Tuesday, July 26, 2022

Game Pokémon yang Saya Rekomendasikan di Nintendo GBA

Halo Sahabat Gamer. Saya Retro Lukman, kali ini saya akan memberikan rekomendasi game-game Pokemon yang rilis di konsol Nintendo Game Boy Advance (GBA). Game-game yang saya rekomendasikan ini menurut saya bagus, sangat layak dimainkan, juga merupakan versi definitif dari game sejenis yang terkait. 

Dalam artikel ini saya tidak akan menjelaskan terlalu detail tentang game-gamenya, hanya sekilas saja alasan kenapa saya merekomendasikannya ketimbang game yang lain. Yang saya rekomendasikan di sini adalah game-game resmi Pokemon, jadi kalian tidak akan menemukan game-game hack dalam artikel ini.

GBA merupakan rumah bagi Pokemon generasi ketiga. Dimulai dari pasangan game inti alias game utamanya yaitu Pokemon Ruby & Sapphire version yang rilis tahun 2003. Bertemakan lingkungan, kedua game ini berlatar di region Hoenn dengan starternya terdiri dari Torchic, Treecko, dan Mudkip. Masing-masing dengan tim penjahat dan Pokemon legendaris yang berbeda, yaitu Tim Magma dan Groudon untuk Pokemon Ruby serta Tim Aqua dan Kyogre untuk Pokemon Sapphire.

Namun saya tidak merekomendasikan kedua game ini, melainkan saya merekomendasi versi ketiganya yaitu Pokemon Emerald version yang rilis tahun 2005.

Pokemon Emerald bisa dibilang versi sempurna dari Pokemon Ruby & Sapphire, alasannya karena di versi ini kita bisa melawan Tim Magma dan Tim Aqua sekaligus, dengan ceritanya yang berubah jadi lebih epik dengan keterlibatan Rayquaza, Pokemon legendaris ketiga yang menjadi maskot Pokemon Emerald. Di game ini kita bisa menangkap tiga Pokemon legenda cuaca yaitu Groudon, Kyogre, dan Rayquaza sekaligus, yang tidak bisa dilakukan di Ruby & Sapphire. 

Alasan berikutnya kenapa versi ini begitu saya rekomendasikan yaitu adanya fitur Battle Frontier, fasilitas pertarungan Pokemon dengan tujuh jenis tantangan yang menurut saya sangat keren. Fitur ini memperpanjang permainan sekaligus memberikan petualangan baru. Fitur ini terbilang berhasil, buktinya Battle Frontier dimunculkan kembali di tiga game berikutnya. 

Sebenarnya ada banyak alasan sih kenapa Pokemon Emerald begitu direkomendasikan, yang intinya Pokemon Emerald lebih lengkaplah dibandingkan dengan Pokemon Ruby & Sapphire. Bahkan meskipun Pokemon Ruby & Sapphire sudah dibuat ulang di Nintendo 3DS lewat Pokemon OmegaRuby dan Alpha Sapphire, pertemuan Team Magma dan Team Aqua serta pertemuan trio Pokemon legenda cuaca masih eksklusif hanya bisa ditemukan di game Pokemon Emerald.

Kita lanjut ke rekomendasi berikutnya yaitu Pokemon FireRed & LeafGreen version yang rilis tahun 2004. Pasangan game ini merupakan remake atau buat ulang dari game Pokemon generasi satu, Pokemon Red & Blue atau Red & Jepang untuk versi Jepangnya, yang sebelumnya hadir di konsol Game Boy. Starternya tetap sama dengan game originalnya, terdiri dari Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle. Kehadiran Fire & LeafGreen ini menandai untuk pertama kalinya GameFreak selaku pengembang serial Pokemon membuat ulang game terdahulu mereka.

FireRed a& LeafGreen memperpanjang petualangan di Kanto dengan menghadirkan lokasi baru bernama Sevii Islands, tujuh pulau yang bisa diakses untuk menangkap Pokemon-Pokemon yang diperkenalkan di generasi kedua guna melengkapi Pokedex. Ceritanya pun bertambah di Sevii Islands, yang tentunya tidak bisa ditemukan di versi aslinya, Red & Blue. Hal ini menjadikan FireRed & LeafGreen sebagai versi definitif dari petualangan Pokemon di Kanto yang tentunya sangat saya rekomendasikan.

