya kembali bernostalgia ke era 8 dan 16 bit yang penuh kenangan.

Kualitas visual Contra 4 memang sangat mirip dengan tiga game pendahulunya, yaitu Contra, Super C, dan Contra III: The Alien Wars. Namun begitu, sentuhan teknologi video game generasi ketujuh menjadikan kualitasnya gambarnya jadi lebih baik, dengan animasi pergerakan yang begitu halus dan efek yang begitu jernih. Jadi walaupun hadir dengan tampilan klasik, game ini terbilang bersahabat untuk para gamer kekinian. 

Stage pertama jungle yang langsung membawa nostalgia.
Tidak hanya kualitas visualnya, kualitas suaranya pun dibuat bergaya retro. Dengan nada-nada chip tune yang khas, yang langsung membawa para veteran Contra kembali bernostalgia. Lantaran beberapa musik lawas seperti stage jungle, waterfall, dan base, hingga musik khas usai menyelesaikan stage, dihadirkan kembali dengan aransemen yang baru. Sama seperti yang dilakukan WayForward pada gambarnya, kualitas suara dalam Contra 4 juga mendapat sentuhan kekinian video game generasi ketujuh, sehingga musiknya terdengar lebih segar dan relevan dengan masa di mana game ini diterbitkan.

Kalau kualitas visual dan suaranya belum cukup membawa veteran Contra bernostalgia, maka simak saja plot singkatnya dari Contra 4. Seakan ingin benar-benar membawa pengalaman Contra asli ke dalam game ini, alur cerita yang dimiliki Contra 4 sangat mirip dengan Contra yang dikenal di NES. Yup, pasukan alien jahat datang menebar ancaman bagi bumi, dan para prajurit pilihan diterjunkan ke markas alien tersebut untuk membumihanguskannya, kali ini untuk selamanya.

Empat karakter default dalam Contra 4.
Bedanya, bila pada tiga game Contra pertama hanya dua prajurit saja, di Contra 4 ini ada pilihan empat karakter default yang bisa dipilih pada saat pertama kali memainkannya. Mereka adalah Bill, Lance, Mad Dog, dan Scorpion. Uniknya, Mad Dog dan Scorpion sebenarnya adalah nama Bill dan Lance dalam Contra versi Amerika. Di Contra 4, WayForward menjadikan dua nama itu sebagai karakter tersendiri yang bisa dimainkan bareng versi Jepangnya.

Selain kuartet jagoan tersebut, ada juga karakter-karakter terkunci lainnya yang bisa dimainkan di Contra 4. Di antaranya Probotector, versi robot dari Bill yang rilis di Eropa; Sheena Etranzi, prajurit cewek di game Contra: Hard Corps; Lucia, android cewek yang ada di Contra: Shattered Soldier dan Neo Contra; serta Jimbo dan Sully dari Contra III: The Alien Wars. Namun ada kriteria-kriteria tertentu yang mesti dipenuhi untuk bisa membuka karakter-karakter tersebut.

Sheena Etranzi yang seksi abis.
Gameplay Contra 4 secara garis besar sama persis dengan tiga game klasik pendahulunya, khas banget dengan genre run & gun. Yaitu berlari dan melompat menembaki setiap musuh yang menghadang, mendapatkan tembakan super, dan melawan bos di penghujung level. Namun ada beberapa perbedaan yang menjadikan Contra 4 terbilang inovatif dan unik, membedakannya dari game-game Contra 2D lainnya, melalui penambahan fitur-fitur baru.

Fitur-fitur gameplay baru itu meliputi grappling hook, semacam pengait yang membuat jagoan kita bisa melompat tinggi dan bergelantungan ke platform yang lebih tinggi, yang memungkinkan untuk berpindah ke layar atas NDS. Ya, game ini dimainkan di dua layar NDS sekaligus. Artinya di sepanjang stage, jagoan kita akan bergerak berpindah dari layar bawah ke layar atas, begitu pula sebaliknya, sesuai dengan kondisi stage yang ada.

Stage base bergaya "3D" di Contra 4.
Tapi hal ini tidak berlaku pada stage "3D" dengan sudut pandang belakang karakter, sebagaimana dalam stage base yang ikonik dalam game Contra NES. Yup, stage ini kembali dihadirkan di Contra 4 dengan sentuhan gambar kekinian yang menjadikannya lebih hidup. Nah, untuk stage jenis ini, permainan berlangsung di layar atas sementara layar bawah berfungsi sebagai peta ruangan, yang memungkinkan pemain untuk mengetahui seberapa jauh stage dilewati.

