Saturday, October 17, 2020

5 Game Musik Terbaik di Nintendo DS Versi Saya

HALO Sahabat Gamer, kembali lagi bersama saya Retro Lukman Gamer Jalanan. Kali ini akan membahas lima game rhythm alias game musik terbaik di Nintendo DS.

Dengan keunikan yang dimilikinya, Nintendo DS cukup menarik bagi para developer untuk membuat game bergenre musik. Game-game ini memanfaatkan ragam fitur yang ada di Nintendo DS, mulai dari layar sentuh hingga mikrofon yang dimilikinya. Kebanyakan sih pakai stylus ya mainnya.

Sebenarnya ada cukup banyak game berbasis musik di Nintendo DS, tetapi hanya sedikit yang benar-benar menyenangkan, menantang dan tidak membosankan. Di antara sederet game musik tersebut, setidaknya ada lima judul yang menurut saya merupakan game musik terbaik di Nintendo DS. Yang terbilang mengasyikkan dan cukup bikin berdendang.

Oh iya, saya hanya memilih game yang rilis dalam bahasa Inggris, jadi mohon maaf bila game-game musik keren macam Osu! Tatakae! Ouendan atau Taiko no Tatsujin tidak masuk dalam daftar ini. Baiklah, tanpa banyak bicara lagi, ini dia hitungan mundur lima game musik paling asyik di Nintendo DS.


5.

Beat City

Mengawali daftar ini ada game musik buatan Universomo, Beat City. Banyak yang menyebut game ini merupakan rip-off alias tiruan dari Rhythm Heaven dan... saya setuju. Hahaha. Apalagi cara memainkannya juga sama dengan posisi Nintendo DS vertikal ala Rhythm Heaven.

Gameplay-nya memang sangat mirip dengan Rhythm heaven. Namun Beat City memiliki keunikan yang menjadikannya punya ciri khas tersendiri, terutama adanya elemen cerita yang menarik untuk diikuti, yang disajikan dalam deretan gambar ala komik strip yang penuh warna.

Dalam game ini kita berperan sebagai Synchronizer alias Speaker Boy yang mesti menyelamatkan kotanya dari kekuasaan organisasi pembenci musik, Cachopony. Dengan bantuan alien berbentuk ikan paus, Synchronizer mesti mengembalikan irama dalam kehidupan di kotanya, dengan memulai apa yang disebut sebagai rhythm revolution.

Seperti Rythm Heaven, kontrol dalam game ini terbilang sangat sederhana yaitu menekan, menahan, dan mengesek stylus menyesuaikan irama musik. Ya walaupun menurut saya cukup sulit memainkan game ini mengingat irama yang mesti diperhatikan terdengar begitu random dan mesti mencermati gambar yang ada di layar.



4. 

Ontamarama

Berikutnya ada Ontamarama, game musik garapan Noise Factory yang hadir dengan gameplay inovatif dan cukup menantang. Dalam game ini kita berperan sebagai Beat atau Rest, ontamaestro yang mesti menyelamatkan makhluk-makhluk mungil yang disebut Ontama dari iblis jahat.

Gaya permainan game ini terbilang original, mudah dipahami namun begitu kompleks untuk dikuasai. Pasalnya selain menekan nada sesuai irama dengan tombol arah, kita mesti terlebih dahulu mengisi nada-nada itu dengan ontama-ontama yang muncul di layar dengan mengetuk stylus di layar sentuh. 

Awalnya sih mudah-mudah saja, namun makin lama makin sulit, bisa dibilang kacau sih karena kita mesti menekan tombol sekaligus mengetuk layar secara bersamaan. Ini akan merepotkan bila ada begitu banyak ontama di layar, serta ada ontama hitam yang bisa mempengaruhi performa permainan kita. Cukup membingungkan, tetapi cukup menantang bagi penggemar genre musik.



3.

Maestro! Jump in Music

Di nomor tiga ada game Maestro Jump in Music. Dikembangkan oleh Pastagames dan Neko Entertainment, game ini menggabungkan elemen musik dengan permainan auto scrolling platformer yang begitu menyenangkan. Gameplay-nya pun sederhana, dengan menggesek dan mengetukkan stylus di layar sentuh pada visual senar yang mempresentasikan irama.

Mirip seperti dua game sebelumnya dalam daftar ini, dalam Maestro kita memandu burung penyanyi dalam usahanya menyelamatkan dunia dari kebisuan akibat ulah laba-laba jahat, Staccato. Si burung penyanyi mesti melewati setidaknya enam level dengan empat sub level di masing-masing level termasuk boss battle di akhir level.

Level-level ini hadir dengan beragam tema pemandangan yang begitu indah, yang membawa penyanyi kita berpetualang mulai dari hutan belantara, lautan, luar angkasa, hingga dunia koboi. Visual pemandangan itu menjadi makin indah dengan latar musik klasik yang mengalun dan menjadi bagian penting dari permainan.

Apalagi musik yang diputar merupakan musik-musik klasik populer karya komposer legendaris dunia macam Symphony Number 5-nya Beethoven dan A Little Night Music gubahan Wolfgang Amadeus Mozart, hingga Gymnopédies buah karya Erick Satie. Penggemar musik klasik pasti bakal terpikat dengan game ini.



