Sunday, May 22, 2016

5 Game Bertema Versus Terbaik Versi Saya

(sumber gambar: vignette4.wikia.nocookie.net)
Halo sahabat gamer, saya Gamer Jalanan. Satu bulan lebih telah berlalu sejak film ‘Batman v Superman: Dawn of Justice’ dirilis di bioskop, namun hype-nya masih saya rasakan sampai sekarang. Memang saya belum sempat nonton film ini, akan tetapi konsep ‘versus’ yang ditawarkan film ini masih saja ada di benak saya, memberikan ide-ide baru untuk saya tulis. Termasuk ide yang akan saya wujudkan dalam daftar game terbaik berikut ini, yaitu daftar 5 game versus terbaik versi saya, Gamer Jalanan.

Istilah ‘versus’ bukan hanya populer di industri layar lebar, namun juga sudah lama eksis di jagad video game. Meski tidak banyak, namun saya menyadari beberapa developer mencoba menyajikan sebuah permainan yang merupakan pertemuan antara dua kubu, baik perseorangan maupun kelompok ke dalam jenis hiburan interaktif ini. Tidak kalah dengan bioskop, beberapa game yang mengusung tema ‘versus’ cukup mendapat tempat di kalangan gamer maupun kritikus gamer, dengan beberapa judul yang ada mendapat predikat klasik atau terbaik.


Nah, untuk daftar terbaik Gamer Jalanan kali ini, saya akan menyajikan daftar 5 game bertema versus terbaik yang pernah saya mainkan. Saya punya peraturan khusus dalam menyusun daftar ini, yaitu game-game tersebut haruslah memiliki kata ‘versus’ atau ‘VS’ di tengah judulnya, yang mempertemukan kedua kubu, baik perseorangan maupun kelompok yang saling berseberangan satu sama lain. Genrenya bisa apa saja, dan tidak mengharuskan gamer mesti bisa memainkan dua kubu yang ada.

Sebelumnya perlu saya beritahukan bahwa meski memiliki bebeberapa, namun game versus tidak benar-benar sama dengan game crossover atau persilangan. Bila game crossover mempertemukan dua serial atau franchise yang sebelumnya sudah eksis, kubu yang dipertemukan dalam game versus tidak mengharuskan hal tersebut. Yang terpenting adalah, kedua kubu tersebut saling bertentangan satu sama lain dan mesti saling berhadapan dalam game tersebut. Jadi game seperti ‘Battletoads & Double Dragon’ atau ‘Kingdom Hearts’ tidak masuk dalam hitungan daftar ini karena selain judulnya tidak mengandung kata ‘versus’, serial-serial yang bersilangan dalam game-game tersebut tidak saling bertentangan malahan saling membantu satu sama lain.

Karena jumlah game versus yang ada dan juga yang pernah saya mainkan tidak banyak, maka pada daftar kali ini hanya berisi lima judul game. Meski begitu menurut saya sudah cukup mewakili pandangan saya terhadap game-game versus terbaik yang pernah dibuat. Sekali lagi perlu diketahui bahwa game yang ada dalam daftar ini harus memiliki kata ‘VS’ di tengah judul utamanya, bukan di sub-judulnya. Tanpa banyak menulis lagi, ini dia hitungan mundur lima game versus terbaik versi Gamer Jalanan.


5. Alien Vs. Predator (Arcade)
Ini adalah game beat’em up buatan Capcom yang mempertemukan dua makhluk fiksi populer, Alien Xenomorph melawan Predator. Dalam game yang dirilis untuk mesin dingdong CP2 ini, saya bisa memilih satu di antara empat karakter yang ada, yaitu dua prajurit manusia dan dua prajurit predator, untuk menyelamatkan bumi dari serbuan alien Xenomorph yang mengerikan. Yang membedakan Alien Vs. Predator versi Arcade ini dengan game-game beat’em up sejenis adalah, game ini menghadirkan begitu banyak musuh untuk dihajar. Ini tentunya membuat saya bakal terus menekan tombol action dari awal hingga akhir. 


