Thursday, November 3, 2016

Hasrat Berjualan Kopi Sehat di Dunia Maya

(sumber gambar: genesistransformation.com)
Halo sahabat gamer di manapun berada, saya Gamer Jalanan, kali ini saya ingin menceritakan salah satu impian saya yang Insya Allah akan saya wujudkan dalam waktu dekat. Impian tersebut adalah memiliki bisnis sendiri, dalam hal ini berdagang. Keinginan untuk memiliki usaha saya sendiri sebenarnya sudah muncul sejak lama, sejak saya masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Akan tetapi saat itu saya masih belum tahu jenis bisnis seperti apa yang ingin saya geluti. Saya masih belum tahu mau menjual jenis barang atau jasa seperti apa.

Karena belum memiliki pandangan yang jelas itulah sehingga keinginan berwiraswasta mandiri tersebut pun menjadi terlupakan. Kesibukan saya bekerja sebagai karyawan membuat saya tidak sempat memikirkan peluang-peluang bisnis yang bisa saya lakukan. Selain itu, saya juga belum memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha. Hingga kemudian seiring perjalanan waktu, keinginan berwiraswasta kembali muncul setelah beberapa kali saya bertemu para pengusaha sukses yang menjadi narasumber saya. Pekerjaan sebagai wartawan memang menuntut saya bertemu banyak orang, termasuk para pengusaha.

Dari pertemuan dengan para pengusaha tersebut, keinginan untuk berbisnis kembali muncul. Akan tetapi saya masih belum memiliki gambaran mau berbisnis apa. Ada beragam jenis peluang usaha di luar sana, yang semuanya menjanjikan keuntungan yang menarik. Akan tetapi kebanyakan peluang- usaha tersebut membutuhkan modal yang tidak sedikit serta keterampilan khusus yang mumpuni. Kedua hal ini, modal dan keterampilan, adalah dua hal yang belum saya miliki. Pendapatan saya sebagai karyawan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sementara saya tidak punya waktu untuk belajar hal-hal baru yang dibutuhkan peluang-peluang usaha tersebut.

(sumber gambar: muliaprimanta.com)
Meski begitu, keinginan berbisnis terus ada dalam sanubari saya. Karena di masa sekarang ini akan sulit bila hanya mengandalkan gaji sebagai karyawan. Hingga kemudian geliat toko online maupun jual beli online yang tengah booming lantas menarik perhatian saya. Saya melihat, dengan adanya internet memudahkan orang-orang untuk berdagang. Memiliki toko online baik yang berdiri sendiri di website mandiri maupun yang menumpang pada beragam situs platform marketplace. Melihat hal itu membuat saya memutuskan untuk membuka toko online saya sendiri, berencana untuk berdagang secara online. Tapi sekali lagi, apa yang bisa saya jual?

Alhamdulillah pada awal tahun 2016 lalu saya dipertemukan dengan salah satu produsen produk-produk herbal ternama, PT Herba Penawar Al-Wahida Indonesia atau disingkat PT HPAI. Perusahaan yang dimiliki oleh kaum muslim ini menawarkan keagenan kepada saya, dengan biaya pendaftaran yang sangat murah dan terjangkau. Saya pun berkenalan dengan produk-produk herbal alami produksi perusahaan ini yang semuanya dijamin halal, aman, sehat, dan berkhasiat. Sejak saat itu saya mulai menjual produk-produk dari PT HPAI ini dengan produk unggulannya Minyak Herba Sinergi dan Extra Food.
(sumber gambar: hpaindonesia.net)
Saat itu saya menjual produk-produk unggulan dari PT HPAI ini sebatas melalui jejaring sosial Facebook. Saya pun membuat akun jualan di beberapa marketplace dan menawarkan produk-produk HPAI di sana. Saya belum berencana membuat toko online yang berdiri di website mandiri karena saya pikir akan sulit untuk membuat dan mengelola sebuah website dengan domain dan hosting milik sendiri. Selain saya berpikir itu proses pembuatannya pasti akan rumit dan biayanya tidak sedikit. Apalagi produk-produk yang saya jual keuntungannya tidak terlalu banyak.

Hingga kemudian PT HPAI mengeluarkan sebuah produk baru yang langsung menarik perhatian saya. Produk tersebut bernama ‘Kopi 7 Elemen’, sebuah minuman kopi yang diramu dengan tujuh elemen herba alami yang berkhasiat untuk kesehatan. Konon kopi ini bisa meningkatkan dan menjaga stamina, menghilangkan pegal-pegal dan masuk angin, bahkan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nilai lebihnya adalah kopi ini tidak memiliki efek samping yang merugikan tubuh karena terbuat dari 100 persen herba alami yang kombinasinya bisa menetralkan kadar kafein dalam kopinya.
(sumber gambar: khasiatherba.wordpress.com)
Karena penasaran saya pun mencoba meminum kopi ini yang ternyata rasanya enak. Khasiatnya pun terbukti, badan saya yang sebelumnya sering capek-capek kini jadi segar bugar. Kini saya tidak lagi gampang masuk angin. Hubungan suami-istri pun jadi lebih harmonis. Kopi ini benar-benar berkhasiat untuk kesehatan badan. Pantas saja memang kalau melihat komposisinya yang terdiri dari bunga gula palm, buah mengkudu, kulit manggis, akar jahe, batang kayu angin, biji jintan hitam, dan daun sendok. Ketujuh herba ini merupakan herba obat yang telah dipercaya sebagai obat-obatan tradisional.

