Friday, November 6, 2020

5 Game Fighting Terbaik di Nintendo DS Versi Saya

HALO Sahabat Gamer, saya Retro Lukman Gamer Jalanan, kali ini akan membahas lima game fighting alias game tarung satu lawan satu paling mantap di Nintendo DS.

Tidak seperti pendahulunya yaitu Game Boy Advance, jumlah game fighting di Nintendo DS terbilang sedikit. Namun meski sedikit, game-gamenya terbilang bagus dan mantap untuk dimainkan. 

Di antara yang sedikit itu, lima judul terbilang paling bagus, paling mantap dimainkan di Nintendo DS kapan saja, di mana saja. Bahkan menurut saya kualitasnya gak kalah sama game fighting yang ada di konsol game rumahan. Menariknya, hampir semua game tersebut adalah adaptasi dari serial animasi Jepang alias anime!

Tapi dalam daftar ini saya hanya akan memasukkan game-game yang secara resmi dirilis dalam bahasa Inggris. Jadi mohon maaf bila game keren macam Jump Ultimate Star atau Dragon Ball Kai Ultimate Butouden tidak masuk dalam daftar ini.

Baiklah tanpa banyak bicara lagi, ini dia hitungan mundur lima game fighting paling mantap di Nintendo DS versi saya, Retro Lukman...



5.

Naruto Shippuden: Ninja Destiny 2

Mengawali daftar ini ada Naruto Shippuden: Ninja Destiny 2 buatan Tomy. Hadir dalam tampilan tiga dimensi, game kedua dari serial Ninja Destiny ini mengadaptasi bagian awal serial Naruto Shippuden alias ketika Naruto sudah beranjak remaja. Jalinan cerita itu dikisahkan dalam game ini melalui mode story yang memungkinkan kita menggerakkan karakter Naruto dalam lingkungan ala RPG lengkap dengan random encounter-nya.

Meski gambarnya terbilang burik, namun Ninja Destiny 2 memiliki musik dan dan desain arena yang variatif. Kontrolnya terbilang mudah, termasuk dalam hal mengeluarkan serangan spesial atau jutsu. Begitu simpel namun terasa sangat efektif, ditambah dengan cutscene serangan yang menjadikan pertarungan dunia ninja Naruto semakin hidup. 

Karakter-karakternya juga solid, mulai dari Naruto itu sendiri, teman-teman Naruto seperti Sakura dan Rock Lee, para guru meliputi seperti Kakashi dan Yamato, hingga anggota Akatsuki di antaranya Deidara dan Sasori. Dengan permainannya yang begitu seru dan tampilan tridi yang terbilang berani, cukup mudah untuk menyimpulkan Ninja Destiny 2 sebagai salah satu game Naruto terbaik di Nintendo DS.



4.

Dragon Ball Z: Supersonic Warriors 2

Lanjut ke nomor empat ada Dragon Ball Z: SuperSonic Warriors 2. Seperti judulnya, game buatan Arc System Works ini merupakan kelanjutan dari Supersonic Warriors yang ada di GameBoy Advance. Seperti pendahulunya, Supersonic Warriors di Nintendo DS ini masih tetap mempertahankan tampilan dua dimensi yang sederhana namun terasa begitu pas. Bedanya, game kedua ini mengusung format tag-team battle sebagai sajian utamanya yang memberikan sentuhan strategi ke dalam permainan.

Dalam game ini kita masih bisa merasakan keseruan bertarung Dragon Ball Z, mulai dari terbang saling kejar, adu pukul dan tendangan, hingga tentu saja bagian paling favorit yaitu mengeluarkan serangan spesial kamehameha. Pengalaman ini begitu terasa apalagi ada beragam mode permainan yang variatif dan cukup memberikan replay value untuk terus memainkan game ini.

Karena ini game Dragon Ball, Z, tentu saja kita akan memilih sederet Z Fighters mulai dari Son Goku, Picollo, Vegeta, Gohan, Krilin, Gotenks, Cell, Frezer, Buu, hingga karakter baru dalam serial ini, Broly. Beberapa bentuk super saiya dan bentuk lain dari masing-masing karakter ini juga bisa kita dapatkan dengan melakoni sederet mode yang ada dalam game ini. Sama seperti game pertamanya, mendapatkan karakter-karakter tersebut rasanya masih begitu memuaskan.



