Tuesday, July 3, 2018

5 Game Sepak Bola Terbaik Versi Saya

(sumber gambar: eightpixelssquare.com)

Halo Sahabat Gamer! Saya Gamer Jalanan, masih dalam suasana demam Piala Dunia 2018, daftar game terbaik kali ini juga berkaitan dengan sepak bola. Tak lain tak bukan adalah 5 game sepak bola terbaik menurut saya, Gamer Jalanan.

Sebagaimana yang sudah saya ceritakan dalam catatan saya yang berjudul “Saya, Piala Dunia, dan Sepak Bola”, game sepak bola memiliki kesan dan kenangan tersendiri dalam riwayat petualangan saya di dunia video game. Bahkan genre ini menjadi salah satu genre yang wajib saya coba di setiap konsol yang saya mainkan.

Maka tentu ada lebih dari satu game sepak bola yang pernah saya mainkan. Beberapa di antaranya meninggalkan kesan yang mendalam bagi saya dan menjadi yang terbaik menurut saya, Gamer Jalanan. Setelah saya hitung-hitung, saya bisa membuat daftar game terbaik yang berisi 5 game sepak bola.

Perlu diketahui bahwa game sepak bola yang menurut saya bagus adalah game yang mampu memberikan pengalaman bermain yang seru dan menyenangkan. Dalam hal ini, simulasi permainan sepak bolanya dapat dihadirkan dengan sangat baik dan sederhana. Lantas selain itu, juga memiliki fitur-fitur yang membuat saya betah memainkannya berkali-kali. 

Jadi grafis bagus belum tentu menjadikan game ini menyenangkan untuk dimainkan, setidaknya menurut pandangan saya. Selain itu, ketimbang memiliki kelengkapan elemen sepak bola mendekati aslinya, seperti lisensi dan detail fisik pemain maupun tim, saya cenderung lebih menyukai game yang memiliki tampilan sederhana namun memikat. Jadi jangan heran bila kalian mendapati bila daftar ini didominasi oleh game-game sepak bola di konsol retro ketimbang next-gen.

Baiklah, tanpa banyak cakap, inilah dia hitungan mundur 5 game sepak bola terbaik versi saya, Gamer Jalanan, selengkapnya!


***


5. Pocket League Story 2
(Android)

(sumber gambar: pocketgamer.co.uk)
Sebenarnya saya menemukan game ini secara tidak sengaja di awal-awal saya memiliki smartphone. Saya, Gamer Jalanan, tertarik dengan grafisnya yang imut. Ternyata di balik keimutannya yang bergaya retro, Pocket League Story 2 di Android memiliki gameplay yang sangat menyenangkan. Dalam game ini memungkinkan saya menjadi manajer klub sepak bola yang merintis karier dari tingkat dasar. Pocket League Story 2 menunjukkan bahwa grafis yang sederhana pun bisa menyajikan gameplay yang mengasyikkan.


4. FIFA 11
(NDS)


FIFA 11 merupakan game sepak bola terbaik di konsol portabel menurut saya Gamer Jalanan. Game ini memungkinkan saya membangun sebuah klub “dream team” dan mengikuti turnamen setengah kompetisi yang berjenjang di fitur Ultimate 11. Termasuk memasukkan karakter saya sendiri ke dalam tim. Selain Ultimate 11, ada juga mode Manager, yang memungkinkan saya mengikuti liga-liga besar Eropa, khususnya Liga Inggris. Sayangnya tim-tim nasional dalam game ini hanya bisa melakoni friendly match, tak bisa bermain dalam turnamen sebagaimana yang selalu ada dalam game-game sepak bola terdahulu. Baca ulasan saya mengenai game ini di sini (klik).


3. Super Mario Strikers
(GameCube)


Game Super Mario bertema olahraga selalu menarik perhatian saya, Gamer Jalanan. Termasuk gamenya yang bergenre sepak bola, Super Mario Strikers di GameCube. Game ini menurut saya sukses menghadirkan permainan sepak bola bergaya arcade yang simpel namun sangat seru. Ditambah lagi ada fitur tendangan super yang menurut saya menjadi salah satu nilai jual game ini.  Super Mario Strikers membuktikan bahwa tak perlu beragam lisensi dan realisme untuk menghasilkan game sepak bola yang mengasyikkan.


2. Striker
(Mega Drive)


Striker merupakan game sepak bola yang terlupakan di era 16-bit. Padahal, game ini memiliki fitur yang sangat lengkap pada masanya. Mungkin bisa dibilang game ini merupakan game sepak bola yang kehadirannya mendahului zamannya. Karena game ini memiliki semua tim nasional sepak bola dunia, termasuk Indonesia. Pun begitu dengan serangkaian liga-liga besar di Eropa juga bisa dimainkan di game ini. Selain itu, saya bisa melakukan kustomisasi pada nama klub dan nama para pemainnya. Striker juga termasuk canggih karena memiliki fitur pengaturan layar kamera, malahan mungkin menjadi satu-satunya game sepak bola di era 16-bit yang memiliki fitur ini. Seakan belum cukup, game ini juga memiliki mode indoor soccer alias futsal. Maka tak heran bila game ini masuk dalam daftar 10 game Mega Drive terbaik versi Gamer Jalanan.


1. International Superstar Soccer Deluxe
(SNES)


Merupakan game yang paling banyak dibicarakan pada masanya, dan saya tak heran. International Superstar Soccer atau sering disingkat ISS, memang sangat fenomenal di era 16-bit. Selain menjadi game sepak bola pertama yang memiliki fitur komentator, ISS juga hadir dengan grafis yang paling realistis kala itu. Gameplay-nya juga terbilang mudah diakses dan fitur-fiturnya yang inovatif, menjadikan ISS sebagai salah satu game sepak bola paling diingat bahkan sampai era kekinian. Game inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya serial sepak bola populer masa kini, Pro Evolution Soccer (PES) alias Winning Eleven.


****


Itulah tadi lima game sepak bola terbaik versi saya, Gamer Jalanan. Selain lima game di atas, masih banyak game sepak bola lainnya yang saya gemari. Misalnya Sensible Soccer, ISS Pro 98, dan FIFA Road to World Cup 98. Namun lima game dalam daftar inilah yang menurut saya paling berkesan di sepanjang perjalanan video game saya sebagai gamer retro dan gamer jalanan.

Oh iya, cuplikan dari game-game yang ada di daftar ini bisa juga kalian lihat di channel YouTube saya di Retro Lukman (klik di sini). Jangan lupa subscribe ya untuk mendapatkan update terbaru dari daftar game terbaik versi Retro Lukman Gamer Jalanan. Karena ada daftar terbaik yang eksklusif tayang hanya di YouTube.

Kalau bagi sahabat gamer sendiri, apa nih game sepak bola favorit kalian? PES? FIFA? Supershot Soccer? Yuk share game sepak bola favorit kalian di kolom komentar. Saya Gamer Jalanan, sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.... Salam Gamer! (gj)


1 comment: