Tuesday, September 24, 2019

10 Serial Anime Terbaik Versi Saya

ilustrasi My Hero Academia
Halo Sahabat Gamer, jumpa lagi dalam daftar terbaik Retro Lukman Gamer Jalanan. Namun pada edisi kali ini, saya ingin istirahat sejenak dari membuat daftar terbaik video game. Melainkan kali ini saya akan berbagi tentang serial animasi Jepang atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan anime. Yup, daftar kali ini adalah 10 serial anime terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan.

Sedikit kilas balik ke masa lalu, anime sudah menemani saya semenjak kecil, sama seperti video game. Sejak Dash Yankuro tayang di Indonesia, kemudian Doraemon, Sailor Moon, Dragon Ball, Pokemon, hingga anime yang tayang di masa mahasiswa saya seperti Naruto, Kekkaishi dan Ki-Ba. Dan sebagai anak-anak era 90-an, menonton anime adalah hal wajib setiap akhir pekan maupun di sore hari. Karenanya, banyak kesan yang ditinggalkan sederetan anime tersebut di sepanjang masa kecil dan remaja saya. Walaupun tentunya ada yang saya saksikan setelah saya dewasa.

Nah, kali ini saya akan membahas 10 serial anime terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Tentunya kesepuluh anime ini merupakan anime yang pernah saya tonton dan memberikan kesan tersendiri bagi saya. Kebanyakan anime dalam daftar ini merupakan anime klasik yang tayang di era 90-an dan juga era 2000-an yang merupakan masa-masa pertumbuhan saya. Sehingga, daftar ini dipilih sangat subjektif dan juga diliputi nostalgia.

Baiklah, tanpa banyak bicara lagi, ini dia hitungan mundur 10 serial anime terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Selamat membaca!!


10.
Crush Gear Turbo

Di posisi kesepuluh ada anime yang menjadi bahan obrolan saya dengan teman saya di sekolah semasa SMP. Saya ingat saya dan teman sebangku saya, Bastian, pernah membicarakan anime ini pada bagian turnamen Manganji Cup, pertarungan eksebisi antara Tim Tobita melawan Tim Manganji. Kami semua mengira Tobita Club menang, namun kenyataannya sesungguhnya sangat mengejutkan.

Crush Gear Turbo berkisah tentang mainan yang disebut Crush Gear yang memiliki turnamen seru. Fokus ceritanya adalah Kouya Marino, seorang pemain Crush Gear yang merupakan adik dari pemain Crush Gear andal, Yuya Marino yang sudah meninggal dunia. Bersama Garuda Eagle, Crush Gear peninggalan sang kakak, Koya dan Tobita Club berusaha menjadi pemain Crush Gear terbaik dengan mengikuti berbagai turnamen hingga tingkat dunia.


9. 
Ki-Ba

Ki-Ba merupakan anime fantasi yang bisa dibilang underrated, atau dalam bahasa video gamenya bisa disebut sebagai hidden gems. Karena faktanya, tak banyak yang mengetahui tentang anime yang menjadi basis dari permainan kartu TCG ini. Padahal, anime ini terbilang hadir dengan cerita yang fresh, dengan elemen-elemen yang kelam, penuh adegan kekerasan yang cukup membuat saya merinding dan terbayang-bayang. 

Ki-Ba menceritakan tentang Zed, remaja 15 tahun yang masuk ke dunia fantasi di mana sihir menjadi kekuatan yang berkuasa. Di dunia ini, Zed menjadi seorang Shard Caster, pengguna sihir yang bisa memanggil monster yang disebut Spirit. Zed pun melewati berbagai petualangan dalam tujuannya untuk menemukan jati dirinya, bersama Amil Gaoul, spirit miliknya yang ternyata merupakan salah satu spirit utama dalam masa depan dunia tersebut.


8.
Kekkaishi

Saat Kekkaishi tayang di Indonesia, saya sudah duduk di bangku kuliah. Namun saya masih menyempatkan menyaksikan anime yang tayang siang hari ini lantaran Kekkaishi memiliki banyak hal berkualitas dari berbagai sisinya. Mulai dari kualitas visual animasinya yang sangat jernih dan halus, ceritanya yang menarik dan selalu ada yang baru di setiap episodenya, karakter-karakternya, dan tentu saja, pertarungan-pertarungan melawan ayakashi yang begitu seru untuk diikuti.

Kekkaihsi mengisahkan tentang dua remaja penerus klan Hazama, Yoshimori dan Tokine. Sebagai penerus klan penjaga Karasumori, sebuah daerah hutan yang menyimpan kekuatan sangat besar, keduanya mesti berhadapan dengan makhluk-makhluk supranatural yang disebut ayakashi. Dalam mempertahankan Karasumori, keduanya memiliki keahlian yang disebut Kekkai, untuk mengurung dan menghancurkan ayakashi.


7.
Slam Dunk

Jujur saja, saat pertama kali menyaksikan anime ini, saya sama sekali tidak menyangka bakal tertarik untuk terus mengikutinya. Karena gaya anime ini macho sekali sih, lihat saja penggambaran para karakter utamanya, Hanamichi Sakuragi yang manly banget. Kenyataannya, Slam Dunk merupakan sebuah anime bertema olahraga yang memiliki banyak pelajaran tentang sportivitas dan kerja sama tim. Menurut saya, anime ini merupakan anime wajib bagi para pemain basket.

Slam Dunk berkisah tentang Hanamichi Sakuragi, seorang pelajar berandalan yang terpaksa bergabung dengan klub basket sekolahnya, Shohoku, demi mendapatkan cita dari primadona sekolah yaitu Haruko Akagi. Namun meski berpostur tinggi dan besar yang menunjang permainan basket, nyatanya Hanamichi mendapat lawan-lawan yang tangguh yang membuatnya mesti mempelajari bola basket dengan serius untuk bisa memenangkan kejuaraan.


6.
Pokemon

Kalau ada anime yang selalu saya nantikan kehadirannya di layar kaca, maka itu adalah Pokemon. Anime dengan aneka monster yang imut ini memang sudah membuat saya jatuh hati sejak pertama kali mengenalnya dalam wujud kartu hologram. Kecintaan saya pun semakin bertambah ketika menyadari bahwa serial ini sejatinya adalah video game di konsol game boy yang sangat seru dimainkan. Namun demikian, anime Pokemon yang masuk dalam daftar ini hanya sampai pada season Johto. Karena setelahnya, anime ini semakin membosankan walaupun pada akhirnya Ash berhasil menjadi juara liga Pokemon di 2019 ini.

Pokemon menceritakan petualangan Ash Ketchum, bocah 10 tahun asal Kota Pallet yang bermimpin menjadi Pokemon Master, sebutan bagi pelatih Pokemon terhebat. Dalam perjalanannya, Ash ditemani Pikachu, Pokemon tikus listrik dan silih berganti menangkap Pokemon-Pokemon lainnya demi mendapatkan setiap lencana gym menuju liga Pokemon.

Oh iya tahukan kalian kalau video game Pokemon itu seru-seru? Baca daftar game Pokemon terbaik versi saya di sini (klik).


5.
Digimon Adventure

Saya memang penggemar berat serial game Pokemon. Namun dalam urusan anime, saya lebih memilih Digimon Adventure. Karena dibandingkan dengan anime Pokemon, Digimon Adventure lebih seru dan menarik lantaran para anak-anak terpilih dalam serial ini berhadapan melawan kekuatan jahat yang bisa saja melukai mereka. Petualangan Taichi dan kawan-kawannya semakin seru lantaran dibumbui konflik yang sangat tajam di setiap episodenya.

Digimon Adventure merupakan anime petualangan di dunia fantasi, tepatnya dunia digital yang dipenuhi beraneka monster yang disebut Digimon. Suatu ketika tujuh anak terpilih tersedot masuk ke dunia digital dan mesti bertarung melawan Digimon-Digimon jahat. Masing-masing mereka dibantu Digimon pendamping yang bisa berubah menjadi lebih kuat seiring petualangan mereka berlangsung.


4.
Tengen Toppa Gurren Lagann

Sebelum menyaksikan animenya, saya hanya mengetahui Tengen Toppa Gurren Lagann dari gambar-gambar artwork yang bersliweran di dunia maya. Ketika pada akhirnya pertama kali menyaksikan anime ini di kanal Animax, saya langsung menyadari bahwa serial ini bukan anime mecha biasa. Saya pun mulai menyaksikannya dari awal sampai akhir, dan merasa sangat puas dibuatnya. Ini merupakan sebuah anime mecha yang akan membawa imajinasi penontonnya ke level yang jauh berbeda dari anime-anime bergenre sejenis yang pernah ada sebelumnya.

Tengen Toppa Gurren Lagann menceritakan tentang dunia di masa depan, di mana umat manusia dipaksa hidup di bawah tanah. Simon bersama temannya, Kamina, lantas menemukan Gurren Lagann, sebuah mesin pengebor yang bisa berubah menjadi robot mecha raksasa. Bersama Gurren Lagann, keduanya lantas pergi ke permukaan tanah untuk meruntuhkan kekuasaan Spiral King yang ternyata menyimpan rahasia besar yang membawa Simon jauh ke sudut semesta.


3. 
Dragon Ball

Di masa kecil saya, saat saya masih duduk di bangku kelas dua SD, Dragon Ball dikenal hanya sebatas komik. Saya rutin meminjamnya di taman bacaan dengan mengajak kakak sepupu saya. Hingga kemudian Indosiar menayangkannya di tahun 1996, saya masih ingat betul waktu itu bulan Juni, dengan waktu penayangannya sangat pagi, pukul 06.00 WIB. Dan sejak itu, saya hampir tidak pernah absen setiap hari Ahad menyaksikannya di televisi.