4. RoboCop Vs. The Terminator (Genesis)
Ini adalah game yang mempertemukan dua robot paling canggih yang populer di awal 90-an, RoboCop melawan Terminator. Diadaptasi dari serial komik berjudul sama, RoboCop Vs. The Terminator menghadirkan aksi run and gun, atau tepatnya walk and gun yang begitu seru. Saya mengendalikan RoboCop yang mesti memusnahkan para terminator dan menyelamatkan masa depan bumi. Versi Sega Mega Drive/Genesis dari game ini menurut saya adalah yang terbaik, begitu sadis dengan begitu banyak darah yang disajikan tanpa sensor. 


3. X-Men Vs. Street Fighter (Arcade)
Ini adalah game fighting buatan Capcom yang mempertemukan para superhero mutan X-Men melawan para petarung jalanan Street Fighter. X-Men Vs. Street Fighter merupakan game crossover pertama yang digarap Capcom, yang dikemudian hari membawa developer ini membuat begitu banyak game fighting bertema crossover. Meskipun tidak sepopuler game-game crossover Capcom berikutnya, namun X-Men Vs. Street Fighter memiliki keseimbangan yang tepat, baik dalam hal head-to-head maupun jumlah karakter pada masing-masing kubu. Inilah kenapa saya lebih memilih X-Men Vs. Street Fighter ketimbang penerusnya yang lebih populer, Marvel Vs. Capcom.


2. Mario Vs. Donkey Kong (GBA)
Ini adalah game puzzle-platformer yang mempertemukan dua karakter ikonik Nintendo, Mario melawan Donkey Kong. Merupakan kelanjutan dari game arcade populer ‘Donkey Kong’ di tahun 80-an, Mario dipertemukan kembali melawan kera besar yang menjadi musuh pertamanya ini dalam Mario Vs. Donkey Kong. Kali ini, Mario mesti merebut kembali mini mario, mainan figurin Mario yang dirampok oleh DK, sapaan akrab Donkey Kong. Gameplay platformer yang ada dalam game arcade orisinalnya dihadirkan kembali dalam game ini, kali ini dipadukan dengan elemen puzzle yang menjadikan Mario Vs. Donkey Kong begitu adiktif untuk dimainkan.


1.    Plants Vs. Zombies (PC)
Ini adalah game kasual PC yang mempertemukan dua makhluk yang sangat berbeda, yaitu tumbuh-tumbuhan melawan mayat hidup alias zombi. Plants Vs. Zombies bisa dibilang sukses mempopulerkan genre tower defense, sub-genre strategy di mana saya mesti mempertahankan wilayah saya dari serangan musuh. Dalam game ini saya mesti mengatur strategi pemilihan dan penempatan tumbuhan yang tepat di halaman rumah saya demi mencegah para zombi pimpinan Dr. Zomboss memakan otak saya. Dengan gameplay adiktif dan keunikan yang dimilikinya, tidak heran bila game ini menjadi begitu populer dan begitu dikenal, menjadikannya sebagai game versus yang bukan saja begitu orisinal, namun juga menjadi yang terbaik dalam daftar saya ini.

****

Ya itulah tadi daftar lima game versus terbaik versi saya, Gamer Jalanan. Sekali lagi perlu saya tekankan bahwa daftar ini saya buat murni berdasar selera saya. Lagipula mungkin masih banyak game versus yang belum saya mainkan, yang tidak bisa saya masukkan ke dalam daftar ini. Apakah kalian setuju dengan daftar saya ini? Adakah game favorit kalian yang masuk dalam daftar ini? Atau, apakah kalian punya game versus favorit tersendiri? Bila ada judul game versus keren yang belum ada dalam daftar ini, kalian bisa menuliskannya di kotak komentar. Sampai jumpa lagi. (gj)

*NB: Screenshot setiap game dalam artikel ini diambil menggunakan emulator masing-masing system.

No comments:

Post a Comment