Tuesday, February 2, 2016

10 Game Terbaik di Game Boy Versi Saya

(sumber gambar: pinterest)
Di era konsol game next-gen, kalian semua pasti akrab dengan konsol portabel populer seperti Nintendo DS, 3DS, PSP, atau PS Vita. Kehadiran konsol portabel alias handheld memang membuat para gamer menjadi lebih mudah dalam bermain game. Karena, mereka bisa membawa konsol portabel mereka dengan mudah ke mana-mana tanpa harus terpaku di depan televisi. Dan semua itu bermula dari konsol portabel pertama buatan Nintendo, sekaligus handheld pertama yang populer secara internasional, Game Boy.

Bagi para gamer zaman sekarang, game-game di Game Boy jelas sudah sangat ketinggalan zaman, mengingat game-gamenya yang memiliki tampilan piksel hitam putih yang begitu sederhana. Namun pada zamannya dulu, di penghujung tahun 80-an serta di awal dekade 90-an, game-game tersebut cukup menghibur dan bahkan memiliki basis penggemar tersendiri. Lahir di era 8-bit, konsol yang didesain oleh legenda Nintendo, Gunpei Yokoi ini bisa dibilang merupakan versi portabel dari NES, hanya saja tanpa warna.



Game Boy (sumber gambar: blendernation.com)
Sebagai penggemar game dan konsol klasik, Game Boy tak luput dari perhatian saya. Beberapa gamenya merupakan favorit saya, walaupun memiliki tampilan begitu sederhana dengan segala keterbatasannya. Bagi saya, sebuah game dilihat bukan semata-mata dari visualnya, melainkan juga dari gameplay yang dimilikinya. Gameplay yang inovatif dan adiktif merupakan kunci bagi sebuah game untuk bisa dinikmati, dan menurut saya Game Boy memiliki beberapa game dengan kriteria tersebut.


Sayangnya, tidak banyak game Game Boy yang pernah saya mainkan. Karenanya, daftar game terbaik kali ini tidak sampai 10 judul, melainkan hanya 5 judul. Kelima judul berikut ini adalah game terbaik di Game Boy yang pernah saya mainkan, yang menurut saya memiliki gameplay sederhana dan adiktif, sehingga saya tidak bosan-bosannya memainkan game-game ini untuk mengisi waktu luang. Hebatnya, meski berada di konsol yang penuh keterbatasan, kelima game ini mampu hadir dengan kualitas permainan yang bagus, ditambah musik yang memorable. Apa saja kelima game tersebut? Langsung saja simak hitungan mundurnya.



UPDATE!!!
Well, setelah menimbang cukup lama, pada akhirnya saya, Gamer Jalanan, memutuskan untuk memperbarui daftar game terbaik di Game Boy ini. Karena saya merasa tidak adil saja ketika artikel daftar game terbaik di platformer video game lainnya, sebut saja game terbaikdi NES dan game terbaik di SMS masing-masing memiliki 10 entri. Kalaupun ada artikel daftar terbaik yang hanya berisi lima entri, itu lebih karena jumlah game dalam kategori tersebut yang memang sedikit atau karena keterbatasan game yang pernah saya mainkan.

Nah sementara, Game Boy memiliki daftar game yang terbilang banyak, walaupun sedikit yang keren. Karena itu untuk faktor keadilan dan juga memperkaya artikel ini, saya memutuskan menambah jumlah entri dalam daftar ini dari lima menjadi sepuluh judul game. Saya juga telah memainkan kembali beberapa game di Game Boy dan menemukan game-game yang layak mengisi lima posisi tambahan tersebut. Tentunya pemilihan ini berdasarkan selera saya, jadi kalian boleh saja tidak setuju. Baiklah, ini dia versi update dari daftar game terbaik di Game Boy versi saya, Gamer Jalanan.

UPDATE DESEMBER 2018!!!


