Saturday, October 22, 2016

‘The New Tetris’, Menata Balok Membangun Keajaiban

Halo sahabat gamer? Pasti tidak asing dengan kata Tetris bukan? Memang ya game puzzle kasual ini begitu dikenal di seluruh dunia, berkat permainannya yang begitu sederhana namun sangat adiktif. Berkat kepopulerannya, serial buatan programmer Rusia Alexey Pajhitnov yang pertama kali dirilis tahun 1984 ini pun hadir dalam  berbagai bentuk di berbagai jenis komputer dan konsol video game bahkan sampai saat ini. Nah, dalam ulasan klasik kali ini saya Gamer Jalanan membahas salah satu bentuk game Tetris yang rilis di tahun 1999 untuk konsol Nintendo 64 (N64), yang berjudul ‘The New Tetris’.

Meski hadir dalam berbagai bentuk iterasi, namun tidak semuanya mencatatkan prestasi baik dari segi kritik maupun penjualan. Karena Tetris bagaimanapun tetaplah Tetris, yang perlu dilakukan hanyalah mengubah-ubah bentuk balok-balok yang disebut Tetromino, untuk kemudian dijatuhkan demi menghasilkan garis. Sesederhana itu. Sehingga para gamer tentu berpikir ulang untuk membeli sebuah game Tetris terbaru bilamana gameplay yang dimiliki ternyata sama saja dengan yang sudah-sudah. Dalam hal ini, mesti ada inovasi dan variasi baru dalam iterasi terbaru Tetris untuk bisa mendapatkan perhatian para gamer.

Hal ini rupanya disadari benar oleh Blue Planet Studio dan H20 Entertainment Studio selaku developer ‘The New Tetris’. Berbagai fitur baru dihadirkan dalam permainan Tetris, menjadi sebuah bentuk utuh, paket lengkap bagi para penggemar genre ini. ‘The New Tetris’ atau saya sebut TNT saja biar singkat, memiliki variasi-variasi permainan yang unik, yang membuat para veteran Tetris maupun pemula dalam serial ini terpaku lama di depan layar televisi memainkan game ini. Inovasi-inovasi yang ada memberikan game ini replay value yang nyaris tak terbatas, baik secara single-player maupun multiplayer hingga empat pemain.

Sebelumnya bagi kalian yang tidak akrab dengan Tetris, saya akan terlebih dulu menjelaskan gameplay dasar Tetris. Dalam Tetris ada balok-balok yang disebut Tetromino, yang jumlah keseluruhannya ada tujuh dengan bentuknya berbeda satu sama lain. Nah, tugas pemain adalah menempatkannya sedemikian rupa di dasar bejana permainan sehingga dapat menghasilkan bentuk datar yang utuh yang disebut ‘Line’ atau garis yang sekaligus melenyapkannya. Inti permainan adalah bagaimana caranya bertahan selama mungkin, sejauh mungkin, hingga balok-balok memenuhi puncak bejana dan permainan berakhir. 
 
Gameplay standar Tetris dengan tambahan banyak inovasi dan variasi.
Nah, TNT memiliki premis seperti itu, namun dengan beberapa bagiannya mendapatkan modifikasi dan dilakukan penambahan-penambahan tertentu yang semakin memperkaya permainan. Pertama-tama saya akan menjelaskan modifikasi yang dilakukan TNT. Biasanya iterasi Tetris memberikan reward kepada saya dengan peningkatan level disertai peningkatan kecepatan setelah menghasilkan sejumlah line. Hal ini dihilangkan dalam TNT, meskipun tingkat kecepatan bertambah cepat saat jumlah line bertambah banyak, walaupun tidak meningkat drastis.

Sebagai pengganti level dan penambahan kecepatan yang konstan, TNT memberikan nilai untuk setiap line yang dihasilkan. Nilai line ini bukan sekadar skor untuk mendapatkan high score atau nilai tertinggi dalam permainan, melainkan memiliki fungsi yang menciptakan replay value bagi TNT. Dengan mengumpulkan nilai line ini sejumlah yang dipersyaratkan, pemain bisa ‘membangun’ wonder atau keajaiban dunia. Bangunan wonder ini adalah bangunan-bangunan bersejarah populer dunia seperti piramida suku Maya, patung Sphinx Mesir, Stone Henge, hingga Kremlin Russia.
 
Salah satu wonder dalam The New Tetris, Sphinx.
Mendapatkan wonder bukan sekadar achievement untuk menarik perhatian pemain. Melainkan, setiap kali wonder terbangun, saya akan mendapatkan latar bejana baru dengan ornamen wonder serta musik latar baru yang mengiringi jalannya permainan. Buat saya wonder adalah elemen permainan yang unik dan tepat diterapkan dengan tepat dalam permainan Tetris. Biasanya saya memainkan Tetris bila sedang suntuk saja, sekadar hiburan. Namun dengan adanya wonder, saya bisa memainkan Tetris ini dengan serius layaknya game-game RPG. Mendapatkan ketujuh wonder adalah tantangan tersendiri buat saya. 

Ketiadaan peningkatan kecepatan secara konstan tentu membuat permainan Tetris terasa kurang menantang. Akan tetapi, TNT menggantikannya dengan fitur kombinasi balok istimewa yang disebut ‘Multi-Squares’ dan ‘Mono-Squares’. Multi-Squares adalah kombinasi empat balok tetromino berbeda bentuk yang bila ditata menjadi persegi besar, akan mengubah keempat balok tersebut menjadi sebuah balok persegi besar berwarna perak. Setiap line yang terbentuk dari balok ini akan dihargai sebanyak 6 line. Sementara Mono-Squares dibentuk dengan kombinasi empat balok tetromino yang berbentuk sama, yang menghasilkan balok berwarna emas, dengan setiap line yang dihasilkan bernilai 11 line.
 
Contoh kombinasi untuk membentuk Multi-Squares (atas) dan Mono-Squares (bawah).
Menciptakan kedua jenis balok persegi spesial ini dalam jumlah banyak menjadi fokus saya setiap kali memainkan TNT. Karena semakin banyak balok persegi spesial yang saya ciptakan, semakin cepat pula saya mendapatkan line dalam nilai yang besar. Dengan tujuan membangun wonder, membentuk Multi-Squares dan Mono-Squares adalah hal yang harus dilakukan. Akan tetapi seringkali saya menjadi lupa diri saat membentuk balok-balok ini, sehingga bejana menjadi penuh dan permainan pun terancam berakhir. Hal ini terjadi karena bukan hal mudah untuk membentuk persegi-persegi, khususnya Multi-Squares. 

Mendapatkan balok yang diinginkan untuk membuat persegi spesial ini membutuhkan kesabaran. Karena seringkali balok-balok yang dibutuhkan untuk melengkapi persegi tidak juga muncul, sehingga membuat bejana penuh karena mesti menyingkirkan balok-balok ke sisi lain bejana agar tidak merusak balok-balok yang sedang dibentuk menjadi persegi. Seringkali rasa tidak sabar membuat saya mesti menyerah membangun persegi-persegi spesial ini demi bisa bertahan dalam permainan agar tidak game over. Namun seringkali ketika saya memutuskan berhenti membangun sebuah persegi spesial, balok yang diinginkan barulah muncul. Hal ini tentu sangat menyebalkan.
Cara melakukan Spin Move.
Selain fitur Multi-Squares dan Mono-Squares, TNT memperkenalkan sebuah gerakan spesial yang kemudian menjadi standar dalam game-game Tetris berikutnya. Gerakan ini disebut Spin Move, yang dilakukan dengan mengubah posisi balok berbentuk T pada lokasi yang sempit di antara balok-balok yang ada di bejana. Apabila perubahan posisi tersebut menghasilkan line, maka akan memunculkan efek keren yang terasa begitu memuaskan. Karena balok T merupakan pion utama dalam menciptakan efek ini, gerakan ini juga populer disebut ‘T-Spin’.

Apabila garis yang dihaslkan Spin Move tersebut menghasilkan line baru di atasnya, maka potongan-potongan balok di atasnya akan berubah menjadi berukuran kecil 1x1. Sedang bila line baru yang dihasilkan berada di bawah, balok-balok di bawahnya yang berubah menjadi 1x1. Sementara, bila line baru yang tercipta ada di atas dan di bawah, seluruh balok di bejana berubah menjadi 1x1, dan semuanya lenyap dari bejana, membuat bejana menjadi kosong. Meski keren dan memuaskan, menciptakan Spin Move kadang kala juga terasa menyebalkan, karena membuat niali persegi khusus yang telah saya ciptakan menjadi turun kembali ke balok asal. Sehingga menciptakan gerakan ini juga dibutuhkan pertimbangan terlebih dulu.
 
