Saturday, January 16, 2016

10 Game Fighting Terbaik Versi Saya

Genre berantem satu lawan satu, atau yang kini lebih dikenal dengan genre Fighting, merupakan salah satu genre video game favorit saya, Gamer Jalanan. Kenapa jadi favorit saya? Karena rasanya seru dapat bertarung menggunakan karakter favorit saya, dengan jurus-jurus dan gerakan yang keren dalam melawan setiap lawan. Dan game fighting merupakan sarana yang tepat untuk melampiaskan emosi, karena rasanya seperti menghajar orang, padahal cuma bermain video game.

Sejak mengenal genre ini pertama kali melalui game Street Fighter II Turbo, sudah banyak game bergenre fighting yang saya mainkan. Mulai dari game-game buatan Capcom, SNK, Namco, hingga Nintendo. Di antara banyak game fighting yang pernah saya mainkan tersebut, ada 10 judul yang menurut saya merupakan game fighting terbaik. Dalam menentukan game terbaik ini, saya memiliki kriteria tersendiri, yaitu game tersebut memiliki daftar karakter yang seimbang, unik, dan tidak pasaran; memiliki alur cerita yang menarik; grafis dan suara yang keren; dan tentunya gameplay yang menantang sekaligus adiktif, tentunya memiliki replay value. 


Masih sama seperti daftar game terbaik sebelumnya, dalam daftar ini saya menerapkan peraturan satu game per franchise/waralaba serial game fighting. Jadi kalian tidak akan melihat ada dua game Street Fighter dalam daftar ini. Baiklah tanpa banyak menulis lagi, ini dia 10 game fighting terbaik versi saya, Gamer Jalanan. Semoga bisa jadi pilihan bagi kalian yang sedang mencari game fighting yang layak untuk dimainkan, khususnya game-game klasik.


10. Fighter Destiny 2 (N64)
Game ini menawarkan elemen gameplay yang unik dibandingkan game-game fighting sejenis. Alih-alih menggunakan hit point sebagai indikator kemenangan, dalam Fighter Destiny 2 saya punya banyak cara untuk mendapatkan kemenangan, mulai dari gerakan mematikan atau kuncian. Dalam game ini, kemenangan ditentukan dengan sistem nilai, seperti turnamen olahraga bela diri di dunia nyata. Karakter-karakter Fighter Destiny 2 mungkin terlihat generik, tapi cukup bervariasi bila dibandingkan game-game sejenis lainnya. Karakter favorit saya dalam game ini adalah Saeki dan Mei Ling.


9. Dragon Ball Z: Supersonic Warriors (GBA)
Begitu banyak game fighting Dragon Ball Z di luar sana, tapi pilihan saya jatuh pada Supersonic Warriors. Meski hadir dalam konsol portabel, game ini tetap mampu menawarkan keseruan bertarung yang penuh kecepatan, tidak kalah dari versi konsol rumahannya. Ada beragam karakter Dragon Ball Z yang bisa dipilih di sini, masing-masing terdiri dari tiga variasi wujud yang bisa diakses melalui pembelian berbasis poin di dalam permainannya. Mode pertarungannya terbilang kaya termasuk adanya fitur team battle, memberikan ruang yang luas untuk saya kembali memainkannya. Karakter favorit saya dalam game ini siapa lagi kalau bukan Goku.. 


8. The King of Fighters ’98: The Slugfest (Neo Geo)
The King of Fighters merupakan salah satu serial game fighting favorit saya. Tapi saya bingung menentukan seri mana yang paling baik di antaranya banyak gamenya. Pada akhirnya saya memilih KOF ’98, yang merupakan ‘edisi spesial’ pertama serial ini. KOF ‘98 menghadirkan semua karakter dalam serial ini mulai seri tahun 1994 sampai 1997 secara komplet. Gameplay game ini sebenarnya standar game KOF, namun pilihan karakter yang banyak, Rugal, dan tentunya sprite Mai Shiranui yang ‘bouncy’ membuat saya  tertarik memainkan game ini berkali-kali. Karakter favorit saya dalam game ini adalah keluarga Sakazaki yaitu Takuma, Ryo, dan Yuri. 


7. Bloody Roar II (PS1)
Ini merupakan serial game fighting yang menurut saya tidak ada dunianya. Karena dalam Bloody Roar, karakter saya bisa berubah menjadi binatang! Eh, atau mungkin tepatnya siluman. Entahlah, apapun itu, yang pasti jadi terlihat lebih keren dan buas. Game ini merupakan salah satu game PlayStation favorit saya, yang kerap saya mainkan di rental terdekat saat masih remaja dulu. Seri kedua game ini, Bloody Roar II merupakan yang terbaik, dengan pilihan karakter yang banyak dan bervariasi. Karakter favorit saya dalam game ini adalah Bakuryu, Gado, dan Yugo.


6. Mortal Kombat: Deception (PS2)
Deception adalah game Mortal Kombat pertama yang saya mainkan dan saya langsung jatuh hati dengan game fighting yang begitu brutal ini. Saya mainkan di PlayStation 2 punya kakak ipar, Deception menghadirkan pertarungan sadis Mortal Kombat dengan begitu apik dalam format tiga dimensi. Setiap arenanya memiliki jebakan-jebakan yang bisa dimanfaatkan untuk menghabisi lawan yang, well, tidak sanggup saya bayangkan bila saya yang masuk ke jebakan itu. Game ini terbilang kaya fitur yang menambah replay value, di antaranya fitur RPG dalam wujud Mortal Kombat: Konquest, serta dua mini game Puzzle Kombat dan Kombat Chess. Karakter favorit saya dalam game ini adalah Ermac dan Scorpion.

