Sunday, July 19, 2020

8 Game yang Jadi Alasan Membeli Nintendo 3DS

Artwork Nintendo 3DS.
HALO Sahabat Gamer, Saya Retro Lukman Gamer Jalanan. Seperti Nintendo DS, Nintendo 3DS sekarang juga sudah ada emulatornya yaitu Citra. Tetapi sejak saya membeli konsol asli Nintendo DS, saya jadi tidak lagi tertarik bermain menggunakan emulator. Saya malah lebih memilih membeli konsol asli Nintendo 3DS, yang akhirnya bisa terbeli pada 2019 lalu (cerita pembeliannya bisa dibaca di sini).

Selain faktor kenikmatan permainan yang sesungguhnya serta efek tiga dimensi yang hanya bisa dirasakan di konsol aslinya, tentu saja sederetan judul gamenya membuat saya begitu tertarik ingin memiliki Nintendo 3DS. Ada banyak sih, tetapi setidaknya ada delapan game yang paling membuat saya ingin membeli Nintendo 3DS. Game apa sajakah itu? Ini dia hitungan mundurnya...


8.
Professor Layton Vs. Phoenix Wright: Ace Attorney


Mengawali daftar ini adalah game crossover alias persilangan dari dua serial visual novel favorit saya di Nintendo DS, Professor Layton dan Phoenix Wright Ace Attorney. Yup, Professor Layton Vs. Phoenix Wright Ace Attorney. Saya begitu antusias kala mengetahui kabar kedua serial ini bakal berkolaborasi dalam satu game crossover. Bisa dibilang ini merupakan crossover idaman yang sangat pas.

Makanya ketika saya akhirnya memiliki Nintendo 3DS, game ini adalah yang paling pertama kali saya mainkan sampai tamat. Game yang dibuat oleh Level-5 dan Capcom secara bersama-sama ini terasa sangat memuaskan, karena saya bisa memecahkan puzzle ala Professor Layton sekaligus menemukan kontradiksi ala Phoenix Wright hanya dalam satu game saja.


7.
Mario Kart 7


Di nomor tujuh ada seri ketujuh dari Mario Kart, yaitu Mario Kart 7. Serial balapan paling seru dari Nintendo yang berisikan karakter-karakter Super Mario ini bisa dibilang tidak pernah absen di konsol Nintendo. Bagi banyak orang termasuk saya, game Mario Kart hampir selalu menjadi alasan untuk memiliki konsol buatan Nintendo. Dalam hal ini Mario Kart 7 menjadi alasan untuk memiliki Nintendo 3DS. 

Yang membuat saya begitu penasaran memainkan game ini adalah fitur kustomisasi kendaraannya yang menurut saya unik karena memungkinkan saya mengkreasikan kendaraan yang sesuai dengan keinginan saya. Fitur lainnya adalah kemampuan melayang dan juga menyelam yang menurut saya sangat keren.

Jadi tidak butuh banyak alasan untuk memainkan Mario Kart 7, karena gamenya begitu seru dengan setiap mode permainan yang dimilikinya. Tak heran bila sampai sekarang game ini masih ramai dimainkan secara online. Kok pas banget ya, di nomor tujuh, gamenya Mario Kart 7. Hahahaha. :D

6.
Final Fantasy Explorers


Berikutnya ada Final Fantasy Explorers, game action RPG ala Monster Hunter yang bertemakan dunia Final Fantasy dari Square Enix. Keinginan saya memainkan Final Fantasy Explorers berawal dari kesukaan saya terhadap game Final Fantasy pertama, Final Fantasy I yang saya mainkan di GBA dalam kompilasi Dawn of Souls. 

Pasalnya Final Fantasy Explorers memiliki fitur kustomisasi kelas dan nama dengan karakternya yang tidak terikat pada plot cerita sebagaimana dalam Final Fantasy I. Karenanya ketika saya melihat trailer Final Fantasy Explorers, saya langsung antusias untuk langsung memainkan game ini, walaupun genrenya seperti monster hunter, bukan tarditional RPG.

Berniat mengulang nostalgia, Final Fantasy Explorers menjadi game pertama yang sangat ingin saya mainkan di Nintendo 3DS, menjadi alasan pertama saya untuk membeli Nintendo 3DS. Walaupun saya akui, kenyataannya game ini tidak semenarik yang saya bayangkan.


5.
Pokemon UltraMoon

Serial Pokemon tidak ketinggalan masuk dalam daftar ini yaitu lewat Pokemon UltraMoon. Pokemon merupakan salah satu serial favorit saya di konsol handheld Nintendo. Sebenarnya sudah ada tiga pasang game Pokemon yang lebih dahulu hadir sebelum UltraSun dan UltraMoon. Tetapi baru ketika GameFreak merilis Pokemon UltraSun dan UltraMoon, saya menjadi tertarik untuk membeli konsol 3DS demi memainkan game Pokemon. 

Ini karena game Pokemon UltraSun dan UltraMoon merupakan versi lebih sempurna dari Pokemon Sun & Moon, dengan lebih banyak fitur permainan yang lebih menarik. Menurut saya UltraSun dan UltraMoon merupakan versi komplet dari game Pokemon yang ada di Nintendo 3DS, dengan mengusung serangkaian konsep baru nan unik dan menarik, khususnya tentang dimensi lain yang ada di dunia Pokemon. Karena saya suka versi ketiga macam Emerald dan Platinum, maka jelas saya akan menyukai UltraSun dan UltraMoon yang merupakan versi definitif dari Pokemon generasi ketujuh.

Di antara kedua game ini saya lebih memilih UltraMoon karena Sandhsrew yang merupakan Pokemon favorit saya, hanya tersedia di versi UltraMoon. Apalagi Sandshrew memiliki bentuk barunya di Alola yang menurut saya keren abis. Membuat saya menjadi tidak sabar untuk memainkan versi tiga dimensi dari serial Pokemon di Nintendo 3DS.


4.
Mario Sports Superstars


Di nomor empat ada game kompilasi olahraga bertema Super Mario, Mario Sports Superstars. Saya adalah penggemar game olahraga atau game sport bertema Super Mario. Favorit saya adalah Mario Tennis dan juga Mario Strikers. Makanya ketika Nintendo mengumumkan game Mario Sports Superstars yang merupakan kompilasi lima game olahraga bertema Mario, yang di dalamnya ada tenis dan sepak bola, saya langsung tertarik untuk bisa memainkannya. 

Pada akhirnya setelah memiliki Nintendo 3DS, saya membeli kartrid gamenya dalam kondisi baru, dan mendapatkan Amiibo Card Donkey Kong. Kompilasi game olahraga ini sangat menarik karena memiliki replay value yang bisa dibilang tidak terbatas buat gamer kasual seperti saya. Kapanpun saya butuh hiburan untuk sekadar refreshing, bermain tenis dan sepak bola secara virtual di Nintendo 3DS merupakan solusi yang tepat.


3. 
Metroid Prime: Federation Force


Percaya atau tidak, game yang ada di urutan ketiga ini adalah salah satu game yang paling banyak dibenci penggemar Metroid saat pertama kali diumumkan. Tetapi bagi saya, yang merupakan penggemar Serial Metroid sejati. Hahahaha, game Metroid Prime: Federation Force adalah impian yang menjadi kenyataan. Sejak memainkan serial Metroid, saya selalu membayangkan bisa bermain sebagai diri saya sendiri dalam petualangan di luar angkasa seperti yang dilakoni bounty hunter Samus Aran. 

Dan keinginan tersebut bisa saya wujudkan lewat game bergenre first person shooter ini. Makanya jangan heran kalau Metroid Prime: Federation Force buatan Next Level Games ini menjadi game fisik paling pertama yang saya beli untuk Nintendo 3DS. Beruntungnya saya mendapatkan harga yang sangat murah untuk kondisi baru game ini, yaitu seharga 95 ribu rupiah.

Berkat game ini pula saya berkenalan dengan gamer asal Meksiko yang menjadi rekan multiplayer online saya dalam petualangan luar angkasa di semesta Metroid ini. Game ini memang lebih cocok dimainkan secara multiplayer, karena kalau memainkannya sendirian akan terasa sangat sulit.