3.

One Piece: Gigant Battle

Di nomor tiga lagi-lagi ada game adaptasi anime, kali ini One Piece: Gigant Battle. Ya, ini adalah game fighting dari serial petualangan bajak laut topi jerami Monkey D Luffy bersama teman-temannya dalam perjalanan menuju Grand Line mencari harta karun One Piece. 

Mengambil latar cerita dari petualangan di Kepulauan Sabaody hingga bab Marineford, Gigant Battle yang dikembangkan oleh Ganbarion ini menghadirkan pertarungan antar bajak laut dengan gaya ala Super Smash Bros. Game ini terbilang kaya fitur permainan, dengan mode story yang unik hingga opsi pertarungan Battle Royale yang begitu kacau namun seru dimainkan beramai-ramai.

Pilihan karakternya juga terbilang begitu bervariasi lantaran masing-masing punya gaya bertarung yang berbeda. Mulai dari jagoan kita Luffy dengan pukulan manusia karetnya, Zoro dengan tebasan pedangnya, Sanji dengan tendangan mautnya, hingga Chopper yang bisa membesarkan tubuhnya. 

Arena duelnya juga beragam yang masing-masing bersifat dinamis seperti roller coaster yang bisa muncul kapan saja menabrak para petarung atau lantai es yang bisa mencair dan menenggelamkan karakter kita.

Selain sederet karakter petarung utama yang bisa kita pilih, Gigant Battle juga memiliki fitur support character hingga tiga slot. Karakter-karakter ini bisa kita munculkan ke arena untuk membantu petarung kita sesuai dengan kemampuannya masing-masing dengan menekan layar sentuh.

Saya sebenarnya bukan penggemar One Piece mengingat ceritanya yang begitu panjang seakan tidak habis-habis. Namun setelah memainkan Gigant Battle, saya pikir saya jadi tertarik untuk mengikuti serial buatan Eichiro Oda ini.



2.

Ultimate Mortal Kombat

Di posisi runner-up alias nomor dua ada Ultimate Mortal Kombat. Ultimate Mortal Kombat menjadi satu-satunya dalam daftar ini yang bukan merupakan adaptasi anime. Game ini merupakan port dari Ultimate Mortal Kombat 3 dari Midway yang sebelumnya rilis di berbagai platform.

Sebagaimana versi-versi pendahulunya, Ultimate Mortal Kombat di Nintendo DS tampil brutal dengan sederet kekerasan visual. Hebatnya meski hadir di konsol portabel yang serba terbatas, Ultimate Mortal Kombat begitu terasa seperti versi ding dongnya alias arcade perfect.

Kontrolnya begitu mudah, namun diperlukan kelincahan untuk bisa memenangkan pertarungan demi pertarungan yang makin lama makin susah. Tetapi jangan khawatir, Ultimate Mortal Kombat sudah dilengkapi daftar tombol yang mesti ditekan untuk bisa memunculkan jurus spesial, termasuk untuk mengekseskui fitur khas serial ini, Fatality yang begitu brutal. Daftar tombol ini ada di layar atas, jadi kalian tidak perlu repot-repot membuat catatan tambahan.

Untuk karakter-karakternya masih sama dengan versi asli game ini, mulai dari Liu Kang, Scorpion, Sub Zero, Jax, hingga Shang Tsung, semuanya menarik untuk dipilih. Sebagai penggemar Mortal Kombat, jelas karakter-karakter ini punya kesan tersendiri bagi saya.

Dan yang menjadi nilai tambah dari game ini yaitu adanya fitur Puzzle Kombat, mode game puzzle ala Super Puzzle Fighter II Turbo dengan elemen khas Mortal Kombat yang gak kalah seru sama game fightingnya. Mode ini sebelumnya hadir di game PS2 Mortal Kombat Deception yang merupakan game Mortal Kombat favorit saya. Sebagai penggemar genre puzzle, tentu saja mode ini menjadi alasan tambahan kenapa saya menempatkan Ultimate Mortal Kombat di posisi nomor dua.



1.

