Monday, May 25, 2020

5 Game Contra Terbaik Versi Saya

Artwork serial Contra.
HALO Sahabat Gamer. Selamat hari raya Idulfitri 1441 Hijriah untuk yang merayakan. Mohon maaf lahir dan batin. Mohon maaf karena saya sudah jarang update blog, karena sekarang lebih banyak bikin konten video untuk kanal YouTube saya di Retro Lukman. Di satu sisi pekerjaan saya juga tambah banyak di pandemi virus corona ini. Tetapi tetap berusaha menyempatkan menulis blog di Gamer Jalanan.

Pada kesempatan kali ini saya menampilkan lima game terbaik dari serial Contra, game action side-scrolling platformer yang merintis subgenre run and gun. Serial yang sempat dikenal dengan nama Probotector di Eropa ini merupakan serial favorit saya sejak saya pertama kali memainkannya di konsol NES 8-bit milik ayah saya, merupakan salah satu serial yang mengisi masa kecil saya dahulu.

Buat saya, Contra dari Konami bukan sekadar nostalgia. Karena sederetan gamenya memiliki gameplay yang sederhana namun begitu mengasyikkan berkat atmosfernya yang begitu intens dengan tingkat kesulitan tinggi, dalam peperangan prajurit pilihan bumi melawan serbuan pasukan alien. Dari seri ke seri, inti permainan Contra tetaplah sama, dengan beragam penyempurnaan dan fitur-fitur inovatif yang menjadikannya tetap menarik untuk dimainkan.

Baiklah, tanpa banyak bicara lagi, langsung saja kita simak lima game Contra terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan!


***


5. Contra III: The Alien Wars

Salah satu stage horor di Contra III: The Alien Wars. Susah banget!
Contra III: The Alien Wars di konsol Super Nintendo bisa dibilang merupakan versi paling kelam dari serial ini. Semua itu berkat musik, grafis, dan juga atmosfer permainannya yang menurut saya, Retro Lukman Gamer Jalanan, sukses menampilkan imaji bumi masa depan yang kacau akibat serangan alien. Ditambah intro pembuka permainan yang terbilang mencekam, yang cukup memunculkan mimpi buruk bagi anak-anak yang memainkannya. Dan di antara game-game Contra lainnya, menurut saya The Alien Wars adalah yang paling sulit.


4. Neo Contra

Salah satu aksi gila di Neo Contra: bertarung di atas baling-baling helikopter!
Serial Contra gagal beradaptasi dalam lingkungan 3D di era PS1 lewat Legacy of War. Namun di era PS2, Konami pada akhirnya menemukan jalan yang tepat dalam menerjemahkan serial ini ke dalam permainan 3D. Hasilnya adalah Neo Contra yang menurut saya merupakan versi definitif dari 3D Contra. Dengan sudut pandang kamera atas, Neo Contra bisa tetap mempertahankan elemen run and gun-nya dengan sangat baik. Grafis yang memukau, sound yang tetap catchy, dan tentu saja, kesulitan yang tinggi, ditambah plot yang absurd tetapi entah kenapa begitu menarik (bayangkan saja latar waktunya di tahun 4444!!!), game ini adalah pengalaman 3D Contra yang tak boleh dilewatkan para penggemar sejatinya.


3. Contra 4

Salah satu boss dalam game Contra 4. Tampilan retro yang tetap menarik dimainkan.
Di era Nintendo DS, Konami terbilang bijak dengan tidak memaksakan Contra 4 hadir dalam tampilan 3D. Alih-alih, WayForward selaku pengembang game ini membawa para penggemar Contra bernostalgia ke era pertama kemunculan Contra lewat tampilan piksel dan gameplay side-scrolling sebagaimana ciri khas serial ini. Contra 4 membuktikan old school di era kekinian masih sangat relevan. Khususnya bagi mereka yang mengutamakan gameplay ketimbang grafis. Pun demikian, grafis dan suara dalam game ini telah disesuaikan sedemikian rupa dengan kemampuan yang dimiliki Nintendo DS, menjadikannya tetap terlihat modern meskipun bergaya retro. Well, membicarakan salah satu game Nintendo DS terbaik versi saya ini bisa saja sangat panjang, kalian bisa langsung membaca ulasan lengkap saya tentang game ini di sini (klik).


2. Contra: Hard Corps

Di Contra: Hard Corps, kita bisa memainkan karakter manusia serigala, Fang.
Bicara 16-bit, saya lebih memilih Super Nintendo/SNES ketimbang Sega Mega Drive/Genesis. Namun bicara Contra, saya akan lebih memilih Contra: Hard Corps di Genesis ketimbang Contra III di SNES. Pasalnya, Contra Hard Corps membawa serial run and gun ini ke level garis keras yang sesungguhnya, sebagaimana sub judul mereka "Hard Corps". Ada begitu banyak inovasi dalam game ini yang bisa begitu menyatu dengan elemen utama Contra. Mulai dari opsi empat senjata yang masing-masing unik untuk empat karakter yang bisa dipilih, hingga level yang bercabang serta banyak ending, yang menjadikan game ini punya replay value tinggi ketimbang game-game Contra lainnya. Belum lagi kualitas grafis dan suaranya yang menurut saya terbaik di era 16-bit. Sangat flashy dan catchy, semakin menambah intensitas permainan yang sudah demikian serunya. Saya juga sudah membuat ulasan khusus tentang game ini yang bisa dibaca di sini (klik).


1. Super C

Salah satu boss battle dengan sudut pandang atas dari game Super C.
Dari waktu ke waktu, sejak pertama kali hadir tahun 1987, permainan Contra telah banyak mengalami perkembangan signifikan hingga menjadikannya sebagai serial run and gun terpopuler dan paling dikenal di dunia. Namun, tetap tak ada yang mengalahkan pengalaman aslinya di era Nintendo NES. Nyatanya meski sudah tiga dekade berlalu, namun game Contra dari era 8-bit masih tetap seru untuk dimainkan, seakan tak lekang oleh zaman. Baik itu game pertamanya yaitu Contra, atau sekuelnya yaitu Super C alias Super Contra. Sulit untuk memilih di antara keduanya, tetapi pilihan saya jatuh pada Super C, sebagai game Contra terbaik yang pernah saya mainkan. Sebagai sebuah sekuel, Super C tampil dengan pondasi yang begitu kuat, bila tidak ada masalah dengan game pendahulunya, maka tidak ada yang perlu diperbaiki. Malahan menurut saya Super C menyempurnakan game Contra pertama, dengan desain level yang lebih variatif dan desain musuh yang lebih mengancam. 


***


Itulah tadi lima game Contra terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Sebagai penggemar berat serial ini, tentu saja berharap Contra bisa mengulang suksesnya di masa video game kekinian. Sayangnya, game terbaru mereka yaitu Rogue Corps tampil buruk dan sangat mengecewakan. Ya semoga saja Konami bisa kembali memunculkan game Contra berkualitas, walaupun sepertinya itu sulit terwujud mengingat developer sekaligus publisher legendaris itu seperti sudah tak berminat lagi membuat game AAA.

Bagaimana menurut Sahabat Gamer? Apakah game Contra favorit kalian masuk dalam daftar ini? Jangan segan-segan berbagi pendapat kalian di kolom komentar ya. Oh iya, gameplay dari masing-masing game ini bisa kalian lihat di kanal YouTube saya Retro Lukman, link-nya di sini (klik). Saya Retro Lukman Gamer Jalanan, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dan... Salam Gamer! (gj)

No comments:

Post a Comment