 
5. Killer Instinct (SNES)
Bila kebanyakan game Fighting memulai ronde kedua dengan health point kedua petarung sama-sama terisi penuh, tidak demikian dengan Killer Instinct. Siapapun yang kehabisan darah di ronde pertama mesti pintar-pintar bertahan untuk bisa menang karena health point lawan di ronde pertama terbawa pada ronde kedua yang berlangsung secara real time. Inilah yang menjadikan sistem pertarungan di Killer Instinct menarik. Pun begitu, Killer Instinct memiliki serangkaian kombo keren yang jarang dijumpai pada game-game sejenis, bahkan ada karakter petinju bernama Combo dalam game ini. Daftar karakter dalam game ini terbilang unik, dengan Sabrewulf dan Fulgore menjadi karakter favorit saya.


4. Super Smash Bros. (N64)
Game ini akan selalu menjadi game cross-over favorit saya. Alasannya sudah jelas, saya suka karakter-karakter ikonik Nintendo seperti Mario, Link, Samus, Pikachu, dan Kirby. Dan lewat game ini saya bisa memainkan mereka semua sekaligus, saling bertarung dan menghempaskan satu sama lain. Sistem pertarungannya unik dengan kemenangan ditentukan lewat persentase serangan yang didapatkan. Semakin besar persentase serangan yang saya dapatkan, maka semakin besar peluang saya untuk kalah. Kekuatan game ini ada pada fitur multiplayer yang bisa dimainkan dengan sistem perkawanan atau tim, dan arena yang turut menentukan kemenangan atau kekalahan. Sulit untuk menentukan karakter favorit saya dalam game ini, karena semuanya adalah favorit saya!


3. Street Fighter III: 3rd Strike (CPS3)
Street Fighter II Turbo merupakan game yang memperkenalkan saya pada genre fighting. Tapi game Street Fighter terbaik menurut saya adalah Street Fighter III: 3rd Strike. Game ini memiliki daftar karakter yang terbilang banyak hingga 24 petarung yang masing-masing memiliki jenis bela diri dan latar belakang yang unik, berbeda satu sama lain. Game ini benar-benar berkualitas dalam berbagai segi, mulai dari gameplay, grafis, sound, hingga cerita yang begitu epik. Tapi yang menurutku paling menarik dari game ini adalah adanya informasi tombol yang mesti ditekan untuk memunculkan super arts atau serangan super, yang tentunya sangat membantu untuk meraih kemenangan. Karakter favorit saya dalam game ini adalah Dudley, Hugo, dan Chun-li.

 
2. SVC Chaos: SNK Vs. Capcom (Neo Geo)

Bisa dibilang SVC Chaos adalah game fighting yang paling berkesan bagi saya. Walaupun game ini terasa kacau, dengan atmosfer yang kelam, dan daftar karakter yang tidak seimbang serta tidak populer, tapi toh saya tetap saja memainkannya berkali-kali hingga saat ini. Saya tidak tahu benar apa alasan saya menjadikannya sebagai salah satu terbaik versi saya, mungkin saja justru karena kekacauan tersebut saya menyukai game ini. Dan mungkin juga karena rasanya menarik melihat karakter-karakter Capcom dalam tampilan grafis SNK. Karakter favorit saya dalam game ini adalah Mr. Karate dan... mungkin semuanya.


1. Samurai Shodown II (Neo Geo)
Ini dia game fighting terbaik versi saya, Gamer Jalanan. Meskipun saya jarang memainkannya, tapi rasanya sulit untuk menentukan judul lain untuk peringkat wahid daftar ini kecuali Samurai Shodown II. Game ini hadir dengan para petarung bersenjata tajam yang unik, dari era Jepang kuno. Karakter-karakternya yang begitu kompleks, serta begitu seimbang antara satu sama lain dengan latar belakang yang menarik. Suasana pertarungannya begitu memukau, dengan tempo begitu cepat, kombinasi jurus yang keren, dan tentunya, adegan saling sayat dengan efek darah memuncrat yang begitu sadis. Dan karakter favorit saya dalam game ini adalah Nakoruru.

*****

Itulah tadi daftar 10 game fighting terbaik versi saya, Gamer Jalanan. Sebenarnya di luar 10 game di atas, ada judul-judul lain yang saya favoritkan. Di antaranya yaitu Rage of the Dragons, Marvel Vs. Capcom, Tekken, dan Killer Instinct. Daftar ini sendiri masih bisa berubah, mengingat sampai sekarang saya masih terus mencari dan memainkan game-game fighting terbaru yang belum pernah saya mainkan sebelumnya. Saya Gamer Jalanan sudah berbagi daftar game fighting terbaik versi saya, kini giliran kalian berbagi daftar game fighting terbaik versi kalian. Ya itu pun kalau kalian mengaku sebagai gamer sejati. Apa saja game fighting terbaik menurut kalian? (gj)

NB: Screenshot game diambil menggunakan emulator masing-masing game. 

No comments:

Post a Comment