Tuesday, June 25, 2019

5 Game Batman Terbaik Versi Saya

(sumber gambar: videogameartwork.com)

KABARNYA, superhero populer dari DC Comics, Batman bakal memiliki bintangnya sendiri di Walk of Fame, Hollywood. Si "manusia kelelawar" ini pun menjadi tokoh fiksi superhero pertama yang namanya diabadikan di atas trotoar kenamaan yang penuh nama pelakon film, artis, pesohor, dan para ikon pop dunia tersebut.

Dengan melihat kepopuleran superhero kreasi Bob Kane ini, tak salah memang bila akhirnya Batman mendapat tempat di trotoar yang ada pada Hollywood Boulevard tersebut. Nah, merayakan momen ini, saya Retro Lukman Gamer Jalanan menyajikan daftar lima video game Batman terbaik versi saya.

Batman sendiri adalah salah satu superhero favorit saya, bahkan mungkin menjadi superhero yang paling saya favoritkan, sama seperti Spider-Man. Saya menyaksikan film-nya sejak TK, tepatnya film Batman Returns yang sampai sekarang masih menyisakan kenangan tersendiri bagi saya. Berawal dari film itulah, saya mulai menggemari serial Batman, meliputi komiknya, kartunnya, dan tentu saja, video gamenya.

Sepanjang sejarah perjalanan saya di dunia game, telah banyak game bertema "Dark Knight" ini yang saya mainkan. Mulai dari era 8-bit di Nintendo (NES), hingga era kekinian di PlayStation 3 (PS3). Nah, di antara sederetan game Batman tersebut, ada lima judul yang paling saya favoritkan lantaran saya anggap terbaik dan berkesan. Langsung saja kita simak hitungan mundur lima game Batman terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan selengkapnya! Selamat membaca....


***


5.
Batman Begins
(GBA)

(sumber gambar: 4players.de)
Siapa menyangka game adaptasi dari film Batman pertama garapan Christopher Nolan untuk GBA bisa begitu seru untuk dimainkan. Padahal game ini bergaya 2D platformer dengan grafis yang kurang menarik. Namun kekurangan tersebut dijawab dengan indah melalui gameplay beat'em ups intens, berpadu elemen stealth ala Splinter Cell, menjadikan Batman Begins sebagai personifikasi terbaik bagi "The Dark Knight" di konsol GBA.


4.
Batman: The Brave and The Bold, The Video Game
(NDS)

(sumber gambar: walmart.com)
Bila GBA mendapat adaptasi dari film layar lebar, NDS mendapatkan jatah adaptasi serial animasi Batman saat itu, The Brave and The Bold. Jujur saya belum pernah menonton serial animasi tersebut, tapi memainkan gamenya di NDS saja sudah cukup membuat saya merasakan keseruannya. The Brave and The Bold masih dengan tampilan 2D beat'em ups, namun dengan grafis yang lebih cerah serta musik yang snagat catchy sebagaimana serial animasinya, dengan fitur yang memungkinkan saya memainkan karakter-karakter lain dari DC Comics yang bekerja sama Batman dalam memberantas kejahatan.


3. 
Batman Returns
(SNES)

(sumber gambar: chronicgames.net)
Memainkan game ini jelaslah sebuah nostalgia bagi saya, bila kalian membaca pengantar artikel ini. Yup, Batman Returns merupakan film Batman pertama yang saya saksikan, yang memperkenalkan saya kepada semesta superhero berkostum kelelawar ini. Sejatinya, Batman Returns diadaptasi di hampir semua konsol game yang ada pada masa itu. Namun versi terbaiknya, menurut saya ada di Super Nintendo alias SNES. Game ini memiliki genre beat'em ups ala Final Fight yang sedang populer kala itu, dengan jalinan cerita yang dituturkan secara kronologis persis seperti yang ada di film layar lebarnya.


2.
Batman: Arkham Asylum
(PS3)

(sumber gambar: ebgames.ca)
Saya tidak perlu bercerita banyak tentang game ini, karena saya yakin mayoritas gamer kekinian tahulah betapa bagusnya game Batman pertama dalam serial Arkham ini. Menurut saya, Arkham Asylum benar-benar memberikan pengalaman definitif kepada siapa saja yang memainkannya, tentang betapa serunya menjadi seorang Batman. Semua elemen aksi yang lekat dengan Batman, bisa saya temukan dalam game ini. Termasuk menjajal keahlian Batman dalam menjadi detektif demi memecahkan misteri yang menyelimuti permainan ini. Kalian bisa membaca pengalaman saya Satu Jam Bermain Batman: Arkham Asylum di sini (klik).


1.
Batman
(NES)

(sumber gambar: vgmuseum.com)
Yup, kalian tidak salah baca. Memang game Batman di NES yang berada di urutan pertama dari daftar game Batman terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Game Batman ini mungkin sangat sederhana dengan grafis yang ketinggalan zaman bila dibandingkan game-game kekinian. Namun, menurut saya game yang diadaptasi dari film Batman dengan aktor Michael Clayton ini memiliki gameplay yang begitu seru dan menantang. Well, tidak ada yang bisa mengalahkan keasyikan saat saya meloncat dari satu dinding ke dinding sebagai Batman. Pun demikian, game ini memiliki musik yang begitu ikonik, yang masih sangat berpengaruh dalam jagad retro kekinian.


***


Itulah tadi daftar lima video game bertema Batman terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Kalian mungkin tidak setuju dan itu wajar, karena daftar ini dibuat berdasarkan opini saya pribadi. Saya memang sengaja tidak memasukkan Arkham City, karena faktanya saya belum pernah memainkannya. Sementara untuk The Adventures of Batman and Robin dan Lego Batman, sebenarnya saya suka kedua game ini karena seru. Tapi lima game di atas menurut saya lebih mewakili karakter Batman sebagaimana yang saya kenal selama ini.

Oh iya, bagi kalian yang penasaran dengan gameplay dari kelima game Batman di atas, bisa melihat cuplikan videonya di channel saya di YouTube, klik disini ya.

Bagaimana menurut Sahabat Gamer? Apakah game Batman favorit kalian ada dalam daftar saya ini? Apa saja nih game Batman terbaik yang kalian favoritkan? Jangan segan untuk berbagi di kolom komentar ya. Saya Retro Lukman Gamer Jalanan, terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di kesempatan berikutnya dan... Salam Gamer! (gj)


-- BACA JUGA --

No comments:

Post a Comment