Melihat khasiat yang dimilikinya, saya menyadari bila kopi sehat ini memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan namanya yang terdengar keren, yaitu ‘Kopi 7 Elemen’, tentu akan mudah menarik perhatian. Karenanya saya pun terpikir untuk membuat toko online dengan nama kopi ini. Tapi kali ini, saya akan membuat toko online di website mandiri dengan domain dan hosting milik saya sendiri, yang saya rencanakan akan bernama ‘Kafe Tujuh Elemen’, dengan alamatnya di www.tujuhelemen.com, bila belum ada yang menggunakan nama ini. Saya berpikir dengan menggunakan situs atau website mandiri akan menimbulkan lebih banyak kepercayaan kepada calon pembeli.
(sumber gambar: entrepreneur.com)
Masalahnya adalah, seperti yang sudah saya katakan, yang saya tahu membuat website itu sulit. Saya bukan programer ataupun jebolan teknologi informasi, jadi saya tidak tahu tentang bahasa-bahasa pemrograman atau coding di internet. Saya awam dengn semua itu. Sementara menyewa webmaster untuk membuat dan mengelola website saya tentu membutuhkan biaya lebih. Kalaupun nekat membuatnya sendiri, saya takut akan berantakan, membutuhkan waktu lama dan hasilnya tidak maksimal.

Tapi syukurlah beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah artikel di internet tentang cara membuat website sendiri dengan mudah. Artikel tersebut menerangkan secara gamblang bagaimana caranya membuat website sendiri setelah domain dan hosting saya aktif. Saya pun kini bisa tahu bagaimana caranya membuat static website, membuat database baru, mengunggah file ke website, hingga membuat toko online saya sendiri. Sekarang saya jadi tahu kalau membuat website sendiri itu ternyata tidak sulit, bahkan sangat mudah.
(sumber gambar: domainesia.com)
Dari artikel ini saya berkenalan dengan DomaiNesia, salah satu layanan penyedia domain dan hosting terpercaya di Indonesia. Menariknya dari yang saya baca, DomaiNesia menyediakan CMS untuk membuat toko online sendiri. Ini tentu sesuai dengan keinginan saya untuk membuka toko online sendiri. Apalagi banyak testimoni yang menyarankan saya untuk membeli domain dan hosting dari provider ini. Setelah melihat situsnya, saya semakin yakin untuk menggunakan jasa DomaiNesia karena biayanya yang relatif terjangkau.

Kini saya sudah memiliki bekal berarti berbisnis, membuka toko online saya dengan website sendiri. Saya punya produk luar biasa dengan nilai jual tinggi, saya tahu cara membuat website sendiri, dan saya tahu penyedia layanan domain dan hosting yang terpercaya. Yang mesti saya lakukan sekarang adalah menyisihkan sedikit penghasilan dan juga waktu saya untuk mulai membuatnya dan mengelolanya. Insya Allah tahun depan, di tahun 2017 saya sudah memiliki toko online yang merupakan bisnis saya sendiri.

(sumber gambar: bussinessnewsdaily.com)
Rencananya di toko online ini saya bukan hanya menjual ‘Kopi 7 Elemen’, tapi juga produk-produk herbal lainnya yang halal, aman, dan berkhasiat. Dan bukan tidak mungkin bila dari website ini saya bisa mengembangkannya menjadi sebuah kafe fisik yang eksis di dunia nyata. Karena selain berdagang, saya juga berkeinginan membuka kafe saya sendiri. Saya berencana membuka kafe bertema herbal, di mana semua minumannya merupakan minuman herbal yang sehat, halal, aman, dan berkhasiat. Mulai dari kopi, teh, susu, hingga cokelat yang semuanya itu dimiliki HPAI.

Itulah tadi sedikit cerita tentang rencana bisnis saya, membuka toko kopi sehat online dan juga kafe herbal. Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa ide saya ini menginspirasi kalian untuk ikut merencanakan bisnis kalian sendiri? Percaya sama saya deh, punya bisnis sendiri itu menyenangkan. Tentunya bisa membantu keuangan di masa yang sulit ini. Syaratnya ya mesti tekun dan pantang menyerah dalam mengelolanya. Semoga bisnis saya dan bisnis kalian nantinya akan selalu berkembang. Aamiin. Terima kasih telah membaca catatan saya ini dan... Salam Gamer. (gj)

No comments:

Post a Comment