Bleach: Dark Souls

Dan akhirnya di nomor satu, game fighting paling mantap versi saya Retro Lukman adalah..... Bleach: Dark Souls. Bila kalian mencari game fighting di Nintendo DS yang kualitasnya setara game konsol game rumahan, maka game ini adalah jawabannya. Dikembangkan oleh developer kenamaan Treasure, Bleach: Dark Souls menawarkan pengalaman game fighting yang begitu mantap dan komplet, bisa dibilang merupakan surat cinta bagi penggemar genre fighting.

Dark Souls menyempurnakan game pendahulunya, Bleach: Blades of Fates dalam berbagai segi. Dengan memperkenalkan mode-mode permainan baru, karakter-karakter baru, jurus-jurus baru, hingga kartu-kartu baru untuk digunakan. Permainannya begitu seru, cepat, intens, dan tentunya menantang, yang semuanya tersaji baik dalam mode single battle atau tag battle.

Kontrolnya begitu kompleks, apalagi juga menuntut kita hampir selalu menekan layar sentuh untuk mengeluarkan serangan spesial atau menggunakan kartu. Hebatnya semua serangan spesial itu bisa muncul begitu cepat dengan efek begitu fantastis, membawa kita terhanyut dalam pertarungan para shinigami yang begitu brutal.

Sama seperti mode Battle Royale dalam One Piece Gigant Battle, mode tag battle yang ada di game ini juga bisa terasa begitu kacau dan membingungkan ketika empat orang beradu dalam satu arena. Namun bedanya dalam Dark Souls ada dua lane arena yang memungkingkan karakter kita untuk berpindah ke belakang atau ke depan macam Fatal Fury. Alhasil kekacauan yang ditimbulkan masih bisa dihindari sekaligus memberikan elemen strategi.

Mengambil latar cerita setelah membelotnya Aizen dari Soul Society, Dark Souls memberikan pilihan untuk memainkan sederet karakter keren mulai dari jagoan utama kita Ichigo Kurosaki, Byakuya Kuchiki, Kenpachi Zaraki, Sajin Komamura, hingga tentu saja karakter cewek favorit kita semua, Orihime Inoue. Hahaha.

Seperti One Piece, Bleach juga sebenarnya buka bukan seri anime favorit saya. Tetapi memainkan Bleach Dark Souls membuat saya ingin menyaksikan kembali serial animasi yang dulu tayang di Indosiar ini.


--------


Ya itulah tadi lima game fighting paling mantap di Nintendo DS versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Bagaimana dengan sahabat gamer? apa game fighting favorit kalian ada dalam daftar ini? Atau kalian punya favorit yang lain? Share yuk di kolom komentar.

Oh iya, sebenarnya artikel ini adalah versi tulisan dari video saya di channel YouTube saya, Retro Lukman. Kalian bisa menyaksikan videonya di sini (klik).

Terima kasih teman-teman sudah membaca, Saya Retro Lukman Gamer Jalanan, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dan... salam gamer! (gj)

5 comments:

  1. Halo bang Lukman, saya sebenarnya sudah lama baca blog ini, cuman emang saya jarang komentar di mana2... Saya bukan fans nintendo, memang sempat main sih cuma lebih senang PS, karena punyanya itu wkwkwkwk. Game fighting favorit sih Bloody Roar sama Teken 3 di PS 1. Cuma mau bilang tetap semangat ngeblog bang, ulasan2nya bikin nostalgia lagi ke jaman2 kecil dulu... 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak sudah membaca. Bloody Roar dan Tekken 3 memang terbaik di PS1. :D

      Saya sekarang jarang aktif di blog, lebih banyak bikin konten vlog di YouTube. Kalau berkenan bisa mampir ke channel saya di: https://www.youtube.com/RetroLukman.

      Sekali lagi terima kasih banyak dukungannya. :D

      Delete
  2. Kalau saya sih pribadi lebih senang membaca, sekalian nostalgia juga gegara sekarang jarang beli majalah...😁 Apalagi sekarang konten review game dalam bentuk tulisan udah mulai jarang bang. Tapi saya tetap ngedukung keputusan bang Lukman, nanti saya bakal mampir juga di yutub πŸ˜πŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sorry malah ke reply di sini wkwkwkwk, maklum jarang komen...🀭

      Delete
    2. Siip. Terima kasih banyak dukungannya. Saya jadi semangat lagi nih nulis blog. Saya upayakan bisa tetap menulis dan bikin video sekaligus. :D

      Delete