Friday, December 11, 2020

6 Game Fighting Terbaik di Nintendo 3DS Versi Saya

Halo Sahabat Gamer. Saya Retro Lukman Gamer Jalanan, kali ini akan menampilkan enam game fighting alias game tarung paling keren, paling memuaskan yang patut dicoba di Nintendo 3DS. 

Seperti Nintendo DS, game fighting di Nintendo 3DS juga jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Meski begitu, game-game tersebut merupakan versi portable dari serial-serial game fighting populer yang terasa begitu memuaskan saat dimainkan. 

Game-gamenya terbilang berkualitas, yang mampu memberikan sensasi permainan ala konsol rumahan atau dingdong, dalam bentuk portabel Nintendo 3DS yang bisa dimainkan di mana saja. Bedanya ada efek stereostopik 3D yang hanya bisa ditemukan di Nintendo 3DS.

Setidaknya ada enam game fighting yang menurut saya terbaik dan sangat memuaskan di Nintendo 3DS. Tetapi dalam daftar ini saya hanya akan fokus pada game yang secara resmi dirilis dalam bahasa Inggris. 

Jadi mohon maaf bila game keren macam One Piece: Great Pirate Colloseum atau My Hero Academia Battle For All tidak masuk dalam daftar ini. Tanpa banyak bicara lagi, langsung saja ini dia hitungan mundur enam game fighting Nintendo 3DS paling memuaskan versi saya, Retro Lukman.


*****


6.

Dragon Ball Z: Extreme Butoden

Mengawali daftar ini ada Dragon Ball Z: Extreme Butoden dari Arc System Works. Dragon Ball Z bisa dibilang merupakan anime yang paling banyak hadir dalam format game fighting. Game-gamenya hampir selalu ada di platform video game, termasuk di Nintendo 3DS lewat Extreme Butoden.

Seolah meneruskan serial Supersonic Warriors di Nintendo DS, Extreme Butoden masih hadir dengan format pertarungan dua dimensi bergaya tag-team battle. Namun kali ini hadir dengan tampilan piksel klasik ala The King of Fighters. Dan sebagai penggemar King of Fighters, Extreme Butoden tentu segera jadi favorit saya. 

Permainannya masih sama seru dengan game-game pendahulunya, dengan gerakan serba cepat dan beragam jurus hingga tentu saja, Kamehameha. Kali ini lebih variatif dengan tambahan karakter-karakter baru yang hadir dalam serial Dragon Ball Z macam Beerus dan Goku Super Saiyan Blue, itu yang rambutnya biru. 

Sebagai game Dragon Ball Z, Extreme Butouden rasanya tidak perlu dijelaskan lagi. Yang jelas game ini tidak boleh dilewatkan bagi penggemar Dragon Ball Z.



5.

BlazBlue: Continuum Shift II

Selanjutnya di nomor lima ada BlazBlue: Continuum Shift II yang juga dibuat oleh Arc System Works. Saya selalu ingin mencicipi game BlazBlue yang terbilang populer dan sering disebut sebagai spiritual successor dari Guilty Gear. Akhirnya keinginan itu terwujud lewat Continuum Shift II di Nintendo 3DS.

Tampil dalam visual dua dimensi klasik, BlazBlue: Continuum Shift II memberikan sensasi pertarungan yang begitu cepat dan memuaskan. Mekanik permainannya mengingatkan pada Guilty Gear, khususnya dalam efek-efek menawan sepanjang pertarungan, yang sudah cukup memberikan nostalgia tersendiri bagi saya.

Karakter-karakternya terbilang unik dan bervariatif, masing-masing hadir dengan latar belakang cerita yang menarik diikuti dalam mode story-nya. Mulai dari jagoan utamanya Ragna Bloodedge, prajurit cantik Noel Vermillion, sang pahlawan Haku-men, Jin Kisaragi dengan jurus esnya dan tentu saja manusia kucing yang menggemaskan, Taokaka. Semuanya membuat saya jatuh hati sama game ini.

Tapi buat teman-teman yang mau mencoba game ini, perlu saya ingatkan bahwa kontrol gerakan game ini hanya mendukung tombol digital yang mungkin butuh waktu untuk bisa menyesuaikan dalam permainannya.