Tak ada perbedaan signifikan di antara kedua versi ini selain Pokemon eksklusif, misalnya Ekans dan Electabuzz hanya bisa ditemukan di Pokemon FireRed version, sedangkan Sandshrew dan Magmar hanya ada di Pokemon LeafGreen Version. Nah karena saya penggemar sandshrew dan evolusinya yaitu Sandslash, jadi saya otomatis lebih memilih versi LeafGreen. Alasan lain kenapa memilih LeafGreen karena judulnya yang terdengar lebih nyaman bila dibandingkan FireRed.

Selain game RPG yang menjadi game inti mereka, di GBA juga ada game spin-off alias game sampingan Pokemon yaitu Pokemon Pinball: Ruby & Sapphire. Rilis tahun 2003, ini merupakan sekuel dari game Pokemon Pinball di Game Boy Color. 

Pokemon Pinball: Ruby & Sapphire saya rekomendasikan khususnya buat sahabat gamer yang suka Pinball ya. Ini merupakan game Pinball bertemakan Pokemon dengan sederet elemen Pokemon di dalamnya. Khususnya permainan menangkap Pokemon yang menjadi inti permainannya. Dalam game ini ada beberapa cara untuk menangkap Pokemon untuk melengkapi PokeDex, yang semua itu dilakukan lewat bermain Pinball. Menurut saya game ini sangat seru dimainkan, entah itu untuk melengkapi PokeDex atau mengejar skor tertinggi. Cocok banget deh buat mengisi waktu luang.

Spin-off kedua sekaligus game terakhir yang saya rekomendasikan di GBA yaitu Pokemon Mystery Dungeon: Red Rescue Team. Ini merupakan game pertama dari serial spin-off Pokemon Mystery Dungeon alias PMD yang bergenre dungeon-crawler dengan elemen roguelike. Red Rescue Team dan pasangannya yaitu Blue Rescue Team dirilis secara internasional tahun 2006. Menariknya, pasangan game ini dirilis dalam konsol yang terpisah, Red Rescue Team di GBA dengan starter api di sampulnya, sementara Blue Rescue Team di NDS dengan starter air di sampul gamenya. 

Di antara kedua game jelas saya lebih merekomendasikan Red Rescue Team yang memang dirancang untuk GBA. Sementara Blue Rescue Team hadir di Nintendo DS yang jelas-jelas lebih canggih ketimbang GBA dengan memiliki tampilan tambahan berkat dua layar yang dimiliknya, serta fitur unknown dungeon. Perbedaan lainnya dari kedua game ini sama seperti game-game Pokemon yang berpasangan, yaitu Pokemon eksklusif. Contohnya Feebas dan evolusinya Milotic hanya ada di Red Rescue Team, sementara Magikarp dan evolusinya Gyarados hanya tersedia di Blue Rescue Team.

Gamenya sendiri terbilang unik dan bagus, di mana kita bermain sebagai Pokemon dan berpetualang menjalankan setiap misi dengan menjelajahi labirin-labirin di dunia Pokemon yang berubah setiap kali kita memasukinya. Kedua game ini sendiri sudah dibuat ulang di Nintendo Switch dengan grafis kekinian menjadi satu game saja yaitu Pokemon Mystery Dungeon Rescue Team DX. Buat yang punya Switch tentu patut untuk dicoba.


***


Ya itu tadi rekomendasi game Pokemon untuk konsol Nintendo GBA versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Game Pokemon di konsol ini terbilang sedikit sih bila dibandingkan konsol penerusnya, tetapi tetap berkualitas dan memberikan pengalaman bermain yang seru. Apalagi game-gamenya banyak dijadikan basis untuk game-game Pokemon hack yang banyak digandrungi gamer Indonesia.

Oh iya artikel ini sebenarnya adalah versi tulisan dari video saya di channel YouTube Retro Lukman. Kalian bisa menyaksikan videonya di sini

Terima kasih teman-teman sudah membaca, saya Retro Lukman Gamer Jalanan, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya yaitu Game Pokemon yang saya rekomendasikan di Nintendo DS. (gj)

No comments:

Post a Comment