2.

Rhythm Heaven

Posisi runner-up dalam daftar ini yaitu Rhythm Heaven, game musik legendaris asli buatan Nintendo bekerja sama TNX Music Recordings. Dikenal di Eropa dengan nama Rhythm Paradise, game ini bisa dibilang merupakan salah satu promosi utama Nintendo untuk Nintendo DS dalam kampanye Touch Generation.

Rhythm Heaven menyajikan sederet mini game berbasis musik yang begitu unik, kreatif, dan variatif. Setiap mini game memiliki aturannya masing-masing yang berbeda satu sama lain, membuat permainannya tidak membosankan. 

Apalagi setiap mini game yang disebut Rhythm game ini hadir dengan visual yang menarik dengan representasi irama yang begitu pas, di satu sisi bisa bikin senyum-senyum sendiri. Mulai dari bermain pingpong, paduan suara, hingga memanen sayuran, semuanya dikombinasikan sedemikian rupa dengan irama musik, memberikan pengalaman audio visual yang memukau. Tanpa disadari saya sampai berdendang karenanya.

Dimainkan sepenuhnya dengan stylus dan posisi Nintendo DS vertikal, game ini memiliki kontrol yang sangat mudah namun butuh konsentrasi yang lebih untuk bisa memenangkannya. Meski demikian, setiap gerakan suara yang kita lakukan bisa terasa sempurna melengkapi musik yang tengah mengalun. Maka jangan heran bila Rhythm Heaven menjadi game musik di Nintendo DS yang paling banyak diingat para gamer. 



1.

Elite Beat Agents

Dan di nomor satu, game musik paling asyik yang pernah ada di Nintendo DS yaitu... Elite Beat Agents. Yup, versi internasional dari game eksklusif Jepang Osu! Tatakae! Ouendan buatan iNis ini menurut saya merupakan game musik paling komplet yang ada di Nintendo DS. 

Mulai dari elemen permainan iramanya, musiknya, hingga jalinan ceritanya, menjadikan Elite Beat Agents sebagai sebuah game musik yang benar-benar padat dan mampu sejajar dengan game-game terbaik pada genre-genre lainnya.

Dalam game ini kita mengendalikan trio Elite Beat Agents yang bertugas memberikan semangat dan motivasi pada orang-orang melalui tarian yang dilakukan. Kita mesti menekan, menahan, dan memutar-mutarkan stylus pada layar sesuai dengan angka hitungan yang muncul.

Serangkaian tugas mesti dilakoni Elite Beat Agents, mulai dari membantu babysitter menenangkan anak-anak, membantu sopir taksi mengantar ibu hamil ke rumah sakit, menolong dua artis yang terdampar di pulau, hingga melawan alien yang hendak menguasai bumi.

Semua misi tersebut dikisahkan dalam bentuk visual komik di layar atas Nintendo DS seiring berjalannya permainan, dengan akhir ceritanya bergantung pada penampilan tarian Elite Beat Agents. Makin banyak membuat kesalahan, maka permainan akan berakhir dan dapat ending buruk.

Yang menjadikannya berkesan adalah setiap cerita itu disajikan dengan kocak dan konyol, penuh humor yang bisa bikin terpingkal-pingkal. Malahan ada misi di mana kita mesti membantu Leonardo da Vinci untuk bisa melukis Monalisa. Serius, ada Monalisa di game ini. Hahaha.

Tetapi tidak semua ceritanya lucu sih, ada juga kisah yang sedih dan mengharukan yaitu anak perempuan yang merindukan ayahnya di hari natal. Ceritanya sangat menyentuh, tapi permainannya begitu intens dan sulit!

Seakan belum cukup, nilai lebih lain dari Elite Beat Agents yaitu deretan musik yang dimilikinya, terdiri dari lagu-lagu pop Amerika yang pernah begitu populer di masanya, bahkan sampai saat ini. Seperti Material Girl dari Madonna, Sk8er Boi dari Avril Lavigne, I Was Born To Love You dari Queen, hingga wai em si e dari Village People yang disko abis. Jangan lupakan juga Walkie Talkie Man dari Steriogram yang membuka game ini dan seakan menjadi musik utama dari Elite Beat Agents.

Buat saya, Elite Beat Agents begitu berkesan. Ini bukan hanya game musik terbaik, melainkan salah satu game Nintendo DS terbaik yang pernah ada. Saya ingat memainkannya berulang kali seharian penuh saking penasarannya dengan game ini. Sampai-sampai saya khawatir layar Nintendo DS saya pecah saking gemasnya saya berusaha memenangkan game ini. Hahaha....


---

Itulah tadi lima game musik paling asyik di Nintendo DS versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa game musik favorit kalian ada dalam daftar ini? Share yuk di kolom komentar.

Oh iya, sebenarnya artikel ini adalah versi tulisan dari video saya di channel YouTube saya, Retro Lukman. Kalian bisa menyaksikan videonya di sini (klik).

Terima kasih teman-teman sudah membaca, Saya Retro Lukman Gamer Jalanan, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dan... Salam Gamer! (gj)

No comments:

Post a Comment