Layar permainan untuk dua orang.
Selain Spin Move, standar baru yang diperkenalkan TNT adalah ‘hold piece’, di mana kini saya bisa menyimpan balok dengan menukarnya dengan balok acak yang disediakan game ini pada awal permainan. Balok ini disimpan di kotak kecil yang ada di samping kiri/kanan bejana yang bertahan di sana sampai saya memutuskan menggunakannya atau menggantikannya dengan balok lain. Buat saya fitur penyimpanan balok ini adalah fitur yang menarik, yang membantu saya dalam merencanakan Multi-Square, Mono-Square, dan juga menyimpan balok berukuran I untuk saat-saat tertentu.

Beragam mode permainan disajikan TNT baik untuk permainan single-player maupun multiplayer. Secara single-player saya bisa memilih mau memainkannya seorang diri atau melawan komputer. Tiga mode yang bisa saya pilih dalam permainan solo adalah marathon, sprint, dan ultra. Mode marathon menguji seberapa lama saya bisa bertahan, mode sprint memberikan saya waktu tiga menit untuk menghasilkan line sebanyak mungkin, sedangkan ultra menantang saya menghasilkan 150 line dalam waktu secepat mungkin yang bisa saya capai.
 
Melawan komputer dalam mode Sprint.
Meskipun memainkan game ini seorang diri saja sudah cukup menyenangkan, namun kekuatan utama game ini ada dalam permainan multiplayer bersama rekan. Ada dua mode tambahan dalam permainan multiplayer yaitu garbage dan hot potato. Garbage, seperti namanya, adalah mode pertarungan di mana semakin banyak saya menghasilkan line, akan semakin banyak garbage yang saya kirim ke pemain lawan untuk mengancamnya, mengakhiri permainannya. Bila saya berhasil mengalahkannya, maka semua nilai line yang dihasilkannya akan berpindah kepada saya. Hot potato kurang lebih sama dengan garbage, bedanya garbage ini akan berpindah dari satu pemain ke pemain lainnya setiap kali salah satu pemain menghasilkan line.

Di antara semua mode yang ditawarkan, marathon adalah mode favorit saya bersama istri. Ya, biasanya saya memainkan TNT secara multiplayer bersama istri saya. Game ini adalah game favorit istri saya yang seringkali dimainkannya saat sedang bosan di rumah. Membangun wonder adalah elemen yang membuat istri saya begitu berminat memainkan game ini berkali-kali. Dia bahkan berhasil mencetak angka line tertinggi jauh mengalahkan saya, dengan perolehan melebihi tiga ribu line. Hal ini tentu membuat saya terkagum-kagum dan menyadari bahwa istri saya rupanya seorang gamer kasual yang cakap. 
 
Angka yang menggoda kami untuk terus memainkan game ini.
Dulu kami berdua sering memainkannya berdua di sela-sela waktu kami. Bahkan kami bisa memainkannya hingga berjam-jam lamanya. Biasanya istri saya yang mengajak saya memainkan game ini di hari libur atau ketika saya pulang kerja. Karena dengan memainkan berdua, peluang mendapatkan line untuk membangun wonder menjadi lebih banyak. Selain itu kami saling bersaing untuk membuktikan siapa yang lebih tangguh sanggup bertahan dalam mode marathon, di samping bersaing mendapatkan nilai tertinggi.

Untuk memberikan variasi permainan, saya mengajak istri saya memainkannya dengan cara yang nakal, ‘loser gets naked’, terinspirasi dari video yang ada di YouTube. Itu adalah salah satu pengalaman bermain game paling menyenangkan yang pernah saya alami, sekaligus salah satu momen kebersamaan yang tak terlupakan bersama istri saya. Saya beruntung memiliki istri yang bisa diajak bermain video game bersama dan sama-sama bisa menikmati permainannya. Saya tidak menyangka bila istri saya bisa menyukai salah satu game favorit saya. Buat saya bermain video game bersama adalah salah satu cara menumbuhkan keakraban, romantisme, dan komunikasi yang dibutuhkan dalam keharmonisan hubungan suami-istri.
 
Grafis gambar latar bejana yang menawan. (sumber gambar: youtube)
Oke, kembali ke permainan, dari segi grafis TNT merupakan sebuah game Tetris yang penuh warna. Baik balok-balok tetromino maupun latar bejana, semuanya memiliki kontras warna yang begitu tajam dan halus. Dengan memaksimalkan kemampuan N64, warna-warna ini begitu menyenangkan dipandang mata yang menurut saya semakin menambah daya tarik untuk memainkannya. Apalagi terdapat animasi tiga dimensi untuk setiap wonder yang berhasil dibangun. Menyaksikan balok-balok yang telah saya kumpulkan berubah menjadi wonder adalah salah satu kepuasan dalam memainkan game ini.