Seperti judulnya, Dragon Ball bercerita tentang seorang anak jago bela diri bernama Son Goku yang pergi berpetualang bersama teman-temannya dalam mengumpulkan tujuh bola naga. Apabila dikumpulkan, ketujuh bola naga ini akan memunculkan Dewa Naga yang secara ajaib bisa mengabulkan permohonan apapun. Namun petualangan Goku tidaklah mudah karena orang-orang jahat juga mengincar bola-bola ajaib itu untuk menguasai dunia.

Oh iya buat yang belum tahu, petualangan Son Goku dalam Dragon Ball juga diadaptasi jadi game action platformer yang seru di GBA, judulnya Dragon Ball: Advanced Adventure. Ulasannya bisa dibaca di sini (klik).


2.
Rurouni Kenshin

Saya dahulu mengenalnya dengan judul Samurai X, yang ditayangkan setiap sore dalam program Animax di SCTV. Awalnya tujuan saya menyaksikan Animax adalah untuk menonton Beasts Wars dan tidak sengaja menyaksikan anime ini. Siapa sangka saya malah kecanduan dan selalu berupaya bisa menyaksikannya sepulang sekolah pukul 15.00 WIB lantaran ceritanya yang seru di setiap episodenya, sampai di episode terbaiknya, pertarungan Kenshin melawan Shishio yang tak terlupakan sampai saat ini.

Anime ini seperti judulnya, bercerita tentang petualangan Rurouni Kenshin, seorang samurai pembunuh berjuluk Sang Pembantai yang bertaubat dan berusaha memulai kehidupan yang baru tanpa membunuh. Menggunakan Sakabatou, pedang dengan mata terbalik, Kenshin berusaha melindungi orang-orang di sekitarnya dari musuh-musuh yang datang silih berganti dan ancaman besar yang membahayakan negaranya. 


1.
Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Dalam perjalanan saya berselancar di dunia maya, Fullmetal Alchemist merupakan salah satu anime yang paling banyak dibicarakan. Paling banyak disebut sebagai serial anime terbaik. Saya sebenarnya menahan diri untuk tidak menyaksikan anime ini, namun rasa penasaran saya jauh lebih kuat menggoda, membuat saya pada akhirnya menyaksikan juga anime tentang alkimia ini. 

Yang saya saksikan yaitu versi adaptasi asli dari komiknya, yaitu Fullmetal Alchemist: Brotherhood yang benar-benar meninggalkan kesan di hati saya, membuat saya menjadikannya sebagai serial anime terbaik yang pernah saya saksikan. Ada begitu banyak pelajaran dan hal menarik dari serial ini. Tentang kemanusiaan, tentang politik, tentang persaudaraan, kesedihan, dan semuanya tersaji dengan sangat kompleks, penuh konflik, namun sangat seru sehingga membuat saya selalu tak sabar untuk menyaksikan episode-episode selanjutnya yang sangat-sangat memuaskan.

Fullmetal Alchemist Brotherhood berkisah tentang kakak beradik Edward dan Alphonse Elric yang dikutuk karena melakukan eksperimen alkimia terlarang. Edward kehilangan kaki dan tangannya, sementara Alphonse kehilangan tubuhnya. Keduanya berpetualangan sebagai alkemis negara untuk bisa menemukan cara mengembalikan tubuh Edward dan Alphonse seperti sedia kala.

***

Ya itulah tadi daftar 10 serial anime terbaik versi saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Bagi kalian yang ingin bernostalgia dengan judul-judul di atas, kalian bisa melihat video opening kesepuluh anime terbaik ini di FP Retro Lukman Gamer Jalanan di facebook, link-nya di sini (klik).

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, daftar ini penuh dengan elemen-elemen nostalgia saya sejak anak-anak hingga dewasa. Maka anime yang masuk dalam daftar ini pun yang tayang era 90-an dan 2000-an. Jadi jangan heran kalau anime-anime kekinian macam Black Clover, One Punch Man,
My Hero Academia, atau Goblin Slayer tidak masuk dalam daftar ini. 

Selain karena saya belum nonton anime-anime kekinian, semakin tua saya juga semakin malas nonton anime. Apalagi anime-anime zaman sekarang banyak yang mengandalkan elemen-elemen mesum macam harem, ya walaupun masih banyak juga sih anime yang berkualitas. Palingan kalaupun nonton anime, saya nonton film anime yang sekali tayang langsung tamat macam Your Name atau Silent Voice. Nah mungkin setelah ini saya bakal menulis daftar 10 film animasi terbaik versi saya. 

Kalau menurut menurut Sahabat Gamer sendiri bagaimana? Adakah di antara judul di atas itu yang juga kalian favoritkan? Atau kalian punya daftar serial anime favorit kalian sendiri? Jangan segan-segan untuk berbagi dengan menuliskannya di kolom komentar ya! (gj)

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete