Monday, June 15, 2020

PlayStation 5 yang Menantang Dunia

Astro Bot dan kontroler PS5.
Halo Sahabat Gamer. Saya Retro Lukman Gamer Jalanan, kali ini mau sedikit mengomentari konsol video game terbaru yaitu PlayStation 5 alias PS5 lima yang lagi hype. Saya sudah nonton video reveal-nya ya di YouTube dan holy... holy... ini keren banget. Ajiib. 

Desain PS5 terlihat sangat futuristik, sekilas mengingatkan pada Nintendo Wii  karena warnanya putih dan juga diberdirikan, walaupun bisa juga ditidurkan sebagaimana konsol-konsol PS pendahulunya.  Apakah Sony menyontek Nintendo? Enggak deh, jangan suuzon lah. Mungkin kebetulan aja sih mirip, toh Wii juga gak ada warna hitamnya kayak PS5.

Menurut saya desainnya termasuk unik ya, sampai dijadikan meme di komunitas-komunitas gamer baik di luar negeri maupun di Indonesia, salah satunya karena bentuknya yang mirip router wifi. Bahkan ada meme yang sudah ancang-ancang menipu istri buat beli PS5, alasannya beli router wifi. Kan konyol.

Dua varian konsol PS5.
PS5 ini hadir dengan sederet perangkat permainan. Mulai dari dualsense wireless controller, dualsense charging station, HD camera, Pulse 3D wireless headset, sampai media remote yang sekilas juga mirip sama remote-nya Wii. Aksesorisnya keren-kerenlah, apalagi sepaket dengan pembelian konsol.

Well untuk spesifikasinya kelihatannya canggih, CPU AMD Zen 2 Octa-core, GPU kustom berbasis AMD RDNA 2, walaupun saya kurang paham kalau bicara soal prosesor dan sejenisnya. Maklum saya gamer gaptek, enggak suka mikirin begituan, tahunya main game aja, enggak mau ribet. Pokoknya canggihlah. Namanya juga PS5, pasti lebih canggih dari PS4 kan. Dari segi grafis video maupun audionya pasti toplah ya. Nintendo DS saya mah kalah jauh (ya iyalah!).

Seperangkat aksesoris pelengkap PS5.
PS5 ini hadir dalam dua versi, yang satu versi 4K bluray menggunakan yang pakai disk bluray,  satunya lagi versi digital yang tidak perlu memasukkan game fisik kalau mau memainkannya. Kalau buat saya sih lebih suka yang memainkan game fisik, karena enggak tahu juga ya, rasanya beda gitu kalau mesti masukin media game cartridge/CD terlebih dahulu buat main game.

Lalu bagaimana soal gamenya? Jangan ditanya, gamenya keren abis. Salah satunya adalah yang paling ditunggu-tunggu... GTA V! Eh, sebentar....What? Jadi kayaknya PlayStation ini belum bisa move on ya. Dari PS3, PS4, sampai PS5, gamenya masih aja GTA V. Hahahaha. Apa gara-gara namanya PS5 jadi gamenya juga GTA V? Katanya sih GTA V yang versi PS5 ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga kualitasnya bakal berbeda.

Meme tentang GTA V di PS5.
Jangan langsung salah paham gara-gara GTA V, karena ada banyak game eksklusif PS5 yang tentunya keren banget secara grafis dan suara, mirip dunia nyata, realistis banget. Ada kelanjutannya Horizon Zero Dawn yaitu Forbidden West, ada Hitman 3, Assassin Creed Valhalla, Resident Evil Village, Ratchet & Clank, hingga Spier-Man: Miles Morales.

Serial ikonik PlayStation juga bakal nongol di sini macam Sack Boy dari Little Big Planet yang kali ini hadir dalam petualangan platformer 3D berjudul Sackboy: A Big Adventure. Ada juga maskot PlayStation yang terlupakan, Astro Bot dalam game Astro's Playroom. Jangan lupakan juga game simulasi balap nomor satu Gran Turismo yang jadi andalan PlayStation. Di PS5 bakal ada seri ketujuhnya, Gran Turismo 7. 