4.

Tekken 3D: Prime Edition

Di nomor empat ada Tekken 3D: Prime Edition dari Namco Bandai Games dan Arika. Saya rasa semuanya sudah tahu Tekken ya, serial game fighting paling populer di Indonesia. Nah, 3D Prime Edition bisa dibilang surat cinta buat penggemar Tekken khususnya yang ingin memainkan game ini secara portabel on the go.

Merupakan versi update dari Tekken 6, 3D Prime Edition menghadirkan 41 satu Tekken yang ikonik untuk dimainkan. Mulai dari favorit semua orang Jin Kazama, Eddy Gordo, Hwoarang, Yoshimitsu, kakak beradik Nina dan Anna Williams, dan karakter pegulat bertopeng macan yang paling sering saya mainkan, King.

Pengalaman bermain Tekken benar-benar terasa di sini, membuat saya teringat masa kecil saat memainkan serial ini di dingdong. Hebatnya, 3D Prime Edition hadir dengan 60 FPS yang begitu stabil bahkan saat dimainkan dengan efek stereostopik tiga dimensi yang menyala. Keren gak tuh.

Dan kalau itu masih kurang, 3D Prime Edition juga hadir sepaket dengan film animasi CGI Tekken yaitu Blood Vengeance yang menarik disaksikan di konsol Nintendo 3DS.



3. 

Super Smash Bros. for Nintendo 3DS

Berikutnya di nomor tiga ada game fighting crossover kebanggaan Nintendo, Super Smash Bros. for Nintendo 3DS. Buat penggemar Nintendo pasti sudah gak asing sama judul ini. Di mana kita bisa memainkan karakter-karakter dari berbagai serial game buatan Nintendo mulai dari Mario, Zelda, Donkey Kong, Pokemon, Fire Emblem, hingga Metroid, saling bertarung satu sama lain di beragam arena yang begitu interaktif.

Tapi bukan hanya karakter dari serial Nintendo aja sih, jagoan-jagoan dari serial game populer lainnya juga bisa dimainkan di sini, seperti Mega Man, PAc-Man, bahkan rival Mario di era 16-bit, Sonic the Hedgehog. Ada juga Cloud dari Final Fantasy VII dan Ryu dari Street Fighter yang belakangan ikut bertarung lewat DLC. Ya, Super Smash Bros. memang crossover yang keren banget. Hahaha.

Digarap bersama-sama oleh Bandai Namco dan Sora Limited, Super Smash Bros. for 3DS memiliki banyak fitur dan mode permainan yang akan memuaskan para penggemar genre fighting. Baik dari mode single player macam Smash Run, hingga tentu saja yang paling dicari dalam serial ini, mode online yang begitu kacau.

Saking kacaunya, versi portabel pertama dari Super Smash Bros. ini mungkin kurang nyaman dimainkan bagi sebagian orang yang. Ya karena layarnya kecil begini, saya sampai berkali-kali bingung mencari karakter saya di layar. Hahaha.



2.

Super Street Fighter IV 3D Edition

Di posisi runner-up ada game Super Street Fighter IV 3D Edition dari Capcom. Yup, seperti judulnya, game ini adalah port dari seri keempat serial game fighting legendaris Street Fighter. Sebagai penggemar Street Fighter sejak game keduanya, saya selalu mengharapkan bisa bermain Super Street Fighter IV ketika dahulu pertama kali diumumkan.

Dan Super Street Fighter IV 3D Edition di Nintendo 3DS ini benar-benar memuaskan keinginan saya itu. Permainannya begitu seru, yang lagi-lagi memunculkan nostalgia masa kecil ketika pertama kali memainkan Street Fighter dahulu. Karakter-karakternya hadir begitu komplet, mulai dari Ryu, Guile, Dhalsim, Blanka, dan tentu saja perempuan terkuat di jagat game fighting, Chun Li.

Menurut saya Super Street Fighter IV begitu sukses dalam mentransformasikan serial ini ke dalam tampilan tiga dimensi. Dengan tetap mempertahankan gameplay dua dimensinya yang sederhana namun tetap seru dimainkan.