Untuk opsi senjata, Contra 4 mengadopsi gameplay dari Contra III: The Alien Wars. Yaitu, pemain bisa memiliki dua jenis senjata super sekaligus, satu digunakan sementara senjata lainnya disimpan. Kedua jenis senjata ini bisa diganti sesuka hati, sehingga cukup membantu dan berpengaruh penyusunan strategi dalam memenangkan pertempuran. Apabila pemain mengambil dan memililki dua senjata yang sejenis, maka bisa meningkatkan kemampuan dari senjata tersebut. Keren kan!

Alur Contra 4 masih berkutat serangan alien ke bumi.
Untuk senjata-senjatanya sendiri sih masih seperti yang bisa digunakan di Contra III: The Aliens Wars. Mulai dari Machine Gun (M), Flame Thrower (F), Laser Gun (L), Homing Gun (H), Crush Gun (C), dan tentu saja senjata favorit semua pemain Contra, apa lagi kalau bukan Spread Gun (S). Masing-masing senjata ini masih memiliki basis serangan yang sama, hanya saja tentunya hadir dalam kualitas gambar dan suara yang sudah disesuaikan dan disempurnakan menjadi lebih baik untuk NDS.

Lalu, bagaimana dengan desain stagenya? Nah, ini yang menurut saya merupakan keunggulan utama game Contra 4. Setiap stage-nya dibuat begitu bervariasi, sehingga menjadi unik untuk masing-masing stage. Hal ini membuat pemain takkan bosan, malahan menjadi semakin tertantang lantaran semakin jauh stage yang dilewati, semakin sulit pula desainnya berikut musuh-musuh yang siap menghadang. 

Kreasi ulang tantangan-tantangan khas Contra.
Mulai dari stage pembuka yang sangat menyerupai stage 1 jungle dalam Contra NES, hingga stage terakhir di sarang alien yang sangat menyerupai stage terakhir Contra III: The Alien Wars, semuanya siap menguji daya tahan pemain untuk menyelesaikan game ini. Dan yang membuatnya semakin menarik adalah, desain dari stage-stage tersebut terinspirasi bahkan sangat mirip dengan stage-stage yang ada di game Contra, Super C, dan Contra III: The Alien Wars. Game ini bisa dibilang surat cinta Konami untuk para penggemar Contra!

Tapi bicara tentang Contra, rasanya tidak akan lengkap bila tidak membicarakan tentang tingkat kesulitannya. Well, seperti yang jamak diketahui, bahwa serial Contra dikenal sebagai salah satu game tersulit pada masanya, bahkan mungkin sampai saat ini. Sampai-sampai Konami mengeluarkan kode cheat 30 nyawa yang tenar dengan sebutan "Konami Code". Lantas, apakah Contra 4 memiliki ciri khas "kesulitan" ini? Jawabannya adalah: ya.

Fitur baru Contra 4, grappling hook.
Contra 4 mewarisi apa yang membuat serial ini begitu populer, yaitu tingkat kesulitan yang tinggi. Bedanya, kali ini tidak ada kode semacam "Konami Code" yang bisa memberikan 30 nyawa kepada pemain. Jagoan kita dalam game ini memiliki nyawa yang terbatas, yang jumlahnya disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dipilih. Sepuluh nyawa untuk tingkat easy (mudah), lima nyawa untuk normal, dan tiga nyawa untuk hard (susah).

Tiga pilihan tingkat kesulitan ini memang bisa jadi pengganti dari Konami Code. Dengan mode easy, kita bisa mendapatkan nyawa yang lebih banyak untuk menjelajahi setiap stage dari Contra 4. Akan tetapi, pada tingkat easy, pemain tidak bisa mengakses ending dari game ini. Lantaran, untuk tingkat easy, permainan akan berakhir sampai stage 7 saja. Sehingga mau tak mau, harus menamatkan tingkat normal atau tingkat hard. Tapi percayalah, kedua tingkatan ini bukanlah mode yang mudah untuk ditaklukkan. 

Bos-bos berukuran besar yang siap mengadang.
Tak seperti game Contra terdahulu, Contra 4 memiliki dua mode permainan yang bisa dipilih. Mode pertama yaitu Arcade Mode, merupakan permainan standar sebagainya Contra pada umumnya. Bertarung menelusuri setiap stage hingga stage terakhir dan menamatkan permainannya. Selain single player, mode ini bisa dimainkan secara multiplayer (dengan dua NDS tentunya). Sementara mode kedua yaitu Challenge Mode, merupakan mode di mana terdapat serangkaian tantangan yang mesti diselesaikan dengan kriteria-kriteria tertentu. Misalnya mencapai akhir stage dalam waktu terbatas, atau menembak sejumlah anjing alien. 