10.
Mario's Picross

Picross merupakan game yang populer di Jepang, membuat Nintendo merilis Mario's Picross untuk pasar internasional. Sayangnya, kesuksesan di dalam negeri tak didapatkan, bahkan game ini terlupakan begitu saja. Padahal, Mario's Picross memiliki gameplay puzzle casual yang bukan hanya unik dan baru, melainkan juga menarik dan sukses membuat otak berpikir keras. Dalam permainan ini, saya mesti menebak lokasi kotak yang harus dipalu sesuai petunjuk angka di atas dan kiri kolom, demi memunculkan gambar tersembunyi yang penuh kejutan.


9.
Revenge of the Gator

Jangan tertipu dengan judulnya yang terkesan sangar. Nyatanya, ini adalah game pinball yang menyajikan kumpulan buaya-buaya lucu. Dibuat oleh Hal Laboratory, perusahaan game di balik nama besar serial Kirby, Revenge if Gator memberikan pengalaman pinball on the go yang cukup intens. Bukan hanya disuguhi papan pinball biasa, sederetan area bonus dengan tema-tema buaya siap dibuka demi mendapatkan nilai tertinggi yang menjadi ciri khas genre ini.


8. 
Final Fantasy Adventure

Di era retro 90-an, banyak game potensial yang mesti kehilangan identitasnya lantaran judulnya diganti dengan judul dari serial lain yang lebih dikenal demi meraup keuntungan. Final Fantasy Adventure adalah salah satunya. Meski menyandang nama Final Fantasy, nyatanya game ini adalah seri pertama dari Seiken Densetsu alias Secret of Mana yang populer di SNES. Final Fantasy Adventure sendiri memiliki gameplay action RPG ala The Legend of Zelda yang penuh dengan aksi dan petualangan, sekalipun hadir dalam mesin portabel yang kecil.


7.
Teenage Mutant Ninja Turtles III: Radical Rescue

Pada awalnya saya meragukan bila game kura-kura ninja di Game Boy bisa bagus dan menarik. Kenyataannya, seri ketiga game kura-kura ninja alias Teenage Mutant Ninja Turtles di konsol monokrom ini mampu menghadirkan gameplay yang seru dengan elemen penjelajahan yang begitu dalam ala-ala metroidvania. Mengisahkan Donatello yang mesti menyelamatkan saudara-saudara kura-kuranya dari tangan Shredder yang jahat, iterasi terakhir kura-kura ninja di Game Boy ini merupakan pemungkas yang memuaskan.


6. 
The Legend of Zelda: Link's Awakening

Pertanyaan mampukah serial petualangan ikonik Nintendo, The Legend of Zelda hadir di Game Boy terjawab benar dalam Link's Awakening. Tampilan hitam putih nyatanya tak menghalangi game ini ini untuk bersinar. Malahan, Link's Awakening disebut-sebut memberi pijakan kokoh bagi kehadiran game-game Zelda di mesin-mesin portabel berikutnya. Bahkan di kalangan penggemar waralaba ini, Link's Awakening dianggap sebagai game The Legend of Zelda dengan cerita yang paling menyedihkan di antara seri-seri lainnya.


5.
Super Mario Land

Tiada Nintendo tanpa Mario. Hal ini disadari benar oleh penemu Game Boy, Gunpei Yokoi yang membuat Super Mario Land. Meski tanpa campur tangan kreator Super Mario, Shigeru Miyamoto, game platformer perdana si tukang ledeng di handheld ini mampu memuaskan para pemilik Game Boy. Sensasi Super Mario tak hilang sekalipun dunia permainannya dijadikan lebih kecil dalam Super Mario Land. Kesuksesan game ini memunculkan seri-seri Super Mario Land berikutnya yang bukan hanya memiliki gameplay dan kualitas yang lebih baik, melainkan juga memunculkan musuh baru yang menjadi versi antihero Mario, Wario.