Efek-efek grafis dalam TNT terbilang keren. Saat line tercipta, balok-balok dalam garis tersebut akan rontok ke bawah yang menimbulkan perasaan menyenangkan ketika menyaksikannya. Terutama bila line tersebut dihasilkan dari persegi-persegi khusus. Perubahan kombinasi empat balok tetromino menjadi Multi-Square maupun Mono-Square pun tak kalah menyenangkannya. Membuat saya seakan menjadi seorang Alikimia yang berhasil mengubah sesuatu menjadi emas dan perak. Efek Spin Move juga tak kalah memuaskan, membuat saya bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada balok-balok di sana.
 
Permainan multiplayer hingga empat pemain. (sumber gambar: blowinmycartridge.com)
Untuk suaranya, TNT memiliki sederetan musik latar yang begitu memorabel dan menyenangkan untuk didengar. Alunan musiknya memberikan sebuah sensasi yang belum pernah saya dapatkan dari game-game lainnya, ya mungkin hanya ada di TNT. Ini dikarenakan TNT menawarkan sajian musik yang terbilang unik, dengan memadukan elemen musik elektrik dengan musik-musik etnik. Ada kalanya musik yang muncul terdengar menghentak, ada kalanya terdengar mendayu-dayu. Namun ada juga musik yang terdengar mengintimidasi, seakan memiliki kekuatan untuk membuat saya bertahan memainkan game ini.

Menariknya, dari deretan musik yang bisa dipilih, ada musik dengan elemen gamelan di dalamnya yang bernama ‘Polyasia’. Setelah saya teliti, memang ada unsur musik Indonesia dalam game ini. Hal ini tentu cukup membanggakan bila musik tradisional Indonesia digunakan dalam industri video game. Musik-musik latar ini bisa dipilih di menu option, di mana saya bisa mengatur musik apa yang ingin saya dengar dan pola pemutarannya dalam setiap permainan di TNT. Yang membuatnya semakin menyenangkan, TNT menghadirkan kembali Korobeniki, musik khas Rusia yang identik dengan game ini saat dirilis untuk konsol Game Boy. Tentu saja ini membawa elemen nostalgia ke dalam permainan.

Dengan semua elemen-elemen terbaik tersebut, bukan berarti TNT tidak memiliki kelemahan. Tidak adanya fitur peningkatan level yang dibarengi penambahan kecepatan merupakan kelemahan utama dalam game ini. Karena fitur ini adalah fitur favorit para pemain veteran Tetris, khususnya mereka yang ikut kejuaraan dunia. Semestinya developer bisa menambah mode klasik ini di antara mode-mode lainnya. Meski begitu buat saya kelemahan ini bisa dimaafkan berkat adanya fitur-fitur inovatif dalam wujud persegi spesial dan Wonder. Menciptakan Multi-Square maupun Mono-Square saja sudah cukup menghasilkan ‘keserakahan’ yang menurut saya jauh lebih berbahaya ketimbang penambahan kecepatan.
 
Tertarik bermain 'Loser Gets Naked' dengan The New Tetris?
Kesimpulannya, The New Tetris adalah sebuah variasi game Tetris yang begitu menarik. Seperti namanya, game ini benar-benar memberikan kesan baru bagi genre Tetris namun tetap adiktif untuk dimainkan. Bahkan menurut saya jauh lebih adiktif ketimbang game-game Tetris yang pernah ada. Kalau permainan single-player masih terasa belum cukup, permainan multiplayer-nya bakal membawa keseruan bermain Tetris ke tingkat baru yang membuat ketagihan. Mengumpulkan line untuk membangun wonder, membentuk Multi-Square dan Mono-Square, serta melakukan Spin Move, semua itu adalah kesenangan tersendiri yang tiada tara.

Buat saya pribadi game ini adalah salah satu game paling berkesan karena saya bisa memainkannya dan menikmatinya bersama kekasih saya, sesuatu yang sangat ingin saya lakukan sedari dulu. Game ini sangat saya rekomendasikan buat kalian yang ingin mencari permainan yang cocok dimainkan bersama pasangan. Saat romantisme dengan pasangan terasa renggang, mainkan saja game ini bersama-sama. Ini game Tetris dan siapa saja bisa memainkannya. Percayalah, membangun keajaiban (wonder) bersama pasangan akan terasa lebih menyenangkan ketimbang membangun seorang diri. (gj)

*NB: Gambar-gambar screenshot merupakan dokumentasi pribadi.

No comments:

Post a Comment