Sunday, August 23, 2020

5 Game Puzzle Kasual Terbaik di Nintendo DS Versi Saya

HALO Sahabat Gamer. Saya Retro Lukman Gamer Jalanan, kali ini akan membahas lima game puzzle kasual yang paling saya favoritkan dan paling sering saya mainkan di konsol Nintendo DS.

Game ber subgenre puzzle kasual menjadi salah satu nilai jual yang dimiliki Nintendo DS. Lantaran target utama penjualan konsol ini awalnya adalah untuk kalangan non gamer yang tidak bermain video game secara aktif. Puzzle kasual menjadi daya tarik karena bersifat kasual tentunya, dengan permainan yang mudah dipahami siapa saja.

Sebenarnya ada banyak game bergenre puzzle kasual di Nintendo DS. Namun di antara banyak game tersebut, setidaknya ada lima yang paling saya favoritkan dan paling sering saya mainkan khususnya di waktu senggang. Perlu diketahui bahwa subgenre puzzle adventure berbeda dengan puzzle kasual yang lebih bersifat fleksibel dan memiliki replay value tinggi. Makanya game puzzle macam Professor Layton atau Phoenix Wright tidak masuk dalam daftar ini. 

Baiklah, tanpa banyak bicara lagi,  ini dia lima game puzzle kasual terfavorit versi saya, Retro Lukman selengkapnya.


***


5.

Big Brain Academy

Game ini bisa dibilang merupakan versi lebih fun dari game Brain Age. Bedanya, selain dimainkan dengan cara memegang Nintendo DS normal, Big Brain Academy menghitung massa otak kita, bukan usia otak. Dalam game ini ragam permainannya lebih berwarna dan lebih banyak gambar, dengan sederet teka-teki logika matematika untuk dipecahkan. Big Brain Academy menghitung massa otak kita lewat serangkaian latihan meliputi berpikir, mengingat, menganalisa, menghitung, dan mengidentifikasi. Setelah menyelesaikan kelima bentuk tes tersebut, kita akan disuguhi hasil test berupa massa atau berat otak kita dengan disertai pekerjaan yang sesuai dengan massa otak kita tersebut. 

Game ini sangat cocok dimainkan secara mutiplayer dalam mode versus, sekadar seru-seruan mencari tahu siapa yang memiliki otak paling besar.


4.

Bookworm

Bookworm aslinya bukanlah game Nintendo DS, melainkan game PC dari PopCap Games yang begitu populer di masanya. Seperti game-game PopCap lainnya, Bookworm benar-benar terasa kasual dan sangat tepat untuk mengisi waktu luang. Apalagi permainannya terbilang unik, di mana kita mesti menghubungkan huruf-huruf menjadi kosa kata bahasa Inggris. Permainan semakin menantang dengan adanya api yang membakar huruf yang mesti segera dijadikan kata sebelum jatuh dan membakar buku alias game over. 

Selain menjadi teman yang pas untuk mengisi waktu luang, dengan bermain Bookworm kita juga jadi bisa belajar kata-kata bahasa Inggris yang tentunya menambah pembendaharaan kosa kata kita. Untuk Nintendo DS sendiri game ini dimainkan dengan memegang konsolnya seperti membaca buku sebagaimana game Brain Age.


3.

Meteos

Meteos merupakan game puzzle kasual bertemakan petualangan luar angkasa yang terbilang orisinal, walaupun sedikit meminjam elemen dari subgenre match-3. Dalam game ini kita mesti menggerakkan balok-balok yang disebut Meteos secara vertikal, untuk membentuk minimal tiga kesatuan balok yang berlambang sama agar bisa meluncurkannya ke atas hingga keluar dari layar untuk menghancurkannya. Game ini memiliki mode story yang disebut Star Trip, di mana kita berperan sebagai satu dari 32 ras alien yang mengendalikan pesawat luar angkasa dalam menghancurkan balok-balok meteos yang mengancam keselamatan planet mereka masing-masing. 

Game ini memiliki sekuel di Nintendo DS dengan gambar karakter-karakter Disney berjudul Meteos Disney Magic. Oh iya, game ini didesain oleh pencipta Super Smash Bros, Masahiro Sakurai lho.


2.

Zoo Keeper

Zoo Keeper adalah game mencocokkan gambar match three ala Bejeweled atau Candy Crush Saga. Seperti namanya, penjaga kebun binatang, dalam game ini kita mesti mencocokkan gambar-gambar kepala binatang yang imut dan membentuk tiga rangkaian horizontal atau vertikal. Permainan utamanya ada di layar bawah dengan menggunakan stylus untuk menggeser ikon binatangnya, sementara di layar atas menampilkan gambar salah satu binatang yang berganti di setiap level. Apabila kita mencocokkan gambar yang sama seperti gambar binatang di layar atas, maka akan mendapat bonus nilai. 

Di Nintendo DS sebenarnya ada juga game Bejeweled, tetapi saya lebih suka memainkan Zoo Keeper karena gambar-gambar binatangnya yang lucu dan juga musiknya yang terdengar kocak. Oh iya, game ini juga ada di GBA, judulnya Zooo dengan tiga huruf O.


1.

Tetris DS

Dan di nomor satu yang paling saya favoritkan, apalagi kalau bukan Tetris DS. Buat yang sering baca blog saya pasti sudah tahu kalau saya suka banget sama Tetris DS. Malahan game inilah alasan utama saya membeli Nintendo DS. Makanya game ini jadi game puzzle kasual terfavorit saya di Nintendo DS. Karena buat saya ini bukan sekadar game Tetris, ini adalah nostalgia. 

Dalam game ini sembari bermain Tetris kita juga akan disajikan ragam musik dan visual dari game-game klasik Nintendo NES 8-bit yang pernah populer, mulai dari Super Mario Bros, Excite Bite, Ice Climber, hingga Balloon Fight. Dari segi gameplay pun Tetris DS terasa begitu solid ketimbang game-game Tetris sejenis. Ada banyak mode permainan yang seru dalam game ini, tetapi tetap saja Marathon Tetris menjadi yang paling saya favoritkan. 


***


Itulah tadi lima game puzzle kasual favorit saya, Retro Lukman Gamer Jalanan. Kelima game ini selalu menjadi pilihan utama untuk saya mainkan ketika senggang atau mengisi waktu luang bersama Nintendo DS. Bagaimana menurut teman-teman? Apa game puzzle kasual favorit kalian ada dalam daftar ini? Apa saja game puzzle kasual yang jadi kegemaran kalian di Nintendo DS? Jangan segan menuliskan di kolom komentar ya.

Oh iya, sebenarnya artikel ini adalah versi tulisan dari video saya di channel YouTube saya, Retro Lukman. Kalian bisa menyaksikan videonya di sini (klik).

Saya Retro Lukman Gamer Jalanan, terima kasih sudah menyaksikan, sampai jumpa lagi di video berikutnya dan... Salam Gamer! (gj)

No comments:

Post a Comment