Bila tantangan dalam challenge mode ini terselesaikan, pemain bahkan mendapatkan reward yang beragam. Mulai dari membuka karakter yang terkunci, hingga membuka bonus-bonus lainnya seperti game Contra dan Super C! Ya kalian tak salah baca, Contra 4 memungkinkan pemainnya memainkan dua game klasik NES tersebut di NDS! Jadi dalam satu cartridge Contra 4, ada tiga game Contra yang bisa dimainkan. Sangan disayangkan bonus itu tidak termasuk Contra III: The Alien Wars, yang sejatinya bisa membuat Contra 4 semakin bernilai.

Bonus Contra 4 termasuk game Super C ini!
Dengan berbagai deskripsi yang saya jelaskan panjang lebar di atas, tentunya Contra 4 merupakan sebuah pengalaman nostalgia bermain Contra yang terasa begitu sempurna. Mulai dari tampilan visual, suara, desain stage, hingga tingkat kesulitan. Namun begitu bukan berarti tanpa cela. Satu-satunya kekurangan dari Contra 4 berasal dari konsol yang menjadi host game ini, NDS. 

Di satu sisi, dua layar NDS memberikan pengalaman baru bagi para veteran Contra, khususnya lewat fitur grappling hook. Akan tetapi di sisi lain, dua layar yang terpisah ini membuat pemain kesulitan memperhatikan tembakan musuh. Peluru yang ditembakkan musuh bisa jadi tidak terlihat karena berada dalam "blind spot" yang terwujud dari jarak antara layar atas dan layar bawah NDS. Sehingga bisa membuat jagoan yang dimainkan tertembak dan kehilangan nyawa sia-sia.

Contra dalam dua layar terpisah jelas merupakan tantangan tersendiri.
Meski begitu, kelemahan tersebut menurut saya Retro Lukman Gamer Jalanan tidak terlalu berpengaruh pada kenikmatan permainan. Karena memang sebagai pemain Contra, dituntut untuk bisa awas pada segala jenis ancaman di medan laga. Menurut saya, "blind spot" itu justru merupakan bentuk tantangan lain dari Contra 4 yang membuatnya semakin menarik untuk dimainkan.

Secara keseluruhan, Contra 4 adalah sebuah game run & gun bergaya klasik yang hadir di mesin game kekinian (pada masa itu tentunya) yang masih sangat relevan untuk dimainkan, bahkan sampai saat ini. Game ini menawarkan begitu banyak tantangan yang membuatnya sangat menyenangkan untuk dimainkan. Pun demikian, ada beragam fitur menarik yang membuat Contra 4 terasa begitu komplet sebagai sebuah game. Seakan belum cukup, elemen-elemen retro, termasuk dua game Contra klasik, bakal membawa pemain semakin jauh bernostalgia ke masa keemasan serial ini.

Final boss Contra 4 yang begitu ikonik dengan serial ini.
Buat saya pribadi, Contra 4 adalah sebuah game yang wajib dimiliki di NDS. Saya ingat betapa saya begitu terpana saat pertama kali mengakses game ini di NDS milik paman saya. Musiknya yang bergaya retro modern langsung mengingatkan saya pada masa kecil saya saat memainkan game Contra di NES dahulu kala. Termasuk juga desain dari setiap stage-nya yang begitu ikonik, benar-benar mengingatkan saya betapa menyenangkannya serial ini.

Yang pasti, Contra 4 adalah game wajib bagi penggemar Contra dan penggemar sub-genre run & gun.  Game ini menawarkan nostalgia terbaik bagi para penggemar Contra, dan para gamer retro tentunya. Untuk gamer yang tak sempat merasakan era 8-bit/16-bit, Contra 4 mungkin terasa biasa-biasa saja. Tapi bagi para veteran Contra, saya rasa tidak berlebihan kalau saya menyebut game ini sebagai sebuah masterpiece yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Kira-kira itulah tadi ulasan singkat saya tentang Game Contra 4, salah satu game NDS terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Dari skala 1 sampai 10, saya sangat yakin memberikan nilai 9 untuk game ini. Andai saja game ini turut menyertakan game Contra III: The Aliens Wars sebagai bagian konten bonusnya, mungkin saya akan memberikannya nilai sempurna, 10. Bagaimana menurut sahabat gamer? Berapa nilai yang pas untuk game ini? Tuliskan pendapat kalian tentang game ini di kolom komentar ya! Saya Retro Lukman Gamer Jalanan, sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya. Salam gamer! (gj)

No comments:

Post a Comment