Yang membuat 3D Edition unik ketimbang versi aslinya adalah mode 3D battle yang memungkinkan kita bertarung dalam sudut baru dengan memanfaatkan kemampuan stereostopik tiga dimensi yang dimiliki Nintendo 3DS. Selain itu 3D Edition juga membuat kita bisa mengeluarkan jurus spesial dengan lebih mudah, yaitu dengan cara menekan layar sentuh. Percaya deh, Street Fighter tidak pernah seasyik ini sebelumnya.



1. 

Dead of Alive: Dimension

Dan di nomor satu, game fighting yang menurut saya paling memuaskan di Nintendo 3DS adalah.... Dead or Alive Dimension dari Team Ninja. Bagi veteran gamer fighting, nama Dead or Alive jelas bukan nama yang asing. Serial ini unik, karena dianggap penuh dengan fanservis penuh dengan perempuan-perempuan seksi, alasan yang membuat saya kurang tertarik dengan Dead or Alive.

Tetapi setelah memainkan Dead or Alive Dimension, saya menyadari bahwa serial miliki Koei Tecmo ini lebih dari sekadar fanservis. Bukan fanservisnya yang memuaskan saya, tetapi permainannya yang begitu intens, unik, variatif, serta komplet yang menjadikan game ini sebagai representasi sempurna bagi game fighting 3D di Nintendo 3DS.

Dimension penuh dengan karakter-karakter yang menarik dan... ya, cantik, seksi, apalagi. Hahaha. Mulai dari Kasumi si kunoichi yang jadi karakter utama, lalu pegulat Tina Armstrong yang begitu menggoda, hingga Lei Fang, tipikal gadis petarung asal Tiongkok. Tetapi jangan salah, karakter-karakter laki-lakinya juga keren dan ya, macho. Macam Ryu Hayabusa si Ninja Gaiden kita dan juga Bayman yang begitu ikonik.

Dead or Alive Dimension memberikan pengalaman game fighting yang unik berkat arenanya yang bisa berpindah tempat menyesuaikan kondisi pertarungan. Hal ini menurut saya menjadikan pertarungannya terasa begitu hidup. Apalagi ada arena di mana karakter kita bisa ditangkap oleh Ridley, bajak luar angkasa musuh bebuyutan Samus Aran dalam serial Metroid. Sebagai penggemar Metroid saya sangat kaget waktu lihat ada penampakan Ridley di game ini lengkap dengan musik latar Metroidnya, sumpah itu keren banget!

Kelebihan Dimension dibandingkan game-game fighting lain dalam daftar ini ada pada materinya yang begitu komplet. Mulai dari story mode bernama Chronicles yang menyatukan semua jalinan cerita dari serial game ini, lalu arcade mode yang begitu simpel namun efektif, survival, hingga beragam unlockable yang terasa begitu bermakna. Grafisnya juga begitu memukai, benar-benar memanfaatkan fitur 3D stereostopik dengan begitu maksimal.

Makanya Dead or Alive Dimension jadi yang paling memuaskan dalam daftar game fighting terbaik versi saya, Retro Lukman.


*****


Itulah tadi enam game fighting populer paling memuaskan di Nintendo 3DS versi saya Retro Lukman Gamer Jalanan. Saya sebenarnya agak bingung dalam pemberian rangking game-game yang ada di daftar ini karena semuanya bagus-bagus. Andai saja Virtua Fighters dan Mortal Kombat juga ada di Nintendo 3DS, wah pasti komplet banget. Hahahaha.

Oh iya, sebenarnya artikel ini adalah versi tulisan dari video saya di channel YouTube saya, Retro Lukman. Kalian bisa menyaksikan videonya di sini (klik).

Bagaimana menurut sahabat gamer? Apa game favorit kalian ada dalam daftar ini? Apa game fighting paling memuaskan di Nintendo 3DS menurut kalian? Jangan segan komen di bawah ya. Terima kasih teman-teman sudah membaca, sampai jumpa lagi di video berikutnya dan... Salam Gamer! (gj)

No comments:

Post a Comment