4.
Operation C

Sebagai game perdana Contra di konsol portabel, tanpa diduga Operation C bisa menghadirkan sensasi run & gun yang sama layaknya yang lebih dahulu hadir di konsol rumahan. Seperti Contra, Operation C begitu menantang dengan desain levelnya yang inovatif dan bos-bos yang keren. Konami selaku pengembang game ini tampaknya benar-benar serius menggarap versi on the go Contra ini yang membuat hasil akhirnya terbilang sangat ciamik dan memuaskan.


3.
Pokemon Blue Version

Konsol Game Boy yang sudah usang dan mulai ditinggalkan di akhir era 90-an seakan mendapat napas baru berkat kemunculan game ini. Bukan hanya itu, Pokemon Blue bersama dengan pasangannya, Pokemon Red, sukses mengubah pandangan gamer terhadap Game Boy berkat permainannya yang memaksimalkan fitur konektivitas mesin kecil ini. Maka lahirnya sebuah serial RPG yang di kemudian hari menjadi fenomena bahkan budaya pop dunia, Pokemon. Pun demikian bagi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan, Pokemon Blue menjadi pintu pertama saya mengenal semesta Pokemon yang saya cintai hingga kini.


2.
Donkey Kong

Merupakan remake dari game arcade populer berjudul sama, Donkey Kong di Game Boy merupakan salah satu game terbaik yang dimiliki konsol portabel ini. Permainan arcade Donkey Kong disempurnakan menjadi sebuah puzzle-platformer yang lebuh luas dan panjang dengan variasi level yang dimilikinya. Dibutuhkan kombinasi kecekatan tangan dan juga kecepatan berpikir untuk bisa menyelesaikan permainan ini dengan sempurna. Gameplay Donkey Kong tergolong unik dan adiktif, membuat saya betah memainkannya berkali-kali. Di era GBA, Nintendo merilis sekuel game ini dengan lebih berwarna lewat serial Mario Vs. Donkey Kong.


1.
Tetris

Apa jadinya Game Boy tanpa Tetris? Mungkin tidak akan dikenal luas bahkan masih diingat sampai sekarang. Sama juga dengan Tetris, tanpa Game Boy, game puzzle menata balok asal Rusia ini juga takkan bisa menjadi salah satu game paling dikenal di dunia. Game Boy dan Tetris adalah dua hal yang tak terpisahkan, lantaran keduanya diluncurkan bersamaan ke dunia internasional. Hebatnya, kedua hal ini saling mempopulerkan satu sama lain. Permainannya yang mudah dan sederhana menjadikan game ini teman yang pas untuk mengisi waktu luang. Apalagi game ini didukung musik latar ikonik Korobeniki yang merupakan salah satu musik video game terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan.


***

Itulah tadi daftar 10 game terbaik di Game Boy versi saya, Gamer Jalanan. Karenanya kalian boleh-boleh saja tidak setuju dengan daftar ini. Perlu saya tegaskan lagi kalau daftar ini hanya memuat game-game yang rilis untuk platform Game Boy, tidak termasuk versi berwarnanya yaitu Game Boy Color atau disingkat GBC. Mungkin di lain kesempatan saya akan membuat daftar game terbaik di GBC versi saya.

Bagi kalian sahabat gamer yang penasaran dengan game-game di atas, bisa menyaksikan cuplikan permainannya dalam video saya di channel YouTube Retro Lukman. Klik disini untuk menyaksikannya.

Tak bisa dimungkiri Game Boy memiliki peran penting dalam penetrasi konsol portabel ke dalam industri video game. Keberhasilan yang dirasakan para penerusnya seperti GBA, Nintendo DS, ataupun 3DS jelas berhutang banyak dari kehadiran handheld ini. Nyatanya meski sudah ketinggalan zaman, konsol ini masih punya banyak penggemar khususnya para gamer retro seperti saya. Apa kalian juga penggemar Game Boy? Apa game terbaik di Game Boy versi kalian? Kalau kalian gamer sejati, tentu kalian tak risih membagikan daftar game Game Boy terbaik versi kalian pada kolom komentar. (gj)

NB: Screenshot game diambil menggunakan emulator BGB.

No comments:

Post a Comment