Cuplikan game Kena: Bridge of Spirits.
Sederet IP baru juga siap dimainkan di PS5 macam Pragmata, Deathloop, Godfall, Project Athia, Stray, Little Devil Inside, Kena: Bridge of Spirits, Solar Ash, Jett: The Far Shore, Ghostwire: Tokyo, dan masih banyak lagi. Malahan untuk game Kena: Bridge of Spirits, musiknya konon dibuat oleh orang Indonesia lho.

Lalu bagaimana dengan harganya? Well, belum ada pengumuman resmi sih. Masih sekadar prediksi dan juga rumor. Ada yang bilang kalau dirupiahkan bakal Rp 8-jutaan bahkan ada yang menyebut Rp 12 jutaan. Gileee... lebih mahal dari PS4 ya, dua kali lipat lebih malah. Yaiyalah, secara ini konsol penerusnya dan lebih canggih, tentu lebih mahal. 

PS5 juga bisa ditidurkan.
Harga ini tentu makin membuat PlayStation jadi barang mewah. Menjadi konsol video game yang makin tak bisa dijangkau gamer miskin apalagi gamer jalanan. Akan sangat sulit mengharapkan konsol generasi kelima PlayStation ini bakal membumi di Indonesia macam PS1 dan PS2. Mungkin hanya para gamer sultan, kolektor, dan kaum berduit saja yang memilikinya. Tetapi bukan tidak mungkin juga buat gamer jelata bisa memilikinya dengan menabung misalnya. 

Dari fenomena ini saya melihat bahwa video game mainstream semakin ke depan akan menjadi semakin mahal, seiring kecanggihan yang dihadirkannya. Bukan hanya konsolnya, melainkan juga game-gamenya khususnya game AAA yang dibuat dengan segala kesempurnaan yang itu tentunya membutuhkan biaya tidak sedikit dalam proses pembuatannya.

Game terbaru Spider-Man siap hadir di PS5.
Masalahnya adalah apakah dengan harga yang dibanderol tersebut, baik untuk konsol maupun game-gamenya, dapat dijangkau oleh masyarakat? Karena semakin tidak bisa dijangkau, akan semakin tidak populer suatu media game itu. Akhirnya berpengaruh pada merek game tersebut dalam hal ini PS5 yang bisa saja menjadi tidak laku atau tidak dikenal, apalagi di tengah pandemi corona seperti saat ini.

Bisa saja PS5 dan konsol-konsol game mainstream baik itu Xbox Series X maupun Nintendo Switch kalah pamor dengan game mobile yang semakin menjamur. Faktanya, game mobile kini banyak dikenal lantaran jumlah ponsel pintar yang makin masif dan mudah dijangkau, bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Tetapi saya yakin kok PS5 masih akan tetap populer dan dicari, walaupun mungkin tidak semasif para pendahulunya.

Ilustrasi mobile gaming. (Aaron Favila/AP)
Buat kalian yang tertarik dan ingin membeli PS5 mesti mulai gemar menabung nih. Cukup banyak waktu sampai konsol ini dirilis Desember tahun 2020 mendatang, masih ada enam bulan lagi. Kalau saya sih enggak tertarik ya. Selain harga konsol dan gamenya yang mahal sementara dompet saya cekak apalagi musim corona gini, masih banyak juga game di Nintendo DS dan 3DS yang belum saya tamatin. Jangankan PS5, PS4 saja saya belum pernah megang. Wkwkwk. XD

Itulah tadi sedikit pendapat saya setelah menyaksikan video perkenalan PS5. Bagaimana menurut kalian? Apa kalian tertarik memiliki konsol ini? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya. Saya Retro Lukman, sampai jumpa lagi di catatan berikutnya dan... Salam Gamer. (gj)

No comments:

Post a Comment