2.
Donkey Kong Country Returns 3D


Donkey Kong Country Returns 3D sebenarnya bukan benar-benar game baru di Nintendo 3DS. Game ini adalah port dari game reboot Donkey Kong Country di Nintendo Wii yaitu Donkey Kong Country Returns namun dengan tambahan fitur 3D dan juga tambahan level yang membuat petualangannya menjadi lebih panjang. Kenangan akan trilogi Donkey Kong Country di konsol 16 bit Super Nintendo alias SNES membuat Donkey Kong Country Returns 3D menjadi game yang wajib untuk saya jajal. Lantaran serial Donkey Kong Country dikenal sangat menantang dan seru dimainkan. 

Karena itu game ini menjadi game pertama yang saya bayangkan untuk bisa saya mainkan ketika saya memiliki Nintendo 3DS. Dan sebuah kebahagiaan tersendiri ketika saya akhirnya bisa memiliki kartrid fisik dari game ini. Ternyata meski sudah tidak lagi dikembangkan oleh developer aslinya yaitu Rareware, Donkey Kong Country Returns 3D buatan Retro Studios ini masih tetap mengasyikkan layaknya game trilogi pendahulunya. Malahan menurut saya ini merupakan salah satu game sempurna dalam segala segi yang ada di Nintendo 3DS.


1.
Shovel Knight


Jujur saja saya tidak percaya bila game ini bakal menjadi alasan utama saya membeli Nintendo 3DS. Kalian mungkin juga akan kaget ya, kenapa di antara game-game keren kekinian yang ada, saya justru baru benar-benar tertarik membeli konsol Nintendo 3DS gara-gara game ini. Padahal game ini juga bukan game eksklusif Nintendo 3DS karena hadir di berbagai platform video game lainnya.  Well, game itu adalah.... Shovel Knight.

Saya dahulu begitu penasaran dengan game indie buatan Yacht Club Games ini karena game ini mendapat banyak pujian padahal tampilannya begitu sederhana. Sehingga membuat saya sangat tidak sabar memiliki Nintendo 3DS demi bisa memainkan game ini. Dan setelah memainkannya, saya pun menyadari kenapa game ini bisa begitu banyak dibicarakan.

Yup, jangan tertipu dengan grafis dan suaranya yang jadul dan klasik ala 8-bit Nintendo NES. Karena Shovel Knight nyatanya sangat seru untuk dimainkan. Tampilannya yang retro abis juga memunculkan nostalgia, khususnya bagi saya yang tumbuh besar dengan game-game berkualitas piksel khas NES. Nama YouTube saya aja Retro Lukman. Hahahaha. :D

Shovel Knight bisa dibilang versi sempurna dari genre side-scrolling platformer 2D klasik, dengan menggabungkan elemen-elemen permainan retro klasik macam Zelda II dan Duck Tales (Woo Hoo!!). Bukan sekadar gameplay yang seru, game ini juga memiliki elemen cerita dan sederet karakter yang begitu menarik. Seakan belum cukup, game ini memiliki tiga DLC di Nintendo 3DS dengan karakter utama baru serta petualangan baru yang fresh dan semakin memperpanjang permainan dalam game ini. Menurut saya, versi Nintendo 3DS merupakan versi terbaik dari Shovel Knight karena praktis bisa dimainkan di mana saja berkat portabilitas yang dimiliki Nintendo 3DS.


****

Itulah tadi tujuh game yang menjadi alasan saya membeli Nintendo 3DS. Kalian mungkin tidak percaya dengan daftar ini, saya sendiri juga masih tidak percaya kok, apalagi buat yang nomor satu. Hahahaha. Oh iya, sebenarnya artikel ini adalah versi blog dari video saya yang berjudul sama, di channel YouTube Retro Lukman. Kalian bisa melihat videonya di sini (klik).

Well, kalau buat kalian sendiri apa saja nih game yang menjadi alasan kalian untuk membeli konsol Nintendo 3DS? Jangan segan untuk menuliskannya di kolom komentar. Saya Retro Lukman, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dan... Salam Gamer!  (gj)

No